Mata Pelajaran : Perencanaan Bisnis Kelas 10 BDP Pertemuan ke 1 dan 2
KD 1 ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS
- Pengertian Lingkungan Pemasaran
Lingkungan Pemasaran adalah Lingkungan perusahaan yang terdiri atas pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan sasaran,
Dengan mempelajari lingkungan pemasaran, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memmenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.
- Lingkungan Pemasaran Mikro
Lingkungan pemasaran mikro adalah lingkungan yang terdiri atas para pelaku dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan serta mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar.
Lingkungan Pemasaran Mikro, meliputi :
- Perusahaan
Di dalam membuat rencana perusahaan, manajemen pemasaran perusahaan harus memperhitungkan kelompok-kelompok lain dalam perusahaan, seperti manajemen puncak, keuangan, riset dan pengembangan, pemasaran, produksi, dan bagian keuangan.
a. Manajemen Puncak
Manajemen puncak di perusahaan trdiri atas presiden, eksekutif pelaksana, dan Dewan komisaris. Manajemen puncak ini menetapkan misi, sasaran, strategi umum, dan kebijakan perusahan. Seorang manajer pemasaran usulan pemasarannya harus disahkan lebih dahulu oleh manajemen ouncak sebelum dilaksanakan
b. Keuangan
Bidang keuangan berurusan dengan penyediaan dana guna melaksanakan rencana pemasaran, pengalokasian dana yang efisien bagi produk, merek dan kegiatan pemasaran yang berbeabeda , besarnya laba yang akan diperoleh, dan tingkat resiko dalam perkiraan penjualan dan rencana pemasaran.
Selain itu, keuangan mencakup struktur dan nilai aset, akses memperoleh kredit, alokasi dana untuk setiap kegiatan perusahaan, dukungan sumber daya keuangan dalam memenuhi kebutuhan dana setiap kegiatan dan efisiensi penggunaan sumber daya perusahaan
c. Riset dan Pengembangan
Mencakup kualitas riset, relevansi riset dengan kebutuhan pengembangan, ketersediaan sumber daya riset, komitmen manajemen terhadap riset, dan pemanfaatan hasilnya, kerjasama dengan pihak lain, serta waktu pelaksanaan riset.
d. Pemasaran
Bidang pemasaran mencakup citra perusahaan atau produk, pemahaman tentang pasar, jaringan distribusi, pengembangan produk, efektifitas promosi, penetapan harga, serta hubungan dengan konsumen, pemasok dan perantara
e. Produksi
Bagian produksi atau operasi mencakup kapasitas, produksi, fasilitas produksi, teknologi produksi yang digunakan, efisiensi produksi, dan kemampuan mengendalikan pasokan bahan baku.
- Pemasok ( Supplier )
Para pemasok adalah berupa perusahaan-perusahaan atau individu-individ yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa tertentu. Kadangkala perusahaan juga hrus memperoleh tenaga kerja, peralatan, bahan bakar, listrik, dan faktor-faktor lain dari pemasok.
Lingkungan pemasok mencakup jumlah pemasok bahan baku, kemampuan pemasok dalam mengendalikan bahan baku, dan harga bahan baku, hubungan pemasok dengan perusahaan, dan tingkat kepentingan bahan baku yang dipasok.
- Perantara Pemasaran
Perantara Pemasaran ( marketing intermediaries ) adalah perusahaan-perusahaan yang membantu perusahaan dalam promosi, penjualan, dan distribusi barang/jasa kepada para konsumen akhir. Para perantara pemasaran ini meliputi :
- Agen,pialang dan perwakilan produsen yang mencari dan menemukan para pelanggan dan atau mengadakan perjanjian dengan pihak lain
- Perusahaan distribusi fisik, mdembantu perusahaan dalam penyimpanan dan pemindahan produkdari tempat asalnya ke tempat-tempat yang dituju
- Para agen jasa pemasaran, ( lembaga penelitian pemasaran, agen periklanankonsultan pemasaran ) mengarahkan dan mempromosikan produknya ke pasar yang tepat
- Perantara keuangan, seperti bank, perusahaan kredit, perusahaan asuransi yang membantu dalam segi keuangan
4. Pelanggan
Pelanggan yaitu pasar sasaran suatu perusahaan yang menjadi konsumen atas barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan berupa individu-individu, lembaga-lembaga, organisasi-organisasi dan lain-lain.
Pasar Pelanggan, dibedakan menjadi 5 kelompok, yaitu:
- Pasar konsumen ( membei barang untuk konsumsi pribadi )
- Pasar bisnis ( membeli barang/jasa untuk diproses lebih lanjut atau digunakan dalam pross produksi mereka )
- Pasar penjual ( membeli barang/jasa unuk djual kembali dengan mengambil laba )
- Pasar Pemerintah ( lembaga-lembaga pemerintah yang membeli barang/jasa agar menghasilkan pelayanan kepada masyarakat umum )
- Pasar internasional ( membeli dan menjual produk dari beberapa negara )
5. Para pesaing ( Competitorss )
Pemasar harus selalu memperhitungkan jumlah pesaing yang harus dihadapi dan harus menciptakan keunggulan strategi dengan menempatkan posisi penawaran yang lebih kuat dibandingkan penawaran pesaing
- Masyarakat Umum
Setiap perusahaan dikelilingi oleh 7 macam masyarakat umum, yaitu :
- Masyarakat keuangan ( mempengaruhi perusahaan untuk memperoleh dana, seperti bank, lembaga penanaman modal, makelar saham, dan para pemegang saham merupakan masyarakat keuangan utama
- Masyarakat media ( Televisi, radio, surat kbar, dll )
- Masyarakat pemerintah
- Masyaraakat pembela kepentingan umum
- Masyarakat setempat
- Masyarakat umum
- Masyarakat dalam perusahan ( pekerja pabrik, pegawai admiinistrasi, manajer, dewan direktur )
simaklah video di bawah ini, dan sebagai tugas carilah lingkungan pemasaran yang ada di sekitarmu
( boleh sekitar kelurahan atau kecamatan tempat tinggal kamu ).
Nama:Dwiky Darmawansyah
Kelas:x-bdp
No.absen:07
Nama:Aulia Risnawaty
Kls: X-BDP (hadir)
Nadhira aulia putri X – BDP (hadir)
Lintang X-BDP Hadir pak
Marcelinus richo y. (Hadir)
X. BDP
X_BDP (hadir)
Salwa Ratu Octadania
X-BDP
HADIR
Shindy Aulia
X – BDP
Anggie Egidia Putri X-BDP (Hadir)
Syafira Azzahra X-BDP (hadir)
Diana Eltaviani X-BDP (hadir)
Nama:putri saharani
Kelas:X-BDP (hadir)
Nama:Nabila
Kelas;X
Jurusan;BDP
(Hadir)
Muhammad Fauzi Nawafi (HADIR)
X-BDP
Octafia Ramadhan
X BDP
Gabriella Nidya X-BDP (hadir)
Noval romandoni( hadir)
X – BDP
Marsha Cantika (hadir)
X – BDP
Arjuna Varianto Putra X-BDP
(hadir)
ZALFA SALSABILA AURELLIA (HADIR)
X-BDP
zhelda nurfarhaty muchtar (hadir)
X-BDP
Nurul nabila
X BDP (HADIR)
Alief Zaidan Khalish X-BDP (HADIR)
Juanito setiawan (hadir)
X-BDP
Kaila Nazwa Khoirunnisa X-BDP (HADIR)
Arya Baihaqi (Hadir)
X.pemasaran