Cara Membuat Skrip yang Lebih Cepat dari Cron

Kalau kita butuh menjalankan suatu skrip pada waktu – waktu tertentu, maka kita bisa menggunakan cron job. Tapi yang jadi masalah adalah ketika kita ingin menjalankan skrip dibawah satu menit itu tidak bisa dilakukan dengan cron.

Beberapa waktu lalu saya diminta oleh seseorang untuk menjalankan bot telegram dan saya set dicron job satu menit sekali. Tapi setelah diuji coba, waktu satu menit itu ternyata sangat lama. Sehingga, ketika user klik menu dibot, user tersebut harus menunggu selama satu menit, baru lah informasi yang diinginkan muncul.

Nah, jika kita ketemu dengan kasus seperti itu maka cron job bukanlah jawabannya.

Untuk kasus tersebut, kita bisa menggunakan custom skrip yang bisa menjalankan skrip lain dengan batas waktu yang bisa kita tentukan sendiri, baik itu satu detik, dua detik atau berapapun jedanya.

Skripnya Seperti Apa ?

Kita bikin file .sh yang nantinya akan kita eksekusi. Jadi, ketikkan di terminal nano run.sh atau beri nama sesuai dengan keinginan, kemudian masukkan kode berikut :

#!/bin/bash
#This script run every 15 seconds
while (sleep 15 && php /path_to_script/skrip_yang_ingin_dijalankan.php) &
do
     wait $!
done

Nah, dengan menggunakan skrip seperti itu, kita bisa mengatur jedanya.

Kemudian kita bikin supaya skrip tersebut bisa dieksekusi, ketikkan perintah chmod +x run.sh. Setelah itu, skrip bisa langsung dieksekusi dengan cara sh run.sh

Harusnya skrip dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Bagaimana Agar Skrip Bisa Jalan Terus ?

Nah, pertanyaannya adalah bagaimana caranya agar skrip bisa jalan terus ? Soalnya kan Kalau kita close terminal kan otomatis skripnya berhenti.

Ada dua cara yang bisa digunakan, yaitu menggunakan aplikasi screen agar ketika terminal di close, skrip tetap berjalan. Tetapi cara ini tidak saya rekomendasikan.

Cara yang paling baik adalah kita membuat auto startup. Jadi, ketika VPS booting, skrip otomatis juga berjalan.

Gimana caranya ?

Silahkan ketikkan perintah sudo nano /etc/rc.local, kemudian masukkan kode berikut sebelum tulisan exit 0

 sh /path_to/faster_than_cron.sh

Selesai. Kita tinggal restart VPS nya, lalu skrip akan berjalan dengan sendirinya.

Jika ada pertanyaan, tambahan ataupun saran, silahkan didiskusikan dikolom komentar. Terima kasih telah berkunjung. Have a nice day 😀

Referensi

sumber : https://tekno.gabrieldwi.id/cara-membuat-skrip-yang-lebih-cepat-dari-cron/

Artikel ini disadur dari laman CoderWall dan diedit kembali.