Menganalisis dokumen sumber dan dokumen pendukung pada perusahaan manufaktur 1

A.    Uraian Materi

1.    Karakteristik perusahaan manufaktur

Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang siap dijual atau dipasarkan ke konsumen.

2.    Aktivitas Rutin Perusahaan Manufaktur

Aktivitas perusahaan manufaktur adalah menghasilkan barang setengah jadi atau barang jadi melalui proses pengolahan bahan baku terlebih dahulu sebelum   dijual kepada konsumen. Adapun jenis pengeluaran di perusahaan manufaktur untuk mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi meliputi 3 unsur:

  1. Biaya pemakaian bahan baku
  2. Biaya tenaga kerja langsung
  3. Biaya produksi lainnya, yaitu biaya diluar dari bahan baku dan tenaga   kerja langsung

B.       Aktifitas Pembelajaran

Setelah anda membaca materi tentang karakteristik akuntansi manufaktur di pembelajaran, coba simak illustrasi dibawah ini yang akan memberikan pemahaman kepada anda mengenai karakteristik perusahaan manufaktur.

Ilustrasi 1:

Berbagai jenis perusahaan yang ada di sekitar anda, bisa berbentuk perusahaan jasa, dagang dan manufaktur. Anda presentasikan. Sebutkan dan analisa karakteristik perusahaannya, minimal 3 perusahaan.

No Nama Perusahaan Jenis Produk Yang Dihasilkan Jenis Perusahaan Karakteristik Perusahaan
Jasa Dagang Industri

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

PT. Semen Cibinong

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dll ( diskusikan dengan anggota keluarga anda)

 

Semen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

V

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PT. Semen Cibinong memproduksi semen melalui proses produksi yang diawali dengan menyediakan bahan baku berupa: batu kapur, tanah liat, pasir besi, pasir silikat dan gypsum. Lalu bahan–bahan tersebut diolah dengan menggunakan tenaga manusia dan tenaga mesin. Tenaga manusia dinamakan tenaga kerja langsung, sedangkan pemakaian mesin produksi digolongkan biaya overhead pabrik. Dan biaya overhead lainnya, seperti:pemakaian listrik, penyusutan mesin, gaji supervisor pabrik dll.