Materi IPA kelas X SMK,. Zat dan Perubahan.

Apa itu materi dan perubahannya?

Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang (volume). Perubahan materi dibagi menjadi dua yakni perubahan Fisika (perubahan fisis) dan perubahan kimia (reaksi kimia).

zat dan perubahannya.
Contoh perubahan fisika, yaitu es mencair, air menguap, uap air mengembun, lilin meleleh, gula larut dalam air, garam yang larut dalam air dan masih banyak yang lainnya.

Perubahan kimia adalah suatu perubahan materi yang menghasilkan jenis dan sifat materi berbeda (baru) dari zat semula dinamakan (perubahan kimia dinamakan juga reaksi kimia atau reaksi). Contoh perubahan kimia adalah pembakaran kayu, jika kayu dibakar akan menghasilkan arang kayu

Materi merupakan sesuatu yang mempunyai massa dan dapat menempati ruang. Tujuan melakukan klasifikasi materi adalah agar lebih mudah mempelajari dan menyusunnya secara sistematis

Perbedaan antara wujud zat saat ini didasarkan pada perbedaan dalam hubungan antarmolekul. Dalam keadaan padatan gaya-gaya intermolekul menjaga molekul-molekul berada dalam hubungan spasial tetap. Dalam cairan, gaya-gaya antarmolekul menjaga molekul tetap berada berdekatan, namun tidak ada hubungan spasial yang tetap.

Berikut adalah beberapa contoh perubahan kimia :
Kayu terbakar.
Besi berkarat.
Makanan membusuk.
Susu menjadi asam.
Petasan yang meledak.
Nasi yang basi.
Penguraian sampah.
Susu diubah menjadi keju.

Sifat-sifat pertikel zat tersebut adalah sebagai berikut.
Sifat partikel zat padat. Bentuk dan volumenya tetap, tidak bergantung pada tempatnya. Susunan partikelnya teratur. …
Sifat partikel zat cair. Bentuknya berubah sesuai dengan tempatnya, tetapi volumenya tetap. Susunan partikelnya tidak teratur. …
Sifat Partikel Gas.

Perubahan wujud zat ini bisa terjadi karena peristiwa pelepasan dan penyerapan kalor. Perubahan wujud zat terjadi ketika titik tertentu tercapai oleh atom/senyawa zat tersebut yang biasanya dikuantitaskan dalam angka suhu

sifat zat adalah karakteristik yang dimiliki suatu zat yang dapat dijadikan acuan untuk membedakan zat satu dengan zat lainnya.

Ciri pertama dari perubahan fisika adalah hasil perubahannya bukan merupakan zat kimia baru. Meskipun tampilannya telah berubah dari bentuk semula,tetapi sifat zat hasil perubahan tersebut masih tetap sama dengan zat awalnya. Zat hanya mengubah keadaan fisiknya, misalnya dari padat menjadi cair.

Ciri-ciri perubahan kimia:

Adanya timbal balik yang menghasilkan zat baru. Materi tidak dapat berubah ke keadaan semula (irreversible) Terjadi perubahan energi.

perubahan fisika adalah perubahan yang mengubah bentuk materi tetapi tidak mengubah komposisi kimia materi tersebut. Adapun perubahan kimia adalah perubahan yang mengubah komposisi kimia dari materi tersebut.