RPP KLS Xll

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN/RPP

 

 

Mata Pelajaran : Bahasa  Indonesia Materi Pokok : Cerita atau novel sejarah
Kelas/Semester : XII/ Ganjil Alokasi Waktu : 4 X 45 Menit

 

Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.40 Menganalisis kebahasaan  cerita atau novel  sejarah 3.40.1 Menganalisis  kaidah  kebahasaan yang terdapat dalam teks cerita atau novel  sejarah.

3.40.2 Menganalisis nilai-nilai dalam  cerita atau novel  sejarah

4.40 Menulis cerita sejarah pribadi  dengan memerhatikan  kebahasaan 4.40.1 Menyusun topik dan kerangka karangan teks cerita sejarah pribadi.

4.40.2 Mengembangkan kerangka karangan  menjadi teks cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan.

Tujuan Pembelajaran

 

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran  discovery learning,  peserta didik dapat menganalisis  kaidah kebahasaan cerita atau novel  sejarah, menganalisis  nilai-nilai dalam  cerita atau novel  sejarah, menyusun kerangka karangan , dan mengembangkan kerangka karangan menjadi cerita sejarah pribadi..
Materi Pembelajaran  Cerita atau novel sejarah
 

Model Pembelajaran:

Discovery learnining

 

Produk:

Cerita sejarah pribadi

 

Deskripsi:

Peserta didik secara kolaboratif mencermati teks/video nonel sejarah dan  cerita sejarah pribadi.

 

Alat, Bahan, dan Media:

PPt

Video novel sejarah dan teks  cerita  sejarah pribadi

 

 

Langkah-Langkah Pembelajaran:

1.     Pemberian rangsangan;

Mengamati  kaidah kebahasaan dalam cerita atau novel sejarah.

2.     Identifikasi masalah;

Mengidentifikasi nilai-nilai dalam  cerita atau novel sejarah.

3.     Pengumpulan data;

Mendata kebahasaan dan unsur-unsur  cerita atau novel  sejarah yang tersaji.

4.     Pembuktian;

Menyusun teks  cerita sejarah pribadi.

5.   Menarik simpulan

Membuat simpulan dan mengomentari teks cerita  sejarah pribadi yang telah dibuat.

 

Penilaian/Asesmen:

1.    Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang sikap kritis, kerja sama, dan komunikatif.

2.    Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang nilai-nilai  cerita atau novel sejarah..

3.    Keterampilan: Praktik menulis  cerita sejarah pribadi

 

Mengetahui,

Kepala SMKN 43 Jakarta

 

 

 

 

Drs. Ismunanto, M. M.

 Jakarta,  13  Juli 2020

Guru Mata pelajaran

 

 

 

 

Kordia Habsah, M. Pd.