Cara Cepat Membuat Banyak User Sekaligus di Linux Debian

Sedikit mengulas soal LKS IT NETWORK SYSTEM ADMINISTRATION, dalam salah satu tugas pekerjaan yang harus dilakukan seorang admin yaitu membuat puluhan bahkan ratusan user. Namun jika kita belum tahu bagaimana cara agar ratusan user tersebut di buat dengan mudah dan cepat, tentu akan membutuhkan waktu yang lama apalagi jika berhadapan dengan LKS, itu memerlukan waktu.

Coba pikirkan saja jika kita membuat ribuan user satu-satu? keburu keriting nih jari bosque, tapi di sisi lain jari kita akan semakin lama akan semakin cepat dalam mengetik karena menghadapi latihan ataupun tantangan seperti itu.

Buat Para Peserta LKS Kita memerlukan trik untuk menambah bumbu-bumbu potensi kemenangan, Mengetahui konfigurasi saja itu tidak cukup, kita harus menciptakan atau menguasai suatu trik yang baru dan jarang yang mengetahui.

Oke kita masuk ke tutorialnya, di sini kita menggunakan bash scripting dalam menjalankan aksi kita. Jika belum tahu apa itu bash scripting, silahkan simak penjelasan berikut ini, namun jika belum silahkan langsung saja ke tutor-nya.

Apa itu Bash Scripting ?

Bash Scripting adalah salah satu jenis shell yang ada pada linux, nah bash ini adalah shell yang paling banyak di gunakan oleh linux user.

Jika belum tahu apa itu shell, shell adalah program (penterjemah perintah) yang menjembatani user dengan sistem operasi dalam hal ini kernel (inti sistem operasi), umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, tempat dimana user mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah eksekusi suatu file progam (eksternal command), selain itu shell memungkinkan user menyusun sekumpulan perintah pada sebuah atau beberapa file untuk dieksekusi sebagai program.

Cara Membuat Banyak User Sekaligus di Debian dengan Bash Scripting

Anggap saja kita sedang mengerjakan soal LKS yang di soal itu berisi membuat User dengan nama tekaje sampai 100 biji dan dengan Password tekajeuye, Jadi contohnya begini tekaje1, tekaje2, tekaje3 – tekaje100, Oke langsung saja kita buat.

Pastikan agan sudah dalam mode root atau SU ( super user ), saya asumsikan agan sudah tahu caranya masuk ke mode superuser.

Pertama kita masuk ke direktori Home ketikkan perintah di bawah ini

#cd /home/

Selanjutnya kita akan membuat suatu file dan file itu akan di edit dengan editor nano bisa juga menggunakan pico. ikuti atau ketikkan perintah di bawah ini.

#nano user.sh

Tambahkan script berikut ini

for ((i=01; i<=100; i++))

do

adduser tekaje$i –force-badname –disabled-password –gecos tekaje$i

passwd tekaje$i <<< “tekaje”$’n’”tekajeuye”

done

Keterangan : 

  • Tulisan tekaje adalah Nama user
  • Tulisan nomor 01 dan 100 adalah jumlah user yang akan di buat misalnya dari 1-100
  • Tulisan tekajeuye adalah password dari user

Lalu save filenya dengan tekan tombol CTRL+X lalu ketik y lalu enter

Kemudian Eksekusi File tadi dengan perintah

#bash user.sh 

Dan rasakan sensasi (berasa cem hekel) tampilan text yang ada di terminal.

Cek Daftar User apakah sudah ada atau tidak

#ls -al

Jika sudah Muncul banyak user maka sudah berhasil dan selesai sudah.

Cek login User dengan password yang tadi dibuat

Mudah sekali bukan? kita hanya tinggal mengetikkan script tadi dan sistem membuat user yang banyak secara automatis tanpa harus ribet ketik satu-satu.

 

sumber : https://www.tekaje-uye.my.id/2022/04/cara-cepat-membuat-banyak-user.html