Materi Bisnis Online Kelas XII BDP Sesi Ke-1

 

Materi Bisnis Online Sesi ke 1

Membuat Website Sederhana

Jika anda menginginkan sebuah website yang bertujuan melakukan penjualan, maka tentunya anda harus merancang sebuah website bertema ecommerce atau online shop, Namun karena  untuk pembelajaran praktek kita hanya merancang dan membayangkan seolah olah kita memiliki Toko Online yang menyediakan website dengan design  berupa: Nama Toko Online, Alamat, Deskripsi penjualan, Spesifikasi Kelompok Produk/jasa dan uraian penjualan produk/jasa. ( Ingat dalam deskripsi Tuliskan Kalimat    “ WEBSITE INI HANYA UNTUK BELAJAR PRAKTIK SISWA SMKN 43 JAKARTA

Langkah langkah Membuat Website Sederhana:

  1. Tentukan Skema / Struktur Website

Sebelum memulai untuk mendesain tampilan website, sebaiknya anda tentukan terlebih dahulu halaman-halaman apa saja yang akan ditampilkan dan bagaimana antara satu halaman dengan halaman yang lain saling terhubung. Halaman awal atau biasa disebut homepage/frontpage adalah halaman utama yang pertama kali tampil begitu pengunjung mengunjungi website. Posisi homepage berada pada Top Level atau level pertama, kemudian halaman berikutnya Level  kedua yang bisa berupa halaman About Us,Service,Product dan lain sebagainya

  1. Tentukan Isi Website / Konten.

Setelah struktur website dibuat maka bisa diteruskan dengan menyiapkan konten website. Konten disini bisa berupa text,image,animasi.  Konten  akan dirangkaikan atau dimasukan ke dalam desain tampilan website.

  1. Tentukan Desain Tampilan.

Supaya konten yang sudah anda siapkan bisa ditampilkan dengan menarik, anda perlu mendesain terlebih dahulu tampilannya. Anda bisa mengatur tata letak text, link atau navigasi untuk menuju ke halaman-halaman lain yang telah anda buat strukturnya tadi.

  1. Menguji Sebelum di Hosting

Beberapa kesalahan pasti akan anda temukan setelah selesai merancang web anda, konsistensi web, pengujian hyperlink , posisi elemen-eleman halaman yang benar pada setiap halaman web harus terus di amati, seperti halnya tampilan secara umum.  Jika anda ingin agar para pengunjung mendapat penampilan  halaman yang sama, anda harus menggunakan pengujian pada browser-browser yang ada. seperti Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, dan Mozilla Firefox, Safari dan Google Chrome

  1. Mempublish Situs ke Internet.

Langkah terakhir adalah setelah website anda jadi adalah menaruhnya di sebuah komputer server.  Anda bisa berlanggangan kepada jasa penyedia web hosting. Provider-provider web hosting tersebut biasanya telah menyediakan paket-paket langganan yang sesuai dengan kebutuhan anda.  Anda tinggal pilih salah satu.  Jika web hosting  sudah aktif anda bisa memulai untuk meng-upload lewat FTP dengan menggunakan account yang telah diberikan oleh provider web hsoting tempat anda berlangganan.  Kini anda telah dapat  mempublikasikan webiste anda ke seluruh para pengguna internet diseluruh dunia.

  1. Meng-update Secara Berkala

Setelah Anda berhasil mempublikasikan web yang memiliki desain Anda sendiri untuk melakukan. maka sudah waktunya Anda meng-update sacara berkala agar pengunjung tidak bosen dan jenuh dengan isi (konten) web Anda. Lakukan perbaikan secara berkala untuk memperbaiki web Anda, tampung semua saran dan kritik para pengunjun g untuk mengkoreksi atau memberikan ide-ide kreatif.

Praktek Membuat Web Sederhana 

Untuk membuat situs web ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan, jika situs web Anda dapat membuat statistik Anda dapat menggunakan template sederhana, sedangkan untuk dinamis Anda dapat menggunakan bentuk blog atau aplikasi ecommerce yang siap pakai atau dapat digunakan di web Anda dapat membuat web sendiri . Namun demikian paling tidak Anda harus tahu tentang skrip yang paling mendasar dalam membuat situs web yaitu HTML.

Pada kegiatan pembelajaran ini untuk mempermudah pembuatan situs web Anda dapat mengunduh templat yang sudah siap pakai, atau jika Anda ingin membuat desain sendiri yang dapat menggunakan perangkat lunak Dream Weaver sebagai alat bantu. Sedangkan untuk aplikasi eCommerce akan dibahas pada kegiatan pembelajaran berikutnya.

TUGAS ke 1: Membuat Situs Web Sederhana

  1. Unduh template di google.com:

Bukalah pencari situs web, misalnya www.google.com, ketikkan: unduh situs web template gratis, maka akan muncul beberapa informasi atau tautan ke situs web penyedia template gratis. Seperti dibawah ini:

  1. Pilihlah salah satu informasi atau tautan tersebut. misalnya:

          http://www.wix.com

Tugas ke 1: Buat situs web Toko Online dengan menggunakan situs web: http://www.wix.com masuk dengan email masing-masing misalnya: pashajid@gmail.com

  1. Ikuti dan buat menu yang disiapkan oleh situs tersebut, dengan catatan yang sudah disiapkan untuk situs web kami contohnya:

Nama Situs web: Pashajid Mart 43

Deskripsi: Situs web ini hanya untuk praktik pembelajaran bisnis online

Alamat: Jl. H. Ilyas Petukangan Utara Jakarta Selatan

Kelompok Produk: Penjualan Cake

Jenis produk: Bolu, Nastar, Kue Ulang Tahun, Kue Tar, Bronis

Spesifikasi produk: Nama Kue, harga, ukuran, (tentukan sendiri)

  1. Sebagai Contoh buka situs web bapak: https://pashajid.wixsite.com/website
  2. Jika kurang jelas kirim comentar di website: http://smkn43jkt.sch.id
  3. Selamat mencoba membuat situs web dengan tutorial mandiri
  4. Kirim hasil yaitu alamat situs web yang telah dibuat oleh siswa masing-masing ke email: pashajid@gmail.com

Contoh Situs Web: https://pashajid.wixsite.com/website

Untuk Permulaan Ikuti Panduan dalam Video ini

( Untuk selanjutnya karena keterbatasan waktu buat kreasi sendiri )

30 Replies to “Materi Bisnis Online Kelas XII BDP Sesi Ke-1”

Comments are closed.