Analisis Lingkungan Bisnis

Mata Pelajaran : Perencanaan Bisnis               Kelas 10 BDP       Pertemuan ke 1 dan 2

KD 1      ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

 

  1. Pengertian Lingkungan Pemasaran

Lingkungan Pemasaran adalah Lingkungan perusahaan yang terdiri atas pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang  mempengaruhi kemampuan  manajemen pemasaran  untuk membangun dan mempertahankan hubungan  dengan pelanggan sasaran,

Dengan mempelajari lingkungan pemasaran, perusahaan dapat menyesuaikan  strategi perusahaan  untuk memmenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.

  1. Lingkungan Pemasaran Mikro

Lingkungan pemasaran mikro adalah lingkungan yang terdiri atas para pelaku  dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan  serta mempengaruhi  kemampuannya untuk melayani pasar.

Lingkungan Pemasaran Mikro, meliputi :

  1. Perusahaan

Di dalam membuat rencana perusahaan, manajemen pemasaran perusahaan harus memperhitungkan kelompok-kelompok lain dalam perusahaan, seperti manajemen puncak, keuangan, riset dan pengembangan, pemasaran, produksi, dan bagian keuangan.

a. Manajemen Puncak

Manajemen puncak di perusahaan trdiri atas presiden, eksekutif pelaksana, dan Dewan komisaris. Manajemen puncak ini menetapkan misi,  sasaran, strategi umum,  dan kebijakan perusahan. Seorang manajer pemasaran usulan pemasarannya harus disahkan lebih dahulu oleh manajemen ouncak sebelum dilaksanakan

b. Keuangan

Bidang keuangan berurusan dengan penyediaan dana guna melaksanakan rencana pemasaran, pengalokasian dana yang efisien  bagi produk, merek dan kegiatan pemasaran yang berbeabeda , besarnya laba yang akan diperoleh, dan tingkat resiko  dalam perkiraan penjualan dan rencana pemasaran.

Selain itu, keuangan mencakup struktur dan nilai aset,  akses memperoleh kredit, alokasi dana untuk setiap kegiatan perusahaan, dukungan sumber daya keuangan  dalam memenuhi kebutuhan  dana setiap kegiatan dan efisiensi penggunaan sumber daya perusahaan

c. Riset dan Pengembangan

Mencakup kualitas riset, relevansi riset dengan kebutuhan  pengembangan, ketersediaan sumber daya riset, komitmen manajemen  terhadap riset,  dan pemanfaatan hasilnya, kerjasama dengan pihak lain, serta waktu pelaksanaan riset.

d. Pemasaran

Bidang pemasaran mencakup citra  perusahaan atau produk, pemahaman tentang pasar,  jaringan distribusi, pengembangan produk, efektifitas  promosi, penetapan harga, serta hubungan dengan konsumen,  pemasok dan perantara

e. Produksi

Bagian produksi atau operasi  mencakup kapasitas, produksi, fasilitas produksi, teknologi produksi yang digunakan, efisiensi produksi, dan kemampuan mengendalikan pasokan  bahan baku.

  1. Pemasok ( Supplier )

Para pemasok adalah berupa perusahaan-perusahaan atau individu-individ  yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa tertentu. Kadangkala perusahaan juga hrus memperoleh tenaga kerja,  peralatan, bahan bakar, listrik,  dan faktor-faktor lain dari pemasok.

Lingkungan pemasok mencakup jumlah pemasok bahan baku, kemampuan pemasok dalam mengendalikan bahan baku,  dan harga bahan baku, hubungan pemasok dengan perusahaan, dan tingkat kepentingan  bahan baku yang dipasok.

  1. Perantara Pemasaran

Perantara Pemasaran ( marketing intermediaries ) adalah perusahaan-perusahaan yang membantu perusahaan  dalam promosi, penjualan, dan distribusi barang/jasa kepada para konsumen akhir. Para perantara pemasaran ini meliputi :

  1. Agen,pialang dan perwakilan produsen yang mencari dan menemukan para pelanggan dan atau mengadakan perjanjian dengan pihak lain
  2. Perusahaan distribusi fisik, mdembantu perusahaan dalam penyimpanan dan pemindahan produkdari tempat asalnya ke tempat-tempat yang dituju
  3. Para agen jasa pemasaran, ( lembaga penelitian pemasaran, agen periklanankonsultan pemasaran ) mengarahkan dan mempromosikan  produknya ke pasar yang tepat
  4. Perantara keuangan, seperti bank, perusahaan kredit, perusahaan asuransi yang membantu dalam segi keuangan

4. Pelanggan

Pelanggan yaitu pasar sasaran suatu perusahaan  yang menjadi konsumen atas barang dan jasa  yang ditawarkan perusahaan  berupa individu-individu, lembaga-lembaga, organisasi-organisasi dan lain-lain.

Pasar Pelanggan, dibedakan menjadi 5 kelompok, yaitu:

  1. Pasar konsumen ( membei barang untuk konsumsi pribadi )
  2. Pasar bisnis ( membeli barang/jasa untuk diproses lebih lanjut atau digunakan dalam pross  produksi mereka )
  3. Pasar penjual ( membeli barang/jasa unuk djual kembali dengan mengambil laba )
  4. Pasar Pemerintah ( lembaga-lembaga pemerintah yang membeli barang/jasa agar menghasilkan pelayanan kepada masyarakat umum )
  5. Pasar internasional ( membeli dan menjual produk dari beberapa negara )

     5. Para pesaing ( Competitorss )

Pemasar harus selalu memperhitungkan  jumlah pesaing yang harus dihadapi dan harus menciptakan keunggulan strategi  dengan menempatkan posisi penawaran yang lebih kuat dibandingkan penawaran pesaing

  1. Masyarakat Umum

Setiap perusahaan dikelilingi oleh 7 macam masyarakat umum, yaitu :

  1. Masyarakat keuangan ( mempengaruhi perusahaan untuk memperoleh dana, seperti bank, lembaga penanaman modal, makelar saham, dan para pemegang saham merupakan masyarakat keuangan utama
  2. Masyarakat media ( Televisi, radio, surat kbar, dll )
  3. Masyarakat pemerintah
  4. Masyaraakat pembela kepentingan umum
  5. Masyarakat setempat
  6. Masyarakat umum
  7. Masyarakat dalam perusahan ( pekerja pabrik, pegawai admiinistrasi, manajer, dewan direktur )

simaklah video di bawah ini, dan sebagai tugas carilah lingkungan pemasaran yang ada di sekitarmu

( boleh sekitar kelurahan atau kecamatan tempat tinggal kamu ).

Analisa Lingkungan Bisnis/ Pemasaran 10 BDP per.Bisnis

26 Replies to “Analisis Lingkungan Bisnis”

Comments are closed.