Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas X Semua Jurusan. ( Teknik Service Bola voli)

Pertemuan ke 11 untuk tanggal 3 Mei sd 7 Mei 2021.

Materi Pokok / Kompetensi Dasar 3.1 : 4.1

Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*

Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*

Teknik Servis Bawah dan Atas Permainan Bola Voli, Wajib Tahu!

Jakarta –

Bola voli merupakan salah satu olahraga yang sangat populer. Permainan ini membutuhkan dua tim yang masing-masing terdiri dari enam orang. Untuk memulai permainan selalu diawali dengan servis. Karena itu teknik servis ini merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli. Ada berbagai teknik servis bola voli, seperti servis bawah bola voli dan atas.

Tiap pemain wajib menguasai kedua teknik servis ini. Kedua servis tersebut memiliki teknik gerakan dan hasil yang berbeda. Maka dari itu, diperlukan pemahaman dan latihan agar setiap gerakan servis atas bola voli maupun bawah dapat berhasil.

Berikut penjelasan teknik servis bola voli:

Gerakan Servis Bawah Bola Voli

Gerakan pertama yang harus dilakukan para pemain adalah memegang bola dengan tangan kiri. Sedangkan, tangan kanan siap untuk memukul. Kemudian, waktu bola dilepas dari tangan kiri sewaktu dilambungkan, ayunkan segera tangan kanan untuk memukulnya. Kalau Anda kidal dapat memilih tangan sebaliknya.

Pengertian Servis Bawah Bola Voli Menurut Para Ahli

Dikutip Buku ‘Jago Bola Voli’ karya Ikbal Tawakal, servis bawah dalam permainan bola voli disebut underhand serve. Gerakan ini cukup mudah dilakukan para pemain pemula karena tidak membutuhkan tenaga yang lebih sebab berfokus pada ayunan tangan.

Hanya saja, kesulitan pada teknik ini yakni perkenaan bola dengan tangan kurang tepat. Untuk mengatasi itu, tangan harus berada tepat di belakang bawah bola, sudut dorongan atau ayunan tangah memiliki sudut antara 30-45 derajat ke depan sehingga bola bisa melewati atas net.

Gerakan Servis Atas Bola Voli

Servis atas dilakukan dengan memegang bola menggunakan tangan kiri dan tangan kanan siap untuk memukul. Kemudian, lambungkan bola dengan tangan kiri melewati atas kepala dan pukul dengan telapak tangan sekeras-kerasnya agar melewati net.

Pengertian Servis Atas Bola Voli Menurut Para Ahli

Servis atas bola voli juga dikenal dengan nama overhead serve. Teknik ini memiliki kesulitan pada bagian menentukan arah dan kecepatan agar bisa mengelabui lawan. Hanya saja, semua gerakan bisa dipelajari dengan mudah.

Kalian cukup baca dan pelajari materi Teknik Servise dalam bola voli, tidak usah membuat rekaman video, kalo ada teman yang dekat rumahnya bisa kalian diskusikan sambil di praktikkan.

Selamat berolahraga, semoga kita di beri kesehatan selalu oleh Allah Subhanahuwata’ala, Aamiin.

Guru PJOK,

Mukhsin