Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas XI Semua Jurusan. ( Smash dalam permainan bola voli )

Pertemuan ke 11 untuk tanggal 3 Mei 7 Mei 2021.

Materi Pokok / Kompetensi Dasar 3.1 : 4.1

Mengevaluasi keterampilan gerak salah satu  permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan*

Mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak salah satu  permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan*

Teknik Smash Bola Voli yang Benar Beserta Penjelasannya {LENGKAP}

Cara Smash Bola Voli – Dalam semua cabang olahraga, pastinya memiliki sebuah teknik-teknik dalam permainannya. Khususnya dalam permainan bola voli ini, yang kita tahu bahwasannya teknik dalam permainan bola voli pada umumnya yakni ada empat (4) yang terdiri dari Service, Passing, smash dan juga Blocking.

Semua teknik itu adalah teknik dasar dalam permainan bola voli. Teknik ini adalah sebuah teknik yang secara umum digunakan pada saat kita hendak bermain bola voli. Yang pada dasarnya teknik itu sudah diterapkan dan juga disepakati oleh semua orang maupun pecinta olahraga hingga sampai saat ini.

Nah, untuk saat ini kita hanya dapat memfokuskan satu teknik dasar permainan bola voli ini. Yakni teknik smash dalam permainan bola voli. Siapa sih yang tidak mengenal teknik yang satu ini? Teknik smash ini memang sudah benar-benar anda ketahui, namun jangan dikira teknik smash itu hanya begitu-begitu saja.

Namun, anda harus benar-benar paham betul bagaimana caranya agar teknik smash tersebut dijalankan dengan baik dan juga sesuai prosedur teknik smash permainan bola voli tersebut. Dan ketika kita hendak menggunakan maupun mempelajari teknik smash tersebut dengan baik maka jangan disangka jika nanti tim lawan dalam pertandingan bola voli akan kalah.

Maka dari itu, pelajari dan juga terapkan dengan betul-betul cara atau teknik dasar smash dalam permainan bola voli ini, yukkk langsung saja simak penjelasan tentang teknik smash di bawah ini.

Belajar tentang teknik dasar dalam permainan bola voli, lebih baiknya kita harus mengerti dan juga paham betul apa itu yang dimaksud dengan teknik smash? Ya, langsung saja saya akan menjelaskan sedikit apa itu smash.

Smash dalam teknik dasar permainan bola voli adalah teknik yang paling menarik bagi setiap pemula-pemula yang ingin belajar olahraga bola besar yang satu ini. Smash tersendiri adalah pukulan yang paling utama dalam penyerangan dalam bola voli terhadap tim lawan dalam upaya untuk mencapai kemenangan.

Smash ini adalah tahap awal atau utama disaat kita hendak bermain bola voli. Itulah definisi atau penjelasan singkat atas pengertian teknik smash dalam bola voli, pengertiannya saja tidak cukup jelas jika langkah-langkah teknik dan juga penerapannya belum kita praktikkan.

Maka dari itulah simak penjelasan singkat nan-jelas di bawah ini tentang langkah-langkah teknik dasar smash dalam permainan bola voli.

PENJELASAN TEKNIK DASAR SMASH BOLA VOLI

Berikut ini adalah tahapan ketika hendak mealukakan smash, baca yang serius dan juga dipahami agar nantinya anda dapat melakukan smash dengan baik dan juga terhindar dari cidera:

1. Langkah awalan.

2. Tolakan untuk melompat.

3. Memukul bola ketika melayang di udara.

4. Mendarat kembalo setelah memukul bola.

5. Langkah awalan itu diambil sekitar 1 (satu) samai 3 (tiga) langkah.

6. Langkah-langkah yang diambilnya itu merupakan langkah yang lebar.

7. Saat sudah mendekati net, kemudian kedua lengan tangan ayunkan ke belakang.

8. Setelah itu, kedua kaki juga hentakkan bersusulan kemudian lompat.

9. Lengan yang digunakan untuk memukul, ayunkanlah ke depan dan punggung menegang ke belakang.

10. Kemudian, pukullah bola dengan lengan yang terjulur dan tangan terbuka yang menaungi bola.

11. Untuk pergelangan tangan itu harus selalu longgar.

Maka dari itulah, smash itu dapat dikatakan sebagai pukulan yang benar-benar memiliki tujuan untuk meyerang kepada tim lawan yang sangat keras, terarah, dan membutuhkan skill (kemampuan) yang sangat baik untuk mencetak poin.

Untuk itulah sebagai seorang smasher atau orang yang pandai dalam melakukan smash, ini dibutuhkan yang benar-benar handal dalam kegesitan, kepandaian dalam melompat dan juga dapat melakukan kemampuan yang sangat baik dalam memukul bola sekeras mungkin.

Untuk itulah, bagi kalian-kalian yang ingin sekali meningkatkan dan sangat hobi sekali dalam melakukan smash di dalam permainan bola voli, maka dari itulah sangat dibutuhkan latihan yang sangat cukup matang, baik dan juga maksimal.

Adapun urutan atau langkah-langkahnya dalam melakukan pukulan smash dengan baik dan juga keras adalah sebagai berikut ini:

1. Mengambil langkah awalan sekitar 1 sampai 3 langkah.

2. Langkah yang diambil merupakan langkah kaki yang lebar.

3. Ketika mendekati net, ayunkan kedua lengan ke belakang.

4. Hentakkan kedua kaki bersusulan, lalu lompat.

5. Kemudian lengan yang akan memukul mulai diayunkan ke depan, dan punggung menegang ke belakang.

6. Pukul bola dengan lengan terjulur, tangan terbuka dan menaungi bola.

7. Sementara pergelangan tangan mesti longgar.

Dari langkah-langkah tersebut diatas, maka dapat disimpulkan bahwa smash ialah pukulan serangan yang sangat keras, terarah, dan juga butuh skill yang baik untuk mencetak angka.

Untuk menjadi seorang smasher yang handal, dibutuhkan kegesitan dan juga kepandaian dalam melompat, serta mempunyai kemampuan yang baik dalam memukul bola sekeras mungkin.

TUGAS UNTUK SISWA

Kalian cukup baca dan pelajari materi Teknik Smash dalam bola voli, tidak usah membuat rekaman video, kalo ada teman yang dekat rumahnya bisa kalian diskusikan sambil di praktikkan.

Selamat berolahraga, semoga kita di beri kesehatan selalu oleh Allah Subhanahuwata’ala, Aamiin.

Guru PJOK,

Mukhsin