Materi Bisnis Online XI BDP Pertemuan Ke-1

Materi Bisnis Online Pertemuan Ke=1

(Belajar dari Rumah bersama Pashajid – Rabu 15 Juli 2020)

 

Latar Belakang Bisnis Online

Berjualan saat ini tidak lah sama dengan 10 tahun, 20 tahun atau lebih lama dari pada itu. Melakukan penjualan sudah jauh beralih dari sistem barter hingga saat ini menggunakan internet sudah semakin banyak di gunakan di Indonesia. Memang market share (pengguna pasar) untuk bisnis online masih terbilang dibawah Bisnis konvensional (pemasaran langsung face to face).

Potensi Bisnis online di Indonesia saat ini terbuka lebar, sebab banyaknya pengguna internet yang begitu besar. Pengguna internet di Indonesia telah mencapai 70 juta orang bahkan sampai 100 juta orang, pertumbuhannya bisa mencapai 10 hingga 15 persen.

Bukti begitu besarnya potensi bisnis online di Indonesia bisa dilihat dari perusahaan global yang terus masuk di Indonesia. Zalora, groupon, akuisisi Lazada, jd.id adalah contoh dari perusahaan top global yang masuk ke Indonesia dan akan mengembangkan bisnis online di Indonesia.

Kitalah anak bangsa yang diharapkan mampu menjadi penggerak bisnis online di Indonesia. Jangan sampai potensi besar bisnis online di Indonesia dikuasai oleh asing yang sudah serius lebih dulu mengembangkan bisnis online di Indonesia.

Saat ini perkembangan bisnis online sangat pesat terlebih disaat adanya gangguan covid 19, perkembangan bisnis online meningkat sangat tajam antara 200 sd 400 %, mengingat konsumen tidak bisa keluar rumah dengan adanya aturan pememerintah yang melakukan kebijakan lokdown atau PSPB dimasing-masing negara atau harus mentaati  protokol kesehatan/soscal distancing, maka para konsumen lebih memilih melakukan pembelian dengan mesesan/membeli dari rumah kepada toko online sebagai penyedia barang dan jasa.

Skema Memahami Bisnis Online

 

Pengertian Bisnis Online

Bisnis Online atau Bisnis Daring (Dalam Jaringan) adalah aktivitas bisnis yang dilakukan berupa penawaran produk dan jasa yang ditawarkan oleh pelaku bisnis menggunakan teknologi informasi yang terintegritas (internet). Bisnis Online semakin banyak dinikmati oleh masyarakat seiring dengan perkembangan zaman dimana teknologi sudah sampai ke tangan dan kanton pengguna, pengguna internet sekarang semakin banyak hingga kepelosok.

Perkembangan teknologi membuat produsen barang dan jasa mulai mengalihkan bisnisnya dari yang awalnya bisnis offline seperti mendirikan menyewa toko, menyebar brosur, memasang pamflet promosi menjadi bisnis online yang menggunakan Jaringan internet melalui web, media sosial, dan link.

Walaupun pada kenyataannya masih sedikit yang mengetahui Bisnis online dan macam-macamnya, membuat bisnis online masih memiliki potensi yang besar. Marketing 4.0 yang paling terbaru menyatakan perkembangan bisnis online ini sekarang begitu besar, walaupun masih dibutuhkan bisnis offline sebagai penunjang. Bukan tidak mungkin suatu saat bisnis online begitu merajai perekonomian disebabkan begitu efisiensinya bisnis online saat ini.

Beberapa Definisi Bisnis online dari para ahli yang layak dijadikan renungan apakah kita sudah mampu mengendalikan dan menggunakan bisnis online yang sedang berkembang saat ini.

  1. Menurut Phillip Kotler, bisnis online adalah bisnis yang dilakukan melalui sistem komputer daring interaktif yagn menghubungkan konsumen dan penjual secara elektronik. Jasa daring komersial adalah jasa yang menawarkan jasa informasi dan pemasaran online kepada pelanggan yang membayar iuran bulanan.
  2. Menurut Chaffey, bisnis online disebut juga bisnis internet atau pemasaran internet, yaitu pengguna internet dan teknologi digital yang berhubungan untuk mencapai tujuan pemasaran dan mendukung konsep bisnis modern
  3. Christoper Stoole yang dinamakan bisnis online adalah suatu cara mengkombinasikan sistem dan proses dalam menjalankan bisnis dengan bantuan teknologi internet.
  4. Samantha Shurety sebuah bisnis online adalah penggunaan teknologi internet dalam transformasi bisnis.

Dapat disimpulkan bahwa Bisnis online adalah Bisnis yang dilakukan melalui sistem komputer daring interaktif yang bertujuan memasarkan yang mengkombinasikan sistem dan proses dalam menjalankan bisnis dengan bantuan teknologi internet.

Manfaat Bisnis online

Terdapat 3(tiga) jenis saluran dalam pemasaran yang berpengaruh dalam implementasi bisnis online menurut Peterson diantaranya adalah : Komunikasi, Transaksi, dan Distribusi. Beberapa manfaat bisnis online yang didapatkan melalui fungsi komunikasi, transaksi, dan saluran distribusi adalah sebagai berikut.

  1. Komunikasi
    1. Peningkatan Informasi Produk

Komunikasi yang di lakukan dalam bisnis online dapat meningkatkan pemahaman dan informasi dalam produk. Pemasaran online memberikan kebebasan pada pengguna untuk mengetahui informasi produk sedetail mungkin. Bisnis online juga sebuah produk harus terdapat informasi yang jelas dan harga yang amat bersaing, pembeli akan mencari produk dengan efisiensi paling tinggi disebabkan luasnya informasi produk yang didapat.

  • Ketersediaan Layanan

Bisnis online tidak terbatas ruang dan waktu, pelayanan dalam bisnis online dilakukan secara maya tanpa interaksi langsung antara pembeli dan penjual. Sehingga para produsen membuat layanan seperti call center, chat, pengiriman gratis, dsb. Ketersediaan layanan dalam bisnis online memang tidak seperti pada bisnis offline yang lebih nyata, namun foto yang menarik dan persuasif meningkatkan pelayanan dalam bisnis online.

  • Biaya komunikasi Lebih Rendah

Pemasaran dalam bisnis online fokus pada orang yang benar-benar ingin membeli saja, jadi setelah promosi online dilakukan secara luas penjual hanya fokus pada pembeli potensial saja. Biaya yang dilakukan relatif lebih rendah sebab bisnis online dapat dilakukan bahkan oleh mesin/robot pun dapat melakukan komunikasi, sehingga penjual hanya akan melakukan tindakan pada pembeli saja.

  • Interaktif

Bisnis online lebih interaktif sebab dalam promosinya produsen akan menayangkan visual yang menarik seperti pemasangan video, testimony, gambar visual, deskripsi, dan icon yang menarik yang menyebabkan pembeli akan langsung dapat menentukan pembelian sesegera mungkin. Berbeda dengan offline yang lebih satu arah seperti hanya pada satu aspek promosi seperti pemasangan baliho, reklame, atau penyebaran brosur bisnis online dijalankan lebih melibatkan kedua belah pihak.

  • Informasi Persediaan terkini

Bagi anda yang pernah menggunakan marketplace atau e-commerce mungkin akan melihat persediaan barang yang tersedia dari penjualan produk, posisi dimana barang berada, dan kondisi barang. Dalam bisnis online ketersediaan barang terinci secara baik, penjual hanya dapat fokus pada barang yang akan habis saja dan tetap memasang iklan barang yang tersedia, sementara pembeli dapat melihat ketersediaan barang sebelum memutuskan pembelian. Tidak seperti pada offline dimana kadang penjual harus mencek ketersediaan barang dan kadang pembeli tidak dapat melihat semua etalase barang, dalam bisnis online sebaliknya semakin memudahkan dalam melakukan transaksi.

  • Layanan Purnajual

Kelemahan dalam bisnis online sekarang ini adalah layanan purnajual, namun seiring berkembangnya teknologi saat ini review barang menjadi acuan dalam penjualan barang. Bisnis online yang berkembang sekarang ini memberikan gambaran sebuah produk bagus atau tidak, diterima atau tidak dimasyarakat. Dari testimony, ketersediaan return barang, asuransi, dan ekspedisi yang beragam membuat pelayanan purnajual semakin baik melebihi bisnis offline yang sudah lebih lama.

  • Tidak Harus Bertemu

Awal perkembangan bisnis online, masyarakat lebih memilih COD (Cash Of Delivery) dimana pembeli dan penjual pada saat itu lebih nyaman jika bertemu. Perkembangan saat ini bisnis online sudah tidak menakutkan lagi, adanya pihak perantara dalam hal ini bisnis marketplace seperti tokopedia, bukalapak, blanja.com, shopee membuat pembeli tak perlu khawatir. Sebab pihak operator tidak akan melakukan pembayar pada penjual selama barang belum diterima pembeli, semakin mudahnya transaksi dengan adanya tracking perjalanan barang membuat konsumen nyaman dan semakin terbiasa dengan berbagai jenis bisnis online.

  • Transaksi
    • Etalase virtual dapat dicapai oleh semua pengguna internet

Awal perkembangan bisnis online membuat toko online berbasis website memerlukan biaya yang lumayan mahal, namun saat ini perkembangan teknologi internet dan persaingan membuat membuat etalase virtual begitu mudah. Bagi yang tak memiliki website dapat menggunakan marketplace seperti bukalapak, tokopedia, maupun shoope. Sementara yang ingin membuat website dapat membuat etalase virtual yang mudah dari gratis hingga berbayar seperti Jarvis-store.com, shopify.com, woocommerce, wordpress dan blogspot pun templatenya dapat disesuaikan. Kemudahan etalase virtual saat ini membuat siapapun dapat menjalankan bisnis online.

  • Biaya Transaksi murah dan mengurangi kesalahan

Dahulu saat kita ingin berbelanja kita harus menuju sarana trasportasi, menyiapkan biaya perjalanan, dan tidak setiap saat dapat berbelanja. Memang perkembangan teknologi terutama gadget yang semakin cepat membuat bisnis online berkembang pesat saat ini. Salah satunya adalah saat ini kita dapat berbelanja kapanpun, tinggal klik, transfer, dan kemudahan lainnya. Selain itu, pembelian yang telah disepakati pun masih dapat di review atau direvisi sesuai dengan kebutuhan sehingga kesalahan dapat diatasi.

  • Mengurangi waktu siklus pengadaan

Pengadaan barang dalam bisnis online merupakan kegiatan yang dapat diatur sesuai kebutuhan penjual dan pembeli. Barang yang laku akan lebih diutamakan dibanding barang kurang peminat. Siklus pengadaan barang pun dapat dilakukan secara efisien sebab penjual dapat membeli barang yang lebih dekat kepada pembeli, para produsenpun akan lebih mengetahui permintaan akan barang yang akan dibeli.

  • Tingkat persediaan yang lebih rendah serta biaya overhead terkait lainnya.

Overhead adalah biaya lebih yang dikeluarkan seiring bertambahnya biaya produksi atau jumlah pembelian barang. Bagi para pebisnis online persediaan barang dapat diatur sedemikian rupa sehingga menekan biaya yang tak perlu dalam penjualan dan produksi itu sendiri.

  • Promosi dan penjualan langsung kepada konsumen

Ketika seseorang membeli sebuah barang dan jasa maka didalamnya terdapat berbagai macam biaya selain bahan baku dan produksi juga terdapat biaya promosi dan distribusi. Semakin panjang distribusi, dan tingginya biaya iklan tentu harga barang dan jasa akan semakin mahal. Saat ini persaingan harga barang dan jasa semakin kompetitif sebab promosi dan penjualan yang dilakukan langsung dari produsen kepada konsumen melalui internet marketing.

  • Harga fleksibel

Harga yang beragam menjadi ciri khas dari bisnis online saat ini, sebab begitu banyaknya penjual yang dapat kita temui akibat mudahnya mendapatkan akses kepada penjual membuat calon pembeli dapat melihat biaya yang beragam dan flexible/dapat berubah sewaktu-waktu.

  • Biaya Entri dan pembentukan biaya relative rendah

Biaya entri barang pada bisnis online tergolong murah dan terjangkau dibandingkan dengan promosi offline. Ketersediaan template website yang dapat digunakan membuat biaya entri barang yang dijual semakin mudah. Mempelajari terus perkembangan dunia internet akan semakin menurunkan biaya marketing online dan mengefektifkan penjualan sebab kita akan semakin mengurangi keterlibatan orang lain dalam bisnis kita. Sementara tak mengertinya tentang bisnis online akan membuat kita mengeluarkan biaya yang lebih mahal.

  • Distribusi
    • Mengurangi waktu tunggu

Dalam pengiriman barang yang dilakukan dalam transaksi lokal maupun global dapat dilakukan tracking pengiriman barang. Barang cenderung dapat di pantau seperti apakah barang sudah dipacking, apakah barang sudah masuk ekspedisi, apakah barang akan sampai, dsb.

  • Menurunkan biaya pengiriman

Ekspedisi yang beragam dalam pengiriman barang membuat biaya pengiriman dari luar negeri sekalipun dapat dipilih dari yang gratis pengiriman sampai biaya pengiriman yang terjangkau. Persaingan ekspedisi pengiriman di Indonesia saat ini membuat pengiriman dapat dilakukan sesuai budget.

  • Pelangganan dapat melacak pesanan

Pelanggan dapat melakukan pelacakan barang yang dibeli, kemudahan informasi saat ini membuat seseorang berlomba-lomba membuat website yang memberikan manfaat bagi penggunanya, salah satunya adalah layanan tracking perjalanan paket yang dapat di pantau dari nomor resi yang dikeluarkan pihak ekspedisi.

sumber https://pakimam.com/bisnis-online-pengantar-bisnis-daring-dan-pemasaran-kelas-xi/

lihat video pengantar bsinis online XI BDP di web ini atau di youtube pashajid 43 channel

 

Tugas Ke 1 : ( Essay 5 Soal)

Jawaban Kirim ke email : pashajid42@gmail.com

  1. Jelaskan dengan singkat latarbelakang adanya bisnis online
  2. Jelaskan Pengertian Bisnis Online
  3. Jelaskan Pengertian Bisnis Online menurut Philip Kotler
  4. Sebutkan dengan singkat Manfaat Bisnis Online
  5. Menurut anda apa dampak positif dari gangguan Corona terhadap Bisnis Online

Isi kolom komentar pada website ini dengan absensi siswa atau jika ada pertanyaan silahkan disampaikan…

======Selamat belajar dari Rumah=====

 

34 Replies to “Materi Bisnis Online XI BDP Pertemuan Ke-1”

Comments are closed.