Media Komunikasi Humas Kelas XI OTKP

Definisi

Media komunikasi humas adalah segala bentuk media (sarana/saluran/channel) yang digunakan oleh seorang praktisi humas dalam pekerjaannya dengan tujuan mempublikasikan secara luas dengan tujuan agar produk/ jasa yang dipasarkan lebih  dikenal oleh masyarakat.

Macam-macam

Media komunikasi yang digunakan humas ada 2 macam, yaitu :
1) Media Komunikasi Komersial
    Berikut ini beberapa media yang banyak terdapat di masyarakat, antara lain:
    1. Surat kabar
    2. Majalah
    3. Siaran Radio
    4. Siaran Televisi
    5. Media Online
2) Media Yang dibuat Public Relations/Humas
    Berikut ini beberapa media yang sering dibuat oleh seorang praktisi humas/PR, antara lain:
    1. House Journal, adalah salah satu bentuk tertua dari hubungan masyarakat.
    2. Annual Report (Laporan Tahunan), merupakan laporan perkembangan dan pencapaian  yang berhasil diraih organisasi dalam setahun
    3. Company Profile, adalah gambaran tertulis tentang sebagian fakta perusahaan yang disajikan secara resmi
    4. Advertorial/Pariwara, merupakan gabungan antara iklan dan editorial. Iklan untuk mempromosikan sesuatu, sedangkan editorial membentuk opini.
    5. Brosure/Selebaran digunakan untuk menciptakan perhatian, pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab, dan memberikan lebih jauh, terkadang brosur digunakan sebagai kampanye persuasif dan digunakan dalam pameran buku sebagai literatur.
    6. Media Kits, merupakan media yang digunakan sebagai informasi awal tentang organisasi, konferensi press dan kasus krisis perusahaan.
    7. Media Sosial Online, adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, forum dan dunia maya.

Ciri-ciri

Ciri-ciri media komunikasi humas adalah siaran berita (news release) pada media cetak maupun elektronik, kelayakan berita, artikel, foto, yang kesemuanya harus sesuai dengan persyaratan redaksional dan beritanya sampai siap cetaknya.

Keunggulan dan Kelemahan

a. Media cetak
    keunggulan: dapat dibaca berkali kali, dapat membuat orang benar-benar mengerti
    kelemahan : lambat, tidak adanya audio, visual yang terbatas, biaya produksi yang cukup mahal
b. Media elektronik
    keunggulan : cepat, ada audio visual, menjangkau masyarakat secara luas
    kelemahan : tidak ada pengulangan
c. Media online
    keunggulan : sangat cepat, mempunyai audio visual, praktis dan fleksibel
    kelemahan : tidak seakurat media lainnya
Tujuan Media Humas
1. Promosi & tingkatkan pemasaran
2. Komunikasi berkesinambungan
3. Tingkatkan kepercayaan publik
4. Tingkatkan citra perusahaan/organisasi

65 Replies to “Media Komunikasi Humas Kelas XI OTKP”

  1. Hi, here on the forum guys advised a cool Dating site, be sure to register – you will not REGRET it [url=https://bit.ly/3sCrmNV]https://bit.ly/3sCrmNV[/url]

  2. Tugas:
    1. kelompokanlah yang disebut media visual, audio dan audio visual
    2. carilah contoh media humas /PR yang digunakan perusahaan/industri
    mis, House Jurnal. Perusahaan mana yang memiliki house jurnal upload gambarnya minimal 2
    ada 7 media humas masing masing carilah minimal 2 contoh

    hasil pekerjaan diemail. tks

    1. MaafBu untuk pengerjannya melalui word ya Bu?
      Dan pengirimannya melalui email atau japri?
      Terima kasih Bu.

Comments are closed.