Pengaruh kemajuan IPTEK terhadap Bangsa dan Negara Indonesia ( Kelas XII pertemuan 1)

Assalamualaikum, selamat pagi anak – anak, semoga kalian dalam keadaan sehat. Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT atas nikmat yang telah di berikan kepada kita. Sebelum belajar alangkah baiknya berdoa terlebih dahulu. Bagaimana rasanya, begitu bahagia dan senang sekali kalian sudah tuntaskan pembelajaran semester sebelumnya dan tinggal menyelesaikan semester terakhir di kelas XII semoga kalian sukses.  Untuk Pembelajaran di Kelas XII ada 2 Kompetensi Dasar yang akan kalian pelajari. Untuk pertemuan hari ini kalian membahas Kompetensi Dasar Menganalisis pengaruh IPTEK terhadap bangsa dan negara yang pastinya kalian sudah merasakan sendiri pengaruh perkembangan IPTEK. Ayo kalian menggali Informasi perkembangan IPTEK.

KD 3.3. Pengaruh kemajuan IPTEK terhadap Bangsa dan Negara

Hakikat IPTEK adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang tersusun secara bersistem tentang kepandaian manusia yang dapat di terapkan untuk menunjang dan memberi kenyamanan bagi kehidupan manusia.

Kemajuan IPTEK memberikan dampak terhadap kehidupan

Kemajuan ilmu dan teknologi (Iptek) adalah suatu gejala yang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan ini. Karena kemajuan teknologi berjalan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Kemajuan Iptek yang amatlah pesat ini menjadikan peradaban manusia pun ikut berkembang dengan cepat.

Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berubah dan berkembang ke arah yang lebih maju seiring dengan perkembangan manusia itu sendiri. Perkembangan IPTEK yang sangat cepat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kemajuan kehidupan umat manusia. jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, saat ini sudah dapat digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis.

Perkembangan IPTEK pula, manusia bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah dibayangkan. Dengan berkembangnya teknologi informasi komputer yang pesat ini, peran serta dari masyarakat sangat besar dalam perkembangannya. Kemajuan IPTEK dapat memberi pengaruh serta manfaat yang bersifat positif maupun negatif.

Untuk memahami pengaruh perkembangan IPTEK  kegiatan kalian hari ini mengerjakan tugas :

  1. Menggali informasi tentang kemajuan IPTEK dan pengaruh positif kemajuan IPTEK
  2. Membuat laporan tugas hasil telaah tentang pengaruh positif kemajuan IPTEK di bidang Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, hukum,Pertahanan dan Keamanan pengaruh positif terhadap kehidupan masyarakat

laporan di buat dalam microsoftword/ tulis tangan dan di kumpulkan via Email.

Selamat belajar semoga sukse