ETIKA PROFESI

Assalamu’alaikum. wr.wb

Pagi Semua

Hari ini kalian lihat video etika profesi dari tayangan berikut. Pelanggaran etika apa saja yang terjadi? solusinya bagaimana? dan apa sangsinya dalam pelanggaran etika yang terjadi. Tulislah hasil temuan kalian di kolom komentar.

Terima kasih

Wassalamu’alaikum. wr.wb

35 Replies to “ETIKA PROFESI”

  1. Pelanggaran etika ;
    1.pegawai tidak fokus memperhatikan topik yang dibahas saat rapat
    2. Berdandan atau melakukan hal yang tidak penting saat jam kerja masih berlangsung

    Solusi ;
    1.pegawai yang kurang disiplin harus diberi sanksi yang tegas
    2.mencontoh ani yang bertanggung jawab & kerja keras, dan mulai bekerjasama dalam melakukan pekerjaan

    Sanksi ;
    Diberi teguran sekaligus diarahkan agar tidak mengulangi kesalahan yang sama

  2. Nama : Vivi gramesia
    Kelas X-AKL
    No absen (34)
    Pelanggaran yang terjadi di video tersebut adalah
    Ketidak profesionalan para pegawai pada saat melaksanakan tugasnya,karyawan yang tidak mendengarkan saat bekerja semisalnya menyisir saat sedang rapat, bermain handphone saat sedang rapat, dan ada juga karyawan yang merias diri saat sedang bekerja semisal memakai cat kuku dan ada juga yang memakai lipstik.
    Solusinya :
    kita bisa menegur sesorang yang melanggar aturan etika profesi, dan sebaiknya merias diri dirumah saja atau sebelum berangkat kerja dan mendengarkan saat seseorang presentasi tidak main handphone atau merias diri agar menghargai orang tersebut.

  3. Ramadhan Eka Putra /27
    X-AKL

    Menurut saya ada beberapa pelanggaran yang terjadi yaitu kurangnya tanggung jawab, kedisiplinan dan kerja sama.
    Kurangnya tanggung jawab yaitu ada beberapa pegawai yang masih bersantai – santai dalam bekerja, kurangnya kedisiplinan, yaitu ada pegawai yang malah berdandan dikantor dan kurangnya respect terhadap teman sesama kantor. Kurangnya kerjasama yang saya maksud adalah tentang kinerja Ani, memang dia berhasil menyukseskan proyek, tapi menurut saya lebih bagus lagi kalau dia bisa mengerjakan tugas – tugasnya bersama pegawai lain dan menghilangkan sifat individul nya. Orang yang paling betanggung jawab dalam proyek tersebut sudah jelas Ani, karena memang dialah pegawai yang paling giat dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya

    Solusinya adalah pegawai yang kurang disiplin dan bertanggung jawab bisa kita tegur dan berikan sanksi yang tegas. Solusi untuk pegawainya sendiri adalah mereka harus lebih memiliki rasa tanggung jawab dan contohlah sifat Ani.

    Sanksinya ialah berupa teguran dari atasan dan bisa juga sanksi yang lebih besar lagi bila melakukan kesalahan berulang – ulang yaitu sanksinya di pecat dari kantor tersebut.

  4. 1.pelanggarannya adalah pelanggaran profesionalitas contoh
    -beberapa pegawai tidak memperhatikan apa yang di bahas saat rapat
    -berdandan dan melakukan hal lainnya yg tidak penting atau tidak berhubungan dengan pekerjaan
    2.solusinya adalah mendahulukan mengerjakan hal yang lebih penting dahulu seperti pekerjaan dan menyampingkan yang tidak terlalu penting seperti berdandan bisa dilakukan kapan saja dan saat rapat memerhatikan apa yang di sampaikan karena mungkin materi yang disampaikan itu bisa membantu menyelesaikan pekerjaan dengan baik
    3.sangsinya adalah teguran dari atasan atau bos agar dapat bekerja lebih profesional dan lebih baik lagi

    Namira laila
    X-akl
    23

  5. Cindy
    X-akl
    Absen 07
    Pelanggaran etika apa saja yang terjadi? Ketika ada yang sedang menerangkan,yang lain sibuk dengan make-up dan Main hanphone

    Siapakah Yang Berhasil dalam Proyek Tersebut!
    Ani,karna ia sangat bersungguh dlm melakukan pekerjaan

    solusinya bagaimana?jika kita ingin sukses seperti ani,kita jg hrs memiliki rasa ketidakmalesan terhadap suatu pekerjaan Dan tangggung jawab, terlebih bersungguh sungguh.

    dan apa sangsinya dalam etika yang terjadi?
    Diberi peringatan.

    1. M Renno S
      X – AKL
      (19)

      1. Pelanggaran yang terjadi pada video itu adalah kurang memperhatikan dan bertanggung jawab di saat ada seseorang sedang menjelaskan suatu proyek, bermain gadget di saat itu, berdandan mempercantik diri dan kurangnya profesional dalam hal menilai orang lain.

      2. Solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menimbulkannya kesadaran akan diri sendiri dan juga harus fokus dalam pekerjaannya, ada baiknya jika melakukan dandan atau sebagainya dilakukan dirumah agar tidak mengganggu ketika melakukan pekerjaan di tempat kerja.

      3. sanksi yang diberikan yaitu berupa teguran dari atasan bagi mereka yang melangga atau membuat kesalahan.

  6. luthfa ainissalam 18 X AKL
    etika profesi berhubungan dengan profesionalisme seorang karyawan dimana profesionalisme sendiri adalah kewajiban seorang karyawan sesuai dengan tugas dan jabatannya masing masing yang mutlak harus dipenuhi atau dilaksanakan.

    dari video tersebut terlihat para pelanggaran etika profesi yaitu:
    1. ada karyawan yang tidak mendengarkan atasan yang sedang presentasi malah fokus bercermin.
    2. karyawan kedua malah sibuk memakai kutek padahal masih di jam kantor.
    3. karyawan ketiga sibuk mempercantik diri walaupun sudah tidak ada tugas.
    para karyawan diatas tidak profesional dalam pekerjaannya masing masing.

    solusi yang harus dilakukan agar profesional dalam pekerjaannya masing masing adalah mempersiapkan diri sebelum pekerjaan dimulai.

    sangsi yang akan diberikan dalam pelanggaran etika yang terjadi di video tersebut adalah dipanggil atasan, diberi surat peringatan, dan jika terus mengulangi kesalahan bisa dipecat.

  7. Zaahir Wahyu Aji Susanto 36
    Kls X AKL
    Jawaban :
    Pelanggaran yang terjadi pada video tersebut yaitu kurang nya rasa bertanggung jawab seorang karyawan pada saat jam kerja dam sedang membahas tentang proyek yg mereka sedang kerjakan namun karyawan itu tidak fokus memperhatikan penjelasan dari direktur dia malah lebih memilih berdandan saat bekerja, kurang profesional dalam mengerjakan tanggung jawab nya dan tidak bisa mengintropeksi diri sendiri dia hanya bisa mengkritik orang lain

  8. Nama: Amos Stevano
    Kelas X-AKL

    Pelanggaran yang terjadi di video tersebut adalah
    Ketidak profesionalan para pegawai pada saat melaksanakan tugasnya,TIdak fokusnya para pegawai saat sedang melakukan diskusi tentang suatu Ada yang berdandan saat sedang berdiskusi dan juga ada yang melalaikan tugas saat sedang bekerja seperti memakai cat kuku dan memakai lipstick pada saat sedang bekerja,Bahkan ada yang mengkritik cara bekerja orang lain sedangkan dirinya sendiri belum melaksanakan tugasnya dengan benar.

    Solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menimbulkannya kesadaran akan diri sendiri dan juga harus fokus dalam pekerjaannya, ada baiknya jika melakukan dandan atau sebagainya dilakukan dirumah agar tidak mengganggu ketika melakukan pekerjaan di tempat kerja

    Sanksi yang dikenakan adalah mendapatkan teguran/peringatan dari atasan atas ketidak profesionalan para pegawai dengan tugasnya.Dengan harapan tidak mengulanginya lagi.

  9. • Pelanggaran etika apa saja yang terjadi?
    Dalam video ini saya melihat terdapat beberapa pelanggaran yaitu :
    1. seharusnya dalam bekerja pekerja harus bertanggung jawab dan profesional saat menjalankan tugasnya jangan jika bekerja malah mewarnai kuku dan ber make up an itu berarti melalaikan tugas .
    2. Lalu saat sedang rapat harusnya para pekerja memperhatikan dan mencatat apa yang penting tetapi disini malah ada yang asik bercermin dan membenarkan rambut , perbuatan ini menurut saya tidak sopan dan tidak menghargai orang yang sedang mempresentasikan

    • solusinya bagaimana?
    Solusinya yaitu dengan membenahkan diri berusaha keras agar hasil yang didapatkan maksimal dan juga kualitas jasa yang pekerja hasilkan bisa tinggi . Oleh karena itu dalam melakukan atau melaksanakan pekerjaan , para pekerja haruslah, sopan , profesional , bertanggung jawab serta menghormati orang lain agar para pemakai jasa pekerjaan ini makin percaya dengan perusahaan tersebut. Kemudian para atasan juga bisa memberikan Sanski agar para pekerja ini sadar akan kesalahan yang mereka perbuat

    • Dan apa sangsinya dalam pelanggaran etika yang terjadi.
    Sangsinya akan dipanggil dan mendapatkan tegoran dari pimpinannya , setelah itu bisa juga terkena pengurangan gaji jika perbuatan tersebut diulang ulang dan tidak ada perubahan dari pekerja tersebut

    1. Nama : Primandha Rachma Auzia
      Absen : 26
      Kelas : X-AKL

  10. Nama : Bunga Nirwana Azzahra
    kelas : X-AKL
    No Absen : 05

    Pada video di atas kita bisa lihat bahwa permasalahnya yaitu pada saat rapat masih ada yang sibuk dengan riasannya, pada saat jam kerja masih banyak yang sibuk dengan tataan kukunya dan masih ada yang sibuk mengurusi pekerjaan orang lain. Kegiatan itu semua melanggar etika dalam bekerja.

    Solusinya adalah dengan meningkatkan dan menumbuhkan rasa profesional dalam bekerja, jangan hanya sibuk mengurusi diri sendiri dan kepentingan orang lain. Karena tanpa sepengetahuan kita, banyak orang lain yang berusaha lebih keras dari kita dan lebih profesional dan banyak orang yang hanya melihat sampul luar dari orang lain padahal kita tidak tahu apa yang sedang dia usahakan dengan sungguh-sungguh.

  11. Nama : daevina yaerani
    Kelas : X-akl

    Pelanggaran yang terjadi adalah pada saat rapat berlangsung terdapat beberapa karyawan yang tidak memperhatikan dan mengabaikan rapat tersebut karena sibuk dengan urusan meraka sendiri.
    Solusi yang bisa didapatkan adalah bahwa karyawan tersebut harus lah bisa ber intropeksi diri atas kesalahan yang dia perbuat sendiri sehingga meraka tidak melakukan hal tersebut untuk yang ke 2x nya lagi.
    Sanksi yang terdapat adalah mendapat teguran dari atasan mereka agar karyawan² tersebut berhenti dengan kesibukan masing² dan dapet mengikuti rapat dengan benar sesuai peraturan yang ada

  12. Nama = Camilla Putri Syahirah (6)
    Kelas = X- AKL

    Pelanggaran etika yang dilakukan:
    – Memainkan ponsel pada saat rapat sedang berlangsung dan tidak memerhatikannya
    – Terdapat karyawan yang sedang menyisir rambut padahal sedang melakukan rapat
    – Terdapat karyawan yang dengan sengaja menggunakan kutek saat jam kerja dan membuat dia mengabaikan pekerjaannya
    – Terdapat karyawan yang berdandan dengan memakai lisptik serta sibuk mengurusi pekerjaan karyawan lain
    – Kurangnya sikap dalam bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan tidak profesional

    Siapa yang berhasil dalam proyek itu?
    = Yang berhasil dalam proyek tersebut adalah ani, karena dia sudah bekerja keras untuk menyukseskan proyek ini. Ani tetap tekun untuk berusaha menyelesaikan proyek ini walaupun sudah dipandang buruk oleh karyawan lain.

    Solusinya:
    Memotivasi mereka supaya dapat meningkatkan kinerja keryawan dengan harapan akan ada perubahan kedepannya dan jangan menilai seseorang profesional hanya dari apa yg terlihat tanpa tahu bahwa sebenarnya orang tersebut bekerja lebih keras dan profesional darpada kita

  13. Nama; Sabrina Alifia Maulidia
    Kelas; X-AKL
    No absen; 29
    pelanggaran etika yang terjadi ;
    seorang karyawan yang tidak mendengarkan saat bekerja semisalnya ( menyisir saat sedang rapat, bermain handphone saat sedang rapat), dan ada juga karyawan yang merias diri saat sedang bekerja semisal (memakai cat kuku dan ada juga yang memakai lipstik)
    solusinya adalah ; sebaiknya merias diri dirumah saja atau sebelum berangkat kerja dan mendengarkan saat seseorang presentasi tidak main handphone atau merias diri agar menghargai orang tersebut.
    sanksi yang didapat adalah teguran dari atasan yang lebih tinggi pangkatnya.

  14. pelanggaran etika yang terjadi: karyawan lebih mementingkan kualitas berpenampilan daripada kualitas dalam menyelesaikan pekerjaan. ketidak fokusan pegawai saat bekerja dimulai dari karyawan yang bercermin saat rapat berlangsung, memakai riasan yang berlebihan serta merendahkan orang lain yang dapat membuat proyek perusahaan tidak berjalan lancar.
    solusinya adalah, menambah ke profesional an karyawan dengan melarang karyawan melakukan sesuatu yang tidak berkepentingan selama jam kerja berlangsung. jika ada yg melanggar sekali perusahaan bisa memberikan toleransii, namun jika tetap seperti itu, ada baiknya perusahaan memberi denda atau potongan gaji sesuai pelanggaran yang telah dilakukan karyawan

  15. irma Febriani 16

    pelanggaran yang di lakukan di situ adalah seperti menggunakan cermin pada saat meeting, menggunakan ponsel saat meeting, dan menggunakan lipstik saat bekerja. lalu mereka mengatakan kepada juniornya yang menggunakan hp dan membrowsing ”hei kamu kerjanya lebih profesional dong”…. Memang tidak sepenuhnya salah. karena, junior mereka memang melakukan itu di tengah pekerjaan mereka. namun yang sebenarnya terjadi, junior mereka itu sedang melakukan pekerjaan nya. malahan yang lebih tidak profesional adalah mereka yang menggunakan cermin dan memakai lipstik dan kutek. jadi jangan menghakimi orang lain, mungkin mereka punya cara tersendiri untuk melakukan pekerjaan nya

  16. Nama : Shafiliah sany
    Absen : 31

    Pelanggaran yang dilakukan
    1. Tidak berperilaku sopan terhadap atasan yang sedang bicara didepan bukannya mendengarkan tetapi sibuk mengurusi penampilan.
    2. Terlalu sibuk dengan penampilan/riasan wajah dan mengkritik seseorang .

    Solusi untuk permasalahan tersebut :
    1. Berusaha untuk menghargai orang lain
    2. Lebih fokus saat bekerja
    3. Jangan menganggap remeh suatu pekerjaan
    4. Usahakan tidak menilai seseorang hanya dengan satu hal yang kita lihat dari orang tersebut
    5. Biasakan mengintropeksi diri terlebih dahulu sebelum mengkritik orang lain

    Sanksi yang diterima adalah mendapat nasihat dan teguran agar tidak mengulangi nya.

  17. X-AKL
    Absen 14

    Pelanggaran yang terjadi ialah: saat rapat dan ada yang menerangkan masih terdapat pegawai yang sibuk dengan urusan pribadi, pulang kerja saat belum jamnya, selalu negatif thinking pada teman sendiri padahal belum tentu kita lebih baik daripada seseorang yang kita tuduh.
    Solusinya kita bisa menegur sesorang yang melanggar aturan etika profesi, saat rapat sebaiknya dahulukan kepentingan perusahaan dibanding kepentingan pribadi.
    Sanksi yang dapat dikenakan berupa peringatan, pemblokiran bahkan dapat terkena hukum pidana jika pelanggaran yang dilakukan berat.

  18. Ayu Widia Pratiwi(03)
    X-AKL
    Seorang akuntan dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai profesional, harus senantiasa menggunakan pertimbangan moral dan profesional terhadap semua kegiatan yang dilaksanakannya. Anggota memiliki tanggung jawab kepada pemakai jasa mereka dan tanggung jawab untuk bekerja sama dengan sesama anggota demi mengembangkan profesi akuntansi serta memelihara kepercayaan masyarakat. Semua usaha tersebut diperlukan untuk memelihara dan meningkatkan tradisi profesi.

    pelanggaran etika yang terjadi yaitu kurangnya sikap tanggung jawab yang dimiliki Ani, karena setiap anggota memiliki tanggung jawab untuk memakai jasa mereka dan bertanggung jawab untuk bekerja sama dengan sesama anggota demi mengembangkan profesi akuntansi serta memelihara kepercayaan masyarakat. Yang dilakukan Ani sudah benar jika ia bekerja keras atas pekerjaannya tetapi dia kurang bekerja sama dengan sesama anggota sehingga kurangnya rasa kerja sama antar anggota. Dan pelanggaran lain yaitu kurangnya sikap profesional pada setiap anggota saat bekerja.
    solusi yang tepat adalah mengembangkan sikap saling bekerja sama dan mendukung antar anggota, dan menanamkan sikap profesional pada setiap anggota. sanksi yang diberikan yaitu berupa teguran dari atasan bagi mereka yang melangga atau membuat kesalahan.

  19. Nama : pranidya kania amanda (25)
    X – AKL

    1)pelanggaran apa yang terjadi
    – tidak fokus pada pekerjaan
    – tidak menyimak apa yang sedang dijelaskan
    -tidak profesional dalam suasana meeting hal tersebut sudah merupakan pelanggaran etika

    2) solusi
    – sebaiknya dalam dunia kerja harus memahami etika
    – bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas
    – dan lebih fokus mendengarkan serta berdiskusi tentang apa yang tadi dijelaskan

    3) sangsi yang didapatkan:
    Ditegur secara halus oleh atasan, atau diberi peringatan kecil, akan dipandang buruk oleh karyawan lain

  20. Nama: Tsalsa SuciHarini
    Kelas: X-AKL
    Absen: 33

    1. Pelanggaran etika yang terjadi dalam video tersebut adalah, masih banyak pekerja saat sedang melakukan rapat tidak memperhatikan dengan serius apa yang sedang dibicarakan karena terlalu fokus pada penampilan dan lalai dalam tanggung jawabnya sendiri sebagai seorang karyawan.
    2. Solusi nya, jika kita di tempat pekerjaan sebisa mungkin menghilangkan kebutuhan pribadi kita, fokuslah dengan apa yang kita kerjakan karena itu adalah tanggung jawab besar yang diberikan kepada kita dan harus dilaksanakan dengan maksimal.
    3. Sanksi yang mungkin diterima adalah mendapat peringatan dari tempat kerja atau yang lebih parah lagi jika terus seperti itu bisa saja dikeluarkan dari tempat pekerjaan itu.

  21. pelanggran etika profesi yang terjadi pada video di atas adalah :
    1.ada beberapa pegawai yang tidak fokus saat rapat dimulai seperti ada yang berkaca saat rapat dan ada yang bermain saat rapat sedang berlangsung.
    2.ada pegawai yang sedang memakai kutek saat jam kerja dimulai
    3.Dan ada pegawai yang sedang memakai lipstik di bibir nya saat bekerja
    Solusi untuk masalah ini adalah ketika ya harus bisa meniru sikap tokoh Ani.Dia selalu fokus saat bekerja di kantor dan juga di luar kantor.Ani memiliki kemampuan yang hebat dari segi hal manapun sehingga bisa membuat perusahaan kerja sukses.
    Sangsi yang diberikan kepada para pegawai yang melanggar aturan etika profesi adalah yang pertama diberikan teguran oleh atasannya,kedua menerima sp (surat peringatan) dari kantor,dan yang ketiga jika tidak bisa menjalankan aturan etika profesi dan selalu membuat kesalagan terus menerus maka akan dikeluarkan dari tempat kerja.

  22. Nur azizah (24)
    X-AKL

    pelanggaran
    Pelanggaran yang terjadi, kurangnya tanggung jawab. Pada saat orang sedang melakukan penjelasan mengenai proyek yang akan di lakukan, perilaku karyawan tersebut tidak memperhatikan dan mendengarkan penjelasan tersebut. mereka juga sibuk berdandan saat bekerja serta kurangnya profesional dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan mereka. Justru mereka mengkritik orang lain padahal diri mereka sendiri juga seperti itu

    solusi
    lebih bertanggung jawab dalam pelerjaan dan profesional dalam menjalankan tugas, serta tidak selalu mengkritik orang lain.

    sanksi pelanggaran
    Mendapat peringatan, si pelaku akan mendapatkan peringatan halus

  23. Kanaya Lintang (17)
    X — AKL
    Selasa, 8 Agustus 2020

    Didalam video tersebut menjelaskan pentingnya Etika Profesi, dalam menjalakan pekerjaan.

    1. Pelanggaran etika apa saja yang terjadi?
    Jawab :
    – Ada beberapa karyawan yang tidak bertanggung jawab dalam pekerjaannya, seperti :
    a. Tidak menyimak isi rapat.
    b. Tidak mementingkan pekerjaan dan malah mementingkan penampilan.
    c. Menghabiskan waktu cuma-cuma dalam bekerja, tidak sungguh-sungguh.

    2. Solusinya bagaimana?
    Jawab :
    Solusi,
    1. Tumbuh Kesadaraan dari diri sendiri untuk memperbaiki etika dalam melakukan pekerjaan
    2. Di berikan Sanksi dari perusahaan jika ada karyawan yang tidak profesional dalam bekerja
    3. Perusahaan memberikan hadiah atau imbalan lebih tiap bulannya, untuk para karyawan yang rajin bekerja. Untuk membangun semangat bekerja para karyawannya.

    3. Apa sangsinya dalam pelanggaran etika yang terjadi?
    Jawab :
    – Penilaian buruk dari kepala perusahaan.
    – Malu pada diri sendiri, karena telah melakukan kesalahan saat bekerja.

  24. Nama : Salsabila Eka Putri
    Kelas : x-akl
    No.absen : 30
    Jawaban : pelanggaran yang terjadi di dalam video itu adalah karyawan ada yang mengaca pada saat rapat terjadi, memakai kutek saat bekerja, dan memakai lipstick saat bekerja, mengomentari pekerjaan orang lain yang belum tentu kita lebih baik dibanding dia. Itu merupakan suatu pelanggaran karena menyalahkan etika yaitu etika integritas dan independen.
    Solusi nya adalah lebih mempersiapkan segala sesuatu nya dari rumah seperti menyisir dan berkaca, memakai lipstick dan kutek, jadi saat jam kerja tidak lagi berdandan apalagi saat jam kerja.Agar kita lebih terlihat lebih profesional.
    Sanksi yang biasa nya diberikan biasa nya hanya sanksi ringan seperti teguran dari atasan atau biasa nya yang lebih berat adalah SP. Biasa nya yang terkena SP jika sudah melewati batas.

  25. Mulyana
    X-AKL (20)

    Tidak disiplin dalam berkerja,dan tidak menggunakan waktu luang dengan baik

    Jadikan rasa disiplin sebagai tanggung jawab sehari-hari,dan berusaha untuk menggunakan waktu luang dengan baik dengan mengerjakan tugas-tugas ringan yang ada.

    Sedikitnya ada 2 jenis sanksi, yaitu:
    a. Sanksi moral
    b. Sanksi dikeluarkan dari organisasi

  26. Nama : Najwa Adhwa Ramadhani (22)
    Kelas : X-AKL

    1. Pelanggarannya dari video adalah kurang memperhatikan dan bertanggung jawab di saat ada seseorang sedang menjelaskan suatu proyek, bermain gadget di saat itu, berdandan mempercantik diri dan kurangnya profesional dalam hal menilai orang lain.
    2. Solusinya, sebaiknya lebih mempercayai tindakan satu sama lain dan menyimak apa yang harusnya di simak lalu juga mempersiapkan semua dari awal sehingga tidak menimbulkan pelanggaran yang akan didapatkan nantinya.
    3. Sanksi yang di dapat berupa teguran atau surat peringatan dari pihak atasan yang sedang mengikuti kegiatan tersebut.

  27. Nama : Faisal Setiawan
    Kelas : X – AKL
    No. Absen : 10
    Pelanggaran yang terjadi pada video itu adalah kurangnya tanggung jawab perilaku karyawan pada saat dijelaskan mengenai proyek etapi mereka tidak terlalu memperhatikan, berdandan saat bekerja, kurang profesional dalam mengerjakan tugas mereka dengan mengkritik orang lain padahal diri mereka sendiri belum menyelesaikan tugas tersebut, kurangnya integritas dan kurangnya kepercayaan terhadap sesama rekan kerja. Solusi nya ialah lebih meningkatkan kepercayaan terhadap rekan kerja, lebih bertanggung jawab dan profesional dalam menjalankan tugas, menyimak dengan baik proyek yang akan dikerjakan, mendiskusikan mengenai proyek yang akan dilaksanakan dan tidak mengkritik orang lain. Sanksi yang diterima yaitu mendapat peringatan, pada tahap ini, si pelaku akan mendapatkan peringatan halus, misalnya jika seseorang menyebutkan suatu instansi terkait (namun belum parah tingkatannya) bisa saja ia akan menerima email yang berisi peringatan, jika tidak diklarifikasi kemungkinan akan berlanjut ke tingkat selanjutnya, seperti peringatan keras ataupun lainnya

  28. Pelanggaran etika yang terjadi adalah: 1.Karyawan ada yang menyisir rambut saat sedang rapat,ada yang menggunakan kutek pada saat jam kerja,dan ada yang menggunakan lipstick saat kerja.pelanggaran tersebut melanggar etika yaitu etika independen,dan integritas. Solusinya adalah:Melakukan penyiapan diri secara lebih siap saat masih berada di rumah jadi tidak perlu mempercantik diri saat jam kerja berlangsung.
    Sangsi dalam pelanggaranya adalah ditegor oleh atasan,dikenakan SP(surat peringatan) bila sudah melakukan kesalahan lebih dari 3 kali.

  29. Nama : Nadifa Riski Eka Safitri
    Kelas : X AKL
    Absen 21
    Jawaban : Pelanggaran yang terjadi pada video tersebut yaitu kurang bertanggung jawabnya perilaku karyawan pada saat dijelaskan mengenai proyek mereka tidak terlalu memperhatikan, berdandan saat bekerja, kurang profesional dalam mengerjakan tugas mereka mengkritik orang lain padahal diri mereka sendiri belum menyelesaikan tugas tersebut, kurangnya integritas dan kurangnya kepercayaan terhadap sesama rekan kerja. Solusi nya yaitu lebih meningkatkan kepercayaan terhadap rekan kerja, lebih bertanggung jawab dan profesional dalam menjalankan tugas, menyimak dengan baik proyek yang akan dikerjakan, mendiskusikan mengenai proyek yang akan dilaksanakan dan tidak mengkritik orang lain. Sanksi yang diterima yaitu mendapat peringatan, Pada tahap ini, si pelaku akan mendapatkan peringatan halus, misal jika seseorang menyebutkan suatu instansi terkait (namun belum parah tingkatannya) bisa saja ia akan menerima email yang berisi peringatan, jika tidak diklarifikasi kemungkinan untuk berlanjut ke tingkat selanjutnya, seperti peringatan keras ataupun lainnya

  30. Nama :Huldani Ansah
    Kelas : X AKL

    1.Pelanggaran Etika Apa saja Yang Terjadi!
    -tidak Fokus Kepada Rapat Yang di bincang karena Ada Yang Mengaca Dan Ada Pula Yang Bermain Handphone
    -Bergaya ( Berdandan) Saat Bekerja di Depan Komputer
    -Tidak Fokus Kepada Suasana Dan Terlalu Sibuk Memikirkan Orang lain

    Siapakah Yang Berhasil dalam Proyek Tersebut!

    – Yang Berhasil dalam Proyek tersebut Adalah Ani, Karena Ani Adalah Orang yg selalu Berusaha dalam Segi Hal Apapun, Baik di kantor maupun di luar kantor, Untuk Bisa Berhasil Mendapatkan kesuksesan Dari Proyek Tersebut

    Solusi Nya Lalu Bagaimana Supaya Bisa Berhasil Seperti Ani?

    – Supaya Bisa Berhasil Seperti Ani Teman Teman Ani seharus nya Lebih giat lagi Dalam Bekerja dan Fokus kepada pekerjaan nya Sendiri yang sudah di berikan oleh Atasan, Jangan Kebanyakan Bergaya ( Berdandan), Jangan Kebanyakan Melihat Orang Lain, Jangan Kebanyakan Bermain Handphone Yang Tidak Penting

  31. pelanggaran etika akuntansi manjamenen dalam bidang bisnis. Hal itu disebabkan adanya kelalaian, kecurangan, atau kesalahan yang dilakukan oleh seorang akuntan. Salah satu contoh kasus yang terjadi beberapa tahun silam yakni

    “Banyak pegawai yang tidak melakukan perilaku yang kurang baik saat bekerja sehingga dapat menimbulkan konflik dengan satu teman yang sangat serius mengerjakan tugas nya sehingga perusahaannya berhasil dengan sukses yg dijalankan oleh ani”ketimbang temannya yang berperilaku kurang baik”

    1. Surya Adhiwinata
      Absen : 32 ( X-AKL )

      1.Pelanggaran Etika Apa saja Yang Terjadi!
      -karyawan tersebut tidak fokus Kepada Rapat Yang di bincang karena Ada Yang Mengaca Dan Ada Pula Yang Bermain Handphone
      -Berdandan Saat Jam kerja di depan komputer
      -selalu menilai org sedangkan diri sendiri juga tidak baik.

      Siapakah Yang Berhasil dalam Proyek Tersebut!

      – Dalam Proyek tersebut Adalah Ani, Karena Ani Adalah Orang yg selalu Berusaha dalam Segi Hal Apapun, Baik di kantor maupun di luar kantor, dia jga menyebarkan selembaran promosi Untuk Bisa Berhasil Mendapatkan kesuksesan Dari Proyek Tersebut

      Solusi Nya Lalu Bagaimana Supaya Bisa Berhasil Seperti Ani?

      – Supaya Bisa Berhasil Seperti Ani Teman Teman Ani seharus nya Lebih giat lagi Dalam Bekerja dan Fokus kepada pekerjaan nya Sendiri yang sudah di berikan oleh Atasan, Jangan Kebanyakan Bergaya ( Berdandan), Jangan Kebanyakan Melihat Orang Lain, Jangan Kebanyakan Bermain Handphone Yang Tidak Penting
      Lakukan yg baik dan fokus terhadap pekerjaan.

Comments are closed.