KONSEP AKUNTANSI

Assalamualaikum,wr.wb

Selamat Pagi Semua

Hari ini, kalian mereview kembali materi sebelumnya yang sudah ibu ringkas dalam materi ini. Setelah kalian memahami kalian kerjakan latihan yang ada di lembar terakhir materi ini. Tulislah jawaban kalian di komentar

KONSEP DASAR AKUNTANSI

35 Replies to “KONSEP AKUNTANSI”

  1. Nama:Ferdiyansyah
    Kelas: X-AKL
    no absen:12

    1.kesatian akuntansi berarti data dan informasi yg di sajikan dalam laporan keuangan harus jelas menyebutkan unit atau perusahaan yg di laporkan.data dan informasi juga harus bukan merupakan laporan keuangan jika tanpa adanya unit yg melaporkan.

    2.kesinambungan perusahaan dimaksudkan bahwa akuntansi diperlukan oleh pihak yg berkepentingan karena didasarkan pada asumsi kesinambungan usaha.bila usaha yg dimaksudkan hanya untuk beberapa hari atau bulan saja,maka informasi akuntansi menjadi sangat tidak berarti.

    3.priode akuntansi berkaitan dengan pelaporan informasi keuangan untuk perusahaan yg berkesinambungan dan di bagi ke dalam periode dalam bentuk laporan keuangan.

    4.informasi akuntansi yg disajikan harus memiliki keseragaman bahasa yaitu nilai uang.tanpa adanya keseragaman dengan uang,maka informasi akuntansi yg disajikan tidak dapat dibandingkan satu sama lain karena satuan unit pengukurannya berbeda-beda.

    5.harta kekayaan yg di peroleh haruslah di catat pada saat perolehannya.nilai yg dibayarkan untuk memperoleh harta kekayaan tersebut merupakan nilai yg akan di catat dalam laporan keuangan.

    6.pelaporan pendapatan dan biaya harus jelas menunjukan periode ketika harus dilaporkan dan dikaitkannya dengan aktiva dan hutang yg bersangkutan.

  2. Mulyana
    X-AKL(20)
    Hadir

    Nama: Mulyana
    Kelas : X-AKL
    No Absen 20
    Konsep dasar akuntansi

    1.sebutkan perbedaan antara Firma dan CV !
    1. Bidang dan jenis usaha
    2. Pendiri dan pengurus perusahaan
    3. Mitra bisnis
    4. Pengelolaan dan pelaksanaan usaha
    5. Risiko bisnis

    2. Gambar dan jelaskan tentang siklus kegiatan perusahaan !

    Dalam siklus ABCD seperti yang terdapat dalam Gambar 1 di atas, pergerakan dari A ke B dan dari C ke D mennggambarkan kegiatan ekonomi yang sedang mengalami kemunduran. Sedangkan pergerakan dari B ke C dan dari D ke E menggambarkan kegiatan ekonomi yang mengalami pertumbuhan.

    3.Apakah perbedaan antara perusahaan jasa dan perusahaan dagang ?
    Perusahaan dagang memperoleh produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk di jual kembali. Perusahaan ini hanya melakukan penjualan kembali dan mengambil selisih penjualan sebagai keuntungan bisnis.Sedangkan perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan.

    4.jelaskan kelebihan dan kekurangan mendirikan perusahaan perorangan !
    A. Kelebihan perusahaan perseorangan adalah:
    1.Seluruh laba menjadi miliknya. Bentuk perusahaan perseorangan memungkinkan pemilik menerima 100% laba yang dihasilkan perusahaan.
    2.Kepuasan Pribadi. Prinsip satu pimpinan merupakan alasan yang baik untuk mengambil keputusan.
    3.Kebebasan dan Fleksibilitas. Pemilik perusahaan perseorangan tidak perlu berkonsultasi dengan orang lain dalam mengambil keputusan.
    4.Sifat Kerahasiaan. Tidak perlu dibuat laporan keuangan atau informasi yang berhubungan dengan masalah keuangan perusahaan. Dengan demikian masalah tersebut tidak dapat dimanfaatkan oleh pesaing.
    B.kelemahan perusahaan perseorangan adalah :
    1.Tanggung jawab pemilik tidak terbatas. Artinya seluruh kekayaan pribadinya termasuk sebagai jaminan terhadap seluruh utang perusahaan.
    2.Sumber keuangan terbatas. Karena pemiliknya hanya satu orang, maka usaha-usaha yang dilakukan untuk memperoleh sumber dana hanya bergantung pada kemampuannya.
    3.Kesulitan dalam manajemen. Semua kegiatan seperti pembelian, penjualan, pembelanjaan, pengaturan karyawan dan sebagainya dipegang oleh seorang pimpinan. Ini lebih sulit apabila manajemen dipegang oleh beberapa orang.
    4.Kelangsungan usaha kurang terjamin. Kematian pimpinan atau pemilik, bangkrut, atau sebab-sebab lain dapat menyebabkan usaha ini berhenti kegiatannya.

    5.Perusahaan A mempunyai modal untuk beroperasi adalah Rp. 50.000,- dan Laba Bersih Rp. 10.000,-
    Sedangkan perusahaan B mempunyai Modal untuk beroperasi adalah Rp. 200.000,- dengan Laba Bersih Rp. 20.000,-
    Perusahaan manakah yang memiliki kinerja lebih baik ? Berikan Alasan !
    rentabilitas = kemampuan perusahaan menghasilkan laba
    rumus rentabilitas = Laba/ modal. X 100
    perusahan A = 10.000/50.000. X 100
    rentabilitas A = 20%
    perusahaan B = 20.000/200.000. X 100
    rentabilitas B = 10%

    berarti perush A yg memiliki kinerja lebij baik

    1. 1. Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya
      CV/Persekutuan Komanditer adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.

      2. pemilik dan kreditur mempunyai perusahaan memperoleh uang tunai yang dimana perusahaan merubah tunai menjadi aktiva produksi seperti pabrik, peralatan, dll. kemudian perusahaan menghasilkan barang dan jasa menggunakan aktiva produksi dan tenaga kerja kemudian menghasilkan barang dan jasa, lalu juga perusahaan menjualkan barang dan jasa itu sehingga memperoleh uang tunai kemudian perusahaan membagi keuntungan pada pemilik dan kreditur.

      3. perusahaan jasa kegiatan usahanya adalah memberikan pelayanan jasa kepada konsumen sedangkan perusahaan dagang kegiatan usahanya membeli barang kemudian menjualnya kembali ke masyarakat.

      4. • Kelebihan : relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan, tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi, tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan retribusi, seluruh keuntungan dinikmati sendiri.
      * Kekurangan : sumber keuangan terbatas, kesulitan manajemen, kelangsungan usaha kurang terjamin.

      5. perusahaan yang memiliki kinerja yang baik adalah perusahaan A. Karena dengan modal 1/4 dari perusahaan B, bisa mendapat laba bersih lebih banyak daripada perusahaan B.

  3. Nama: Amos Stevano
    Kelas : X-AKL
    Absen :1

    1.Sebutkan Perbedaan firma dan cv!
    Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.Sedangkan CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.
    2.Gambar dan jelaskan siklus kegiatan perusahaan!
    Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun.
    Jika terjadi kemunduran yang serius maka akan menimbulkan masalah pengangguran, sedangkan jika terjadi perkembangan ekonomi yang terlalu besar akan menimbulkan kenaikan harga-harga atau lebih dikenal dengan istilah inflasi.
    3.Apakah perbedaan perusahaan jasa dan perusahaan dagang?
    Perusahaan dagang kegiatan usahanya yaitu membeli barang dari produsen kemudian dijual kembali ke masyarakat dan memperoleh keuntungan dari selisih antara harga beli dan harga jualnya.
    Perusahaan jasa adalah perusahaan yang memberikan layanan jasa, perusahaan jasa ini sangat mudah kita jumpai di lingkungan sekitar kita misalnya salon, reparasi, kurir dan juga pengacara atau guru.
    4,jelaskan kelebihan dan kekurangan mendirikan perusahaan perseorangan!
    Keuntungan:
    -Seluruh laba menjadi miliknya.
    -Kepuasan Pribadi. Prinsip satu pimpinan merupakan alasan yang baik untuk mengambil keputusan.
    – Pemilik perusahaan perseorangan tidak perlu berkonsultasi dengan orang lain dalam mengambil keputusan.
    -Sifat Kerahasiaan. Tidak perlu dibuat laporan keuangan atau informasi yang berhubungan dengan masalah keuangan perusahaan. Dengan demikian masalah tersebut tidak dapat dimanfaatkan oleh pesaing.
    Kekurangan:
    -Sulit mengatur perusahaan karena hanya diatur sendiri
    -Memiliki beban tanggung jawab yang besar
    -Keuntungan yang kecil yang terkadang harus mengorbankan pengeluaran yang lebih besar
    5.Perusahaan A=10.000/50.000×100%=20%

    Perusahaan B= 20.000/200.000×100%=10%
    Artinya Perusahaan A yg memiliki kinerja lebih baik, karena kemampuan menghasilkan laba lebih banyak.

  4. 1. Perbedaan CV dan Firma
    •Firma merupakan persekutuan bisnis yang terdiri dari 2 orang atau lebih dengan tanggung jawab yang terbagi rata.
    •Sedangkan CV terbagi atas 2 sekutu, yaitu sekutu pasif dan sekutu aktif.
    Umumnya CV memiliki bidang usaha yang lebih luas dibandingkan firma dan biasanya menjalankan usaha kecil dan menengah (UKM). Sedangkanfirma merupakan badan usaha yang menawarkan jasa konsultasi kepada para kliennya.
    2. Siklus kegiatan perusahaan
    Siklus kegiatan perusahaan adalah pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan di dalam jangka panjang. Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun.
    3. Perbedaan perusahaan jasa dan dagang
    Perusahaan dagang memperoleh produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk di jual kembali. Perusahaan ini hanya melakukan penjualan kembali dan mengambil selisih penjualan sebagai keuntungan bisnis. Sedangkan perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan.
    4. Kelebihan:
    – Seluruh laba menjadi miliknya.
    -Kepuasan Pribadi.
    -Kebebasan dan Fleksibilitas.
    -Sifat Kerahasiaan.

    Kekurangan:
    – Tanggung jawab pemilik tidak terbatas. Artinya seluruh kekayaan pribadinya termasuk sebagai jaminan terhadap seluruh utang perusahaan.
    -Sumber keuangan terbatas. Karena pemiliknya hanya satu orang, maka usaha-usaha yang dilakukan untuk memperoleh sumber dana hanya bergantung pada kemampuannya.
    •Kesulitan dalam manajemen. Semua kegiatan seperti pembelian, penjualan, pembelanjaan, pengaturan karyawan dan sebagainya dipegang oleh seorang pimpinan. Ini lebih sulit apabila manajemen dipegang oleh beberapa orang.
    •Kelangsungan usaha kurang terjamin. Kematian pimpinan atau pemilik, bangkrut, atau sebab-sebab lain dapat menyebabkan usaha ini berhenti kegiatannya.
    5. perusahan A = 10.000/50.000. X 100
    rentabilitas A = 20%
    perusahaan B = 20.000/200.000. X 100
    rentabilitas B = 10%

    Perusahaan A memilikinkinerja yang lebih baik karena persentase laba lebih besar dibanding perusahaan B.
    Hadirrrrrrr

  5. Nama : shafiliah sany (31)

    1) Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya, sedangkan CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebihdengan keterlibatan berbeda Satu pihak dalam CV mengelola usaha secara aktif yang melibatkan harta pribadi dan pihak lainnya hanya menyertakan modal saja tanpa harus melibatkan harta pribadi ketika krisis finansial.
    Cv juga memiliki bidang usaha yang lebih luas diabanding firma.

    2) Pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan di dalam jangka panjang dinamakan konjugtur atau siklus kegiatan perusahaan (business cycle). Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun.

    3) perusahaan jasa dan perusahaan dagang adalah perusahaan jasa kegiatan usahanya adalah memberikan pelayanan jasa kepada konsumen sedangkan perusahaan dagang kegiatan usahanya membeli barang kemudian menjualnya kembali ke masyarakat.

    4) kelebihan perusahaan perseorangan :
    a. Relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan
    b. Seluruh keuntungan dinikmati sendiri
    c. Jangka waktu badan usaha tidak terbatas atau seumur hidup

    kekurangan perusahaan perseorangan :
    a. Tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi
    b. Sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri
    c. Keuntungan yang kecil yang terkadang harus mengorbankan penghasilan yang lebih besar

    5. perusahan A =
    10.000/50.000 x 100
    = 1/5 x 100 = 20
    rentabilitas A = 20%
    perusahaan B =
    20.000/200.000 x 100
    = 1/10 x 100 = 10
    rentabilitas B = 10%

    Jadi perushaan A yg memiliki kinerja lebih baik

  6. Ayu Widia Pratiwi (03)
    X-AKL
    Jawaban :
    1. -Umumnya CV memiliki bidang usaha yang lebih luas dibandingkan dengan firma yang biasanya menjalankan usaha kecil atau menengah (UMK)
    – Firma bergerak di bidang pelayanan jasa atau konsultan sedangkan CV merupakan badan usaha yang termasuk dalam usaha kategori kecil
    – orang-orang yang tergabung dalam Badan Usaha jenis Firma semuanya berperan aktif sedangkan CV ,ada yang berperan aktif Ada yang berperan pasif
    2.Pertama pemilik memiliki modal untuk perusahaan lalu perusahaan meminjam uang pada kreditur untuk menambah modal perusahaan. Setelah itu, perusahaan memperoleh uang tunai dari pemilik dan kreditur untuk mengubah uang tunai menjadi aktiva produksi untuk melaksanakan kegiatan menghasilkan barang dan jasa. Dari aktiva produksi berlanjut ke pabrik peralatan dan lain-lain yang dibutuhkan perusahaan. Lalu perusahaan menghasilkan barang dan jasa dengan menggunakan bahan baku, aktiva produksi, tenaga kerja, jasa pihak ketiga, dan lain-lain. setelah menghasilkan barang dan jasa perusahaan menjual barang atau jasa kepada langganan dan pada akhirnya perusahaan mendapatkan uang tunai. Lalu modal yang didapat dibagikan oleh perusahaan kepada pemilik perusahaan dan mengembalikan pinjaman kepada kreditur.
    3.Perusahaan jasa mencari keuntungan dengan memberikan pelayanan kepada konsumen, sehingga mereka akan mendapatkan upah, Sedangkan perusahaan dalam memperoleh keuntungan nya dengan menjual produk yang dibeli oleh produsen, sehingga memperoleh keuntungan dari selisih antara harga beli dan harga jual
    5. perusahaan A = 10.000/50.000 = 1/5 x 100% = 20%
    perusahaan B = 20.000/200.000 = 1/10 x 100% = 10%
    Jadi, perusahaan yang lebih baik adalah perusahaan A, karena perusahaan A menghasilkan keuntungan bersih senilai 20%

  7. Nama : Primandha Rachma Auzia
    Kelas : X- AKL
    Absen : 26
    Latihan Soal
    1.) Sebutkan perbedaan antara Firma dan CV
    = • CV Memiliki ciri
    – Sulit untuk menarik modal yang telah disetor
    – Modal besar karena didirikan banyak pihak
    -Mudah mendapatkan kridit pinjaman
    -Ada anggota aktif yang memiliki tanggung jawab tidak terbatas dan ada yang pasif tinggal menunggu keuntungan
    – Relatif mudah untuk didirikan
    Kelangsungan hidup perusahaan cv tidak menentu

    • Firma Memiliki Ciri
    – Apabila terdapat hutang tak terbayar, maka setiap pemilik wajib melunasi dengan harta pribadi.
    – Setiap anggota firma memiliki hak untuk menjadi pemimpin
    Seorang anggota tidak berhak memasukkan anggota baru tanpa seizin anggota yang lainnya.
    – Keanggotaan firma melekat dan berlaku seumur hidup
    – Seorang anggota mempunyai hak untuk membubarkan firma
    Pendiriannya tidak memerlukan akte pendirian
    Mudah memperoleh kredit usaha

    2.) Gambar dan jelaskan Siklus Kegiatan Perusahaan
    = Dari pemilik kemudian ke kreditur, lalu perusahaan memperoleh uang tunai dan juga membagi laba kepada pemilik dan kreditur , setelah itu uang tunai tersebut diubah oleh perusahaan menjadi aktiva produksi terdiri dari pabrik , peralatan , perlengkapan dll,perusahaan menggunakan barang dan jasa dg menggunakan bahan baku, aktiva produksi, tenaga kerja dll, setelah itu perusahaan menjual barang dan jasa menjadi uang tunai.
    Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun.
    Jika terjadi kemunduran yang serius maka akan menimbulkan masalah pengangguran, sedangkan jika terjadi perkembangan ekonomi yang terlalu besar akan menimbulkan kenaikan harga-harga atau lebih dikenal dengan istilah inflasi.
    Dalam jangka panjang ketidaksatabilan ekonomi menimbulkan ketidakpastian dan ini akan menimbulkan pengaruh buruk terhadap perkembangan ekonomi. Untuk menghindari terwujudnya masalah-masalah tersebut, berbagai usaha perlu dilakukan agar siklus kegiatan perusahaan bergerak dengan stabil.

    3.) Apakah perbedaan antara perusahaan jasa dan perusahaan dagang?
    = Perbedaan perusahaan jasa dan perusahaan dagang adalah perusahaan jasa kegiatan usahanya adalah memberikan pelayanan jasa kepada konsumen sedangkan perusahaan dagang kegiatan usahanya membeli barang kemudian menjualnya kembali ke masyarakat. Selain itu Perusahaan dagang memperoleh produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk di jual kembali. Perusahaan ini hanya melakukan penjualan kembali dan mengambil selisih penjualan sebagai keuntungan bisnis.Sedangkan perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan

    4.) Jelaskan kelebihan dan kekurangan mendirikan perusahaan perseorangan ?
    = Keuntungan Perusahaan Perseorangan

    • Keuntungan
    Mendapatkan keuntungan mutlak bagi pendirinya. Keuntungan yang dapat mencapi 100% diberikan kepada orang tersebut.

    • Kepemimpinan
    Memiliki sikap kepemimpinan, pendiri perusahaan perseorangan memiliki hak penuh dalam memipin perusahaan tanpa perlu mengikuti aturan yang berlaku pada perusahaan lain.

    • Fleksibel dan Kebebasan
    Jauh lebih fleksibel, perusahaan mutlak sepenuhnya miliki pendiri sehingga dapat menentukan kebijakan sendiri.

    • Keamanan
    Meningkatkan keamanan keuangan atau informasi perusahaan. Perusahaan perseorangan memungkinkan pendirinya tidak memerlukan laporan keuangan. Sehingga, hal ini menjadi penghambat pencurian informasi bagi pesaing perusahaan lain.

    Kerugian Perusahaan Perseorangan

    • Tanggung Jawab
    Dengan memiliki perusahaan perseorangan, tanggung jawab jauh lebih besar. Dengan perusahaan perseorangan, maka utang perusahaan juga dijamin oleh kekayaan pribadi orang tersebut.

    • Modal Terbatas
    Dengan hanya dipimpin oleh seorang, maka perusahaan kesullitan mendapat bantuan modal dari orang lain sebab hanya tergantung satu orang.

    • Manajemen Yang Lebih Sulit
    Kegiatan semacam pembelian, pemasaran, pengaturan karyawan, dan produksi hanya dilakukan oleh satu orang. Sehingga manajemen menjadi lebih sulit dilakukan.

    • Keadaan Perusahaan Kurang Terjamin
    Kehilangan seorang pemimpin atau pendiri perusahaan tanpa seorang penerus, bangkrut, tingginya utang, merupakan salah satu sebab-akibat usaha berhenti.

    5.)Perusahaan A mempunyai modal untuk beroperasi adalah Rp. 50.000,- dan Laba Bersih Rp. 10.000,-Sedangkan perusahaan B mempunyai Modal untuk beroperasi adalah Rp. 200.000,- dengan Laba Bersih Rp. 20.000,-
    Perusahaan manakah yang memiliki kinerja lebih baik ? Berikan Alasan
    = rentabilitas : kemampuan perusahaan menghasilkan laba
    rumus rentabilitas : Laba/ modal. X 100
    perusahan A : 10.000/50.000. X 100
    rentabilitas A : 20%
    perusahaan B : 20.000/200.000. X 100
    rentabilitas B :10%
    Perusahaan A Adalh perusahaan yang memiliki kinerja lebih baik

  8. 1.Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang mana terdiri dari dua orang atau lebih dan bersatu dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya. Sedangkan Perusahaan Persekutuan Komanditer (CV) adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih yang memiliki tujuan yang sama dan untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.

    2.pemilik perusahaan memperoleh uang tunai,perusahaan mengubah uang tunai menjadi aktiva produksi(pabrik,peralatan,perlengkapan),perusahaan menghasilkan barang dan jasa menggunakan(bahan baku,aktiva produksi,tenaga kerja),kemudia perusahaan menjual barang dan jasa menjadi uang tunai,kemudian laba dibagikan oleh perusahaan kepada pemilik dan kreditur.
    Siklus kegiatan perusahaan adalah pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan di dalam jangka panjang. Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun.

    3.Perbedaan perusahaan jasa dan perusahaan dagang adalah perusahaan jasa kegiatan usahanya adalah memberikan pelayanan jasa kepada konsumen sedangkan perusahaan dagang kegiatan usahanya membeli barang kemudian menjualnya kembali ke masyarakat.

    4.Keuntungan Perusahaan Perseorangan
    *Keuntungan*
    Mendapatkan keuntungan mutlak bagi pendirinya. Keuntungan yang dapat mencapi 100% diberikan kepada orang tersebut.
    *Kepemimpinan*
    Memiliki sikap kepemimpinan, pendiri perusahaan perseorangan memiliki hak penuh dalam memipin perusahaan tanpa perlu mengikuti aturan yang berlaku pada perusahaan lain.
    *Fleksibel dan Kebebasan*
    Jauh lebih fleksibel, perusahaan mutlak sepenuhnya miliki pendiri sehingga dapat menentukan kebijakan sendiri.
    *Keamanan*
    Meningkatkan keamanan keuangan atau informasi perusahaan. Perusahaan perseorangan memungkinkan pendirinya tidak memerlukan laporan keuangan. Sehingga, hal ini menjadi penghambat pencurian informasi bagi pesaing perusahaan lain.

    Kerugian Perusahaan Perseorangan
    *Tanggung Jawab*
    Dengan memiliki perusahaan perseorangan, tanggung jawab jauh lebih besar. Dengan perusahaan perseorangan, maka utang perusahaan juga dijamin oleh kekayaan pribadi orang tersebut.
    *Modal Terbatas*
    Dengan hanya dipimpin oleh seorang, maka perusahaan kesullitan mendapat bantuan modal dari orang lain sebab hanya tergantung satu orang.
    *Manajemen Yang Lebih Sulit*
    Kegiatan semacam pembelian, pemasaran, pengaturan karyawan, dan produksi hanya dilakukan oleh satu orang. Sehingga manajemen menjadi lebih sulit dilakukan.
    *Keadaan Perusahaan Kurang Terjamin*
    Kehilangan seorang pemimpin atau pendiri perusahaan tanpa seorang penerus, bangkrut, tingginya utang, merupakan salah satu sebab-akibat usaha berhenti.

    5.Perusahaan A, karena perusahaan A dibandingkan dengan perusaan B modal nya jauh lebih sedikit dan keuntungan nya tidak berbeda jauh dengan perusahaan B.

  9. Absen: 14
    1. Perbedaan CV dan Firma
    Firma merupakan persekutuan bisnis yang terdiri dari 2 orang atau lebih dengan tanggung jawab yang terbagi rata. Sedangkan CV terbagi atas 2 sekutu, yaitu sekutu pasif dan sekutu aktif.
    Umumnya CV memiliki bidang usaha yang lebih luas dibandingkan firma dan biasanya menjalankan usaha kecil dan menengah (UKM). Sedangkanfirma merupakan badan usaha yang menawarkan jasa konsultasi kepada para kliennya.
    2. Siklus kegiatan perusahaan
    Siklus kegiatan perusahaan adalah pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan di dalam jangka panjang. Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun.
    3. Perbedaan perusahaan jasa dan dagang
    Perusahaan dagang memperoleh produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk di jual kembali. Perusahaan ini hanya melakukan penjualan kembali dan mengambil selisih penjualan sebagai keuntungan bisnis. Sedangkan perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan.
    4. Kelebihan:
    – Seluruh laba menjadi miliknya.
    -Kepuasan Pribadi.
    -Kebebasan dan Fleksibilitas.
    -Sifat Kerahasiaan.

    Kekurangan:
    – Tanggung jawab pemilik tidak terbatas. Artinya seluruh kekayaan pribadinya termasuk sebagai jaminan terhadap seluruh utang perusahaan.
    -Sumber keuangan terbatas. Karena pemiliknya hanya satu orang, maka usaha-usaha yang dilakukan untuk memperoleh sumber dana hanya bergantung pada kemampuannya.
    -Kesulitan dalam manajemen. Semua kegiatan seperti pembelian, penjualan, pembelanjaan, pengaturan karyawan dan sebagainya dipegang oleh seorang pimpinan. Ini lebih sulit apabila manajemen dipegang oleh beberapa orang.
    -Kelangsungan usaha kurang terjamin. Kematian pimpinan atau pemilik, bangkrut, atau sebab-sebab lain dapat menyebabkan usaha ini berhenti kegiatannya.
    5. perusahan A = 10.000/50.000. X 100
    rentabilitas A = 20%
    perusahaan B = 20.000/200.000. X 100
    rentabilitas B = 10%

    Perusahaan A memilikinkinerja yang lebih baik karena persentase laba lebih besar dibanding perusahaan B.

  10. Nama : Bunga Nirwana Azzahra
    Kelas : X-AKL
    No Absen : 05

    1. Sebutkan perbedaan antara Firma dan CV !
    • Umumnya CV memiliki bidang usaha yang lebih luas dibandingkan firma dan biasanya menjalankan usaha kecil dan menengah (UKM). Sedangkan firma merupakan badan usaha yang menawarkan jasa konsultasi kepada para kliennya.

    2. Gambar dan jelaskan Siklus Kegiatan Perusahaan !
    • Siklus kegiatan perusahaan adalah pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan dalam jangka panjang.
    • Pengantar Siklus kegiatan ekonomi dimulai dari kegiatan konsumsi masyarakat (surplus) dengan membelanjakan penghasilannya kepada produsen untuk memenuhi kebutuhannya. Lalu sebagai tanggungjawabnya menjadi warga negara penghasilannya digunakan juga untuk membayar pajak kepada pemerintah dan pajak dari masyarakat akan digunakan untuk subsidi. Masyarakat akan menyimpan uangnya di bank sebagai bentuk kegiatan investasi yang bertujuan untuk mendapatkan bunga dari bank.

    3. Apakah perbedaan antara perusahaan jasa dan perusahaan dagang ?
    • Berikut ini adalah perbedaan perusahaan jasa dan perusahaan dagang:
    1. Perusahaan jasa
    a. Tidak menjual barang atau produk tetapi menjual dalam bentuk jasa
    b. Tujuannya memperoleh laba keuntungan yang ditetapkan
    c. Tidak memiliki persediaan barang
    d. Tidak menentukkan harga pokok barang
    e. Tidak memerlukan pembuatan laporan harga pokok produksi

    2. Perusahaan dagang
    a. Menjual barang yang diperoleh dari pemasok
    b. Tujuannya menjual kembali barang tanpa mengubah bentuk
    c. Memliki persediaan barang jadi
    d. Dalam menetukkan harga pokok barang relative mudah
    e. Tidak menggunakan laporan harga pokok produksi

    4. Jelaskan kelebihan dan kekurangan mendirikan perusahaan perseorangan ?
    • Kelebihan Perusahaan Perseorangan :
    1. Perseorangan tidak dikenakan pajak perusahaan seperti halnya PT atau Partnership (Firma).
    2. Biaya yang rendah dalam pengelolaan, karena karyawan yang bekerja didalam perseorangan adalah si pemilik usaha.
    3. Proses pembentukan yang sangat cepat.
    4. Apabila dalam bisnis perseorangan terjadi kerugian maka kompensasi kerugian dapat dimasukan dalam perhitungan pajak penghasilan pemilik.
    5. Seluruh laba menjadi miliknya. Bentuk perusahaan perseorangan memungkinkan pemilik menerima 100% laba yang dihasilkan perusahaan.

    • Kelemahan Perusahaan Perseorangan :
    1. Tanggung jawab pemilik tidak terbatas. Artinya seluruh kekayaan pribadinya termasuk sebagai jaminan terhadap seluruh utang perusahaan.
    2. Sumber keuangan terbatas. Karena pemiliknya hanya satu orang, maka usaha-usaha yang dilakukan untuk memperoleh sumber dana hanya bergantung pada kemampuannya.
    3. Kesulitan dalam manajemen. Semua kegiatan seperti pembelian, penjualan, pembelanjaan, pengaturan karyawan dan sebagainya dipegang oleh seorang pimpinan. Ini lebih sulit apabila manajemen dipegang oleh beberapa orang.
    4. Kelangsungan usaha kurang terjamin. Kematian pimpinan atau pemilik, bangkrut, atau sebab-sebab lain dapat menyebabkan usaha ini berhenti kegiatannya.

    5. Perusahaan A mempunyai modal untuk beroperasi adalah Rp. 50.000,- dan Laba Bersih Rp. 10.000,-. Sedangkan perusahaan B mempunyai Modal untuk beroperasi adalah Rp. 200.000,- dengan Laba Bersih Rp. 20.000,-

    Perusahaan manakah yang memiliki kinerja lebih baik ? Berikan Alasan !
    • Rentabilitas = kemampuan perusahaan menghasilkan laba

    Rumus rentabilitas = Laba/ modal. X 100

    Perusahan A = 10.000/50.000. X 100
    Rentabilitas A = 20%

    Perusahaan B = 20.000/200.000. X 100
    Rentabilitas B = 10%

    Berarti perusahaan A yang memiliki kinerja lebih baik

  11. Namira laila
    X-akl
    23
    1.sebutkan perbedaan antara firma dan CV!
    Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang mana terdiri dari dua orang atau lebih dan bersatu dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya. 
    Sedangkan Perusahaan Persekutuan Komanditer (CV) adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih yang memiliki tujuan yang sama dan untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.
    2 . gambar dan jelaskan siklus kegiatan perusahaan!
    Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun.
    Jika terjadi kemunduran yang serius maka akan menimbulkan masalah pengangguran, sedangkan jika terjadi perkembangan ekonomi yang terlalu besar akan menimbulkan kenaikan harga-harga atau lebih dikenal dengan istilah inflasi.
    3. Apakah perbedaan antara perusahaan jasa dan perusahaan perdagangan!
    perusahaan jasa kegiatan usahanya adalah memberikan pelayanan jasa kepada konsumen sedangkan perusahaan dagang kegiatan usahanya membeli barang kemudian menjualnya kembali ke masyarakat.
    4. Jelaskan kelebihan dan kekurangan Mendirikan perusahaan perseorangan!
    Kelebihan dari perusahaan perseorangan adalah pemilik menerima semua keuntungan dan kerugian, mudah dibentuk, beban organisasi rendah, pajak penghasilan merupakan pajak perorangan dengan tarif yang rendah independen, kerahasiaan tinggi, mudah dibubarkan sedangkan kekurangannya nya tanggung jawab pemilik tidak terbatas, Puan untuk menambah dana terbatas, pemilik harga serbatahu, sulit untuk secara jangka panjang memberikan kesempatan berkarir pada karyawan, tidak berkesinambungan jika pemilik meninggal.
    5. Perusahaan A memiliki modal untuk beroperasi adalah Rp. 50.000,-dan laba bersih Rp. 10.000,-sedangkan perusahaan B mempunyai modal untuk beroperasi adalah Rp. 200.000,-dengan laba bersih Rp. 20.000,-
    Perusahaan manakah yang memiliki kinerja lebih baik? Berikan alasannya!
    perusahan A = 10.000/50.000. X 100
    rentabilitas A = 20%
    perusahaan B = 20.000/200.000. X 100
    rentabilitas B = 10%
    Jadi perusahaan A kinerja nya lebih baik karena rentabilitas lebih besar

  12. nama : fajriana hayatun nufus
    absen : 11

    1. Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang mana terdiri dari dua orang atau lebih dan bersatu dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya. Jika terdapat hutang dari Firma, maka setiap pemiliknya wajib melunasi dengan harta masing-masing. Namun, setiap anggota firma memiliki hak untuk menjadi pemimpin Firma. Walaupun menjadi seorang pemimpin, setiap anggota dalam Firma tidak berhak memasukkan anggota baru tanpa seizin anggota yang lainnya. Keuntungan dari Firma itu sendiri bagi setiap anggotanya adalah: keanggotaan firma melekat dan berlaku seumur hidup, bagi setiap anggota, setiap anggota mempunyai hak untuk membubarkan firma, pendiri dari Firma tidak memerlukan akte pendirian dan Firma
    mudah untuk memperoleh kredit usaha.

    · Sedangkan Perusahaan Persekutuan Komanditer (CV) adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih yang memiliki tujuan yang sama dan untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya. Di dalam CV, setiap anggota sulit untuk menarik modal yang telah disetor. Modal yang dimiliki akan besar jika banyak pihak yang bergabung. Di dalam CV setiap anggota memiliki peranan. Yaitu anggota aktif yang memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas. Dan anggota pasif yang memiliki tanggung jawab terbatas. Di dalam CV, keuntungan per tahunnya tinggal ditunggu saja dan CV relatif mudah di dirikan. Namun, keberlangsungan CV tidak dapat diprediksi sampai kapan.

    2. perusahaan mendapat modal dari kreditur berupa uang tunai dan menggunakannya untuk keperluan aktiva produksi dalam menghasilkan barang dan jasa. setelah itu perusahaan akan menjual barang dan jasa , keuntungan dari hasil penjualan (laba) akan dibagikan ke pemilik dan kreditur.

    3.Perusahaan dagang menjual produk ke pelanggan, tetapi perusahaan ini tidak memproduksi sendiri barang yang akan dijual. Perusahaan membeli dari perusahaan lain barang yang akan dijualnya. Contoh perusahaan dagang adalah Alfamart, Alfa, Hero, dan sebagainya.
    Perusahaan jasa menghasilkan jasa, bukan barang atau produk yang kasat mata. Contoh perusahaan ini adalah Hotel Santika, Biro Perjalanan Shafira, dan sebagainya.

    4. kelebihan :
    a) pemilik menerima semua keuntungn dan menanggung semua kerugian
    b)mudah dibentuk
    c)beban organisasi rendah
    d)pajak rendah
    e)independen
    f)kerahasiaan tinggi
    g)mudah dibubarkan

    kekurangan
    a) tanggung jawab pemilik tidak terbatas, seluruh kekayaan dapat digunakan untuk melunasi hutang
    b) kemampuan untuk menambah dana terbatas
    c)pemilik harus serba tahu
    d)sulit untuk secara jangka panjang memberikan kesempatan karier pada karyawan
    e)tidak berkesinambungan jika pemilik meninggal

    5. perusahaan A memiliki kinerja yang lebih baik. dengan modal yang tidak terlau besar(50.000) tp mendapat keuntungan sebesar 20% (10.000)
    sedangkan perusahaan B hanya mendapat keuntungan sebesar 10%

  13. Nama : Najwa Adhwa Ramadhani (22)
    Kelas : X-AKL

    1. Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya
    CV/Persekutuan Komanditer adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.

    2. pemilik dan kreditur mempunyai perusahaan memperoleh uang tunai yang dimana perusahaan merubah tunai menjadi aktiva produksi seperti pabrik, peralatan, dll. kemudian perusahaan menghasilkan barang dan jasa menggunakan aktiva produksi dan tenaga kerja kemudian menghasilkan barang dan jasa, lalu juga perusahaan menjualkan barang dan jasa itu sehingga memperoleh uang tunai kemudian perusahaan membagi keuntungan pada pemilik dan kreditur.

    3. perusahaan jasa kegiatan usahanya adalah memberikan pelayanan jasa kepada konsumen sedangkan perusahaan dagang kegiatan usahanya membeli barang kemudian menjualnya kembali ke masyarakat.

    4. • Kelebihan : relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan, tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi, tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan retribusi, seluruh keuntungan dinikmati sendiri.
    * Kekurangan : sumber keuangan terbatas, kesulitan manajemen, kelangsungan usaha kurang terjamin.

    5. perusahaan yang memiliki kinerja yang baik adalah perusahaan A. Karena dengan modal 1/4 dari perusahaan B, bisa mendapat laba bersih lebih banyak daripada perusahaan B.

  14. 1.Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang mana terdiri dari dua orang atau lebih dan bersatu dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.Sedangkan Perusahaan Persekutuan Komanditer (CV) adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih yang memiliki tujuan yang sama dan untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.
    2.Siklus kegiatan perusahaan adalah pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan di dalam jangka panjang.
    Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun.
    Jika terjadi kemunduran yang serius maka akan menimbulkan masalah pengangguran, sedangkan jika terjadi perkembangan ekonomi yang terlalu besar akan menimbulkan kenaikan harga-harga atau lebih dikenal dengan istilah inflasi.
    Dalam jangka panjang ketidaksatabilan ekonomi menimbulkan ketidakpastian dan ini akan menimbulkan pengaruh buruk terhadap perkembangan ekonomi. Untuk menghindari terwujudnya masalah-masalah tersebut, berbagai usaha perlu dilakukan agar siklus kegiatan perusahaan bergerak dengan stabil.
    3.Perbedaan perusahaan jasa dan perusahaan dagang adalah perusahaan jasa kegiatan usahanya adalah memberikan pelayanan jasa kepada konsumen sedangkan perusahaan dagang kegiatan usahanya membeli barang kemudian menjualnya kembali ke masyarakat.
    4.Kelebihan : Menerimta semua keuntungan, hanya perusahaan perseorangan yang sangat mungkin semua keuntungan diperuntukkan bagi seseorang,Bebas bergerak. Pemiliki perusahaan perseorangan memiliki kebebasan yang penuh di setiap aktivitasnya. Semua keputusan merupakan multak harus dilakukan sesuai dengan keputusan.
    Kekurangan :Besarnya perusahaan terbatas, penanaman modal yang dijalankan oleh suatu perusahaan perseorangan adalah terbatas. Walaupun pemilik berusaha memperluas perusahaan, kredit yang didapatkan juga terbatas
    Tanggung jawah yang tidak terbatas. Dalam suatu perusahaan perseorangan, tangung jawab perusahan adanya pada pemilik perusahaan sehingaa risiko atas suatu perusahaan ditanggung oleh pemilik perusahaan. Jika perusahaan tidak dapat melunasi semua hutangnya maka kekayaan pribadi menjadi jaminannya.
    5.Dik: Perusahaan A
    – modal: 50.000
    – laba bersih: 10.000
    Perusahaan B
    -modal 200.000
    – laba bersih 20.00
    Dit: Perusahaan yang memiliki kinerja lebih baik?
    Jawab:
    Perusahaan A
    modal+laba bersih
    :50.000+10.000
    : 60.000
    Perusahaan B
    modal+laba bersih
    :200.000+20.000
    :220.000

    Kesimpulan:
    Perusahaan yang memiliki kinerja lebih baik adalah Perusahaan A, karena hanya bermodal 50.000 ada laba bersih 10.000:
    : 5 banding 1. sedangkan Perusahaan B 10 banding 1.

  15. M Renno S
    X – AKL
    No abs (19)

    1. Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya. Sedangkan CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda diantara anggotanya.

    2. Siklus kegiatan perusahaan adalah pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan di dalam jangka panjang. Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun. Jika terjadi kemunduran yang serius maka akan menimbulkan masalah pengangguran, sedangkan jika terjadi perkembangan ekonomi yang terlalu besar akan menimbulkan kenaikan harga-harga atau lebih dikenal dengan istilah inflasi.
    Dalam jangka panjang ketidaksatabilan ekonomi menimbulkan ketidakpastian dan ini akan menimbulkan pengaruh buruk terhadap perkembangan ekonomi. Untuk menghindari terwujudnya masalah-masalah tersebut, berbagai usaha perlu dilakukan agar siklus kegiatan perusahaan bergerak dengan stabil.

    3. Perusahaan dagang mendapatkan produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk di jual kembali. Perusahaan ini hanya melakukan penjualan kembali dan mengambil selisih penjualan sebagai keuntungan bisnis,Sedangkan perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan

    4.
    — Kelebihan
    1. Seluruh keuntungan yang didapat akan menjadi milik orang tersebut.
    2. Perusahaan perseorangan cenderung bergerak dengan dinamis dan bebas. Pemilik perusahaan dapat mengambil keputusan secara bebas dalam menjalankan bisnisnya.
    3. Pemerintah menerapkan pajak yang rendah untuk jenis perusahaan ini. Umumnya, pemilik hanya dikenakan pajak penghasilan.
    4. Pengorganisasian perusahaan cenderung lebih ringkas dan hemat biaya. Tidak seperti jenis perusahaan lain, amat jarang ditemui perusahaan perseorangan yang memiliki banyak bagian – bagian sehingga pengelolaannya lebih murah dan mudah.
    5. Segala rahasia perusahaan akan terjamin karena hanya dimiliki oleh perseorangan.
    6. Semangat untuk mencapai keuntungan sangat menggelora dalam perusahaan perseorangan. Dengan demikian, sangat besar kemungkinan pemilik usaha akan melakukan inovasi inovasi untuk menarik minat konsumen. Terobosan inilah yang sangat dinantikan oleh masyarakat.
    — Kekurangan
    1. Sulit untuk mengembangkan besaran perusahaan karena modal yang terbatas. Tentu pemilik dapat melakukan kredit, namun kuantitasnya tentu tidaklah banyak.
    2. Keberlangsungan perusahaan cenderung tidak terjamin karena sangat tergantung kepada pemilik perusahaan. Apabila terjadi hal yang tidak terduga terhadap pemilik perusahaan seperti sakit keras, meninggal dunia, atau sebab lain, maka jalannya perusahaan dapat terancam bahkan berhenti total.
    3. Minimnya kesempatan karyawan perusahaan untuk berkembang karena mereka akan berada pada jabatan yang sama dalam jangka waktu tidak menentu.
    4. Tanggung jawab pemilik yang tidak terbatas. Hal ini berarti pemilik perusahaan menanggung seluruh resiko yang dimiliki perusahaan, Apabila dalam perjalanan perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan, maka harta benda pemilik akan menjadi jaminan untuk melunasi seluruh hutang perusahaan.
    5. Sulitnya melakukan manajemen perusahaan. Umumnya, perusahaan dalam bentuk lain terdiri atas bagian bagian atau divisi atau departemen yang mengurus aktivitas tertentu, seperti pembukuan, pembelian, penjualan, pengaturan karyawan dan lain sebagainya. Ketiadaan bagian ini dalam perusahaan perseorangan memang menjadikan pengelolaan menjadi ringkas.

    5. yang memiliki kinerja yang lebih baik adalah perusahaan A. karena perusahaan A memperoleh 20% laba dari modal yang dikeluarkan, sedangkan perusahaan B hanya memperoleh laba 10% dari modal.
    Caranya:
    Perusahaan A=10.000/50.000×100%=20%

    Perusahaan B= 20.000/200.000×100%=10%

  16. Nama : Nadifa Riski Eka Safitri
    Kelas X AKL
    Absen 21
    1. Sebutkan perbedaan antara Firma dan CV
    = – Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya
    – CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.
    Satu pihak dalam CV mengelola usaha secara aktif yang melibatkan harta pribadi dan pihak lainnya hanya menyertakan modal saja tanpa harus melibatkan harta pribadi ketika krisis finansial. Yang aktif mengurus perusahaan cv disebut sekutu aktif, dan yang hanya menyetor modal disebut sekutu pasif
    2. Gambar dan jelaskan Siklus Kegiatan Perusahaan
    = Perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun. Adakalanya kegiatan perekonomian berkembang dengan sangat pesat sehingga menimbulkan kenaikan harga-harga. Pada periode lainnya perekonomian mengalami perlambatan dalam perkembangannya dan adakalanya ia merosot dan berada di tingkat yang lebih rendah dari periode sebelumnya. Pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan di dalam jangka panjang dinamakan konjugtur atau siklus kegiatan perusahaan. Perusahaan memperoleh uang tunai dari pemilik dan kreditur, Perusahaan mengubah uang tunai menjadi aktiva produksi untuk melaksanakan kegiatannya, Aktiva produksi seperti pabrik, peralatan, perlengkapan dan lain lain, Perusahaan menghasilkan barang dan jasa dengan menggunakan bahan baku, aktiva produksi, tenaga kerja, jasa pihak ketiga dan lain lain, Perusahaan menjual barang dan jasa kepada pelanggan pada akhirnya akan diterima uang tunai, Perusahaan membagikan laba kepada pemilik dan mengembalikan pinjaman kepada kreditur.
    3. Apakah perbedaan antara perusahaan jasa dan perusahaan dagang?
    = Perusahaan jasa adalah perusahaan yang memberikan layanan jasa, perusahaan jasa ini sangat mudah kita jumpai di lingkungan sekitar kita misalnya salon, reparasi, kurir dan juga pengacara atau guru. Sedangkan,
    Perusahaan dagang kegiatan usahanya yaitu membeli barang dari produsen kemudian dijual kembali ke masyarakat dan memperoleh keuntungan dari selisih antara harga beli dan harga jualnya.

    4. Jelaskan kelebihan dan kekurangan mendirikan perusahaan perseorangan ? 
    = Kelebihan
    – Pemilik menerima semua keuntungan dan menanggung semua kerugian
    – Mudah dibentuk, Beban organisasi rendah
    – Pajak penghasilan merupakan pajak perorangan dengan tarif yang rendah
    – Independen
    – Kerahasiaan rendah
    – Mudah dibubarkan
    • Kekurangan
    – Tanggung jawab pemilik tidak terbatas, seluruh kekayaan dapat digunakan untuk melunasi hutang
    – Kemampuan untuk menambah dana terbatas, pertumbuhannya cenderung terhambat
    – Pemilik harus serba tahu
    – Sulit untuk secara jangka panjang memberikan kesempatan berkarir kepada karyawan
    – Tidak berkesinambungan jika pemilik meninggal.

    5. Perusahaan A mempunyai modal untuk beroperasi adalah Rp. 50.000,- dan Laba Bersih Rp. 10.000,- . Sedangkan perusahaan B mempunyai Modal untuk beroperasi adalah Rp. 200.000,- dengan Laba Bersih Rp. 20.000,-
    Perusahaan manakah yang memiliki kinerja lebih baik ? Berikan Alasan !
    =Yang memiliki kinerja lebih baik yaitu perusahaan A karena laba yang di terima perusahaan A lebih besar. rumus rentabilitas = Laba/ modal. X 100
    perusahan A = 10.000/50.000. X 100
    rentabilitas A = 20%
    perusahaan B = 20.000/200.000. X 100
    rentabilitas B = 10%

  17. Ramadhan Eka Putra /27
    X-AKL

    1. Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya. Sedangkan CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda diantara anggotanya.

    2. pemilik dan kreditur mempunyai perusahaan memperoleh uang tunai dmna perusahaan memgubah uanh tunai menjadi aktiva produksi seperti pabrik, peralatan, perlengkapan dll. lalu perusahaan menghasilkan barang dan jasa menggunakan aktiva produksi dan tenaga kerja kemudian menghasilkan barang dan jasa, lalu perusahaan menjual barang dan jasa tersebut sehingga memperoleh uang tunai kemudian perusahaan membagi laba kpda pemilik dan kreditur

    3. Perusahaan dagang memperoleh produk yang dibuat dari bahan mentah menjadi bahan baku atau bahan jadi, untuk kemudian diolah sedemikian rupa menjadi produk. Sedangkan perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan. Tetapi produk mereka bersifat tidak berwujud. Produk mereka terlihat berupa hasil jasa mereka.

    4. Kelebihan:
    1. Mendapatkan keuntungan mutlak bagi pendirinya. Keuntungan yang dapat mencapi 100% diberikan kepada orang tersebut.

    2. Memiliki sikap kepemimpinan, pendiri perusahaan perseorangan memiliki hak penuh dalam memipin perusahaan tanpa perlu mengikuti aturan yang berlaku pada perusahaan lain.

    3.Jauh lebih fleksibel, perusahaan mutlak sepenuhnya miliki pendiri sehingga dapat menentukan kebijakan sendiri.

    kekurangan:
    1. Dengan memiliki perusahaan perseorangan, tanggung jawab jauh lebih besar. Dengan perusahaan perseorangan, maka utang perusahaan juga dijamin oleh kekayaan pribadi orang tersebut.

    2. Dengan hanya dipimpin oleh seorang, maka perusahaan kesullitan mendapat bantuan modal dari orang lain sebab hanya tergantung satu orang.
    3. Kegiatan semacam pembelian, pemasaran, pengaturan karyawan, dan produksi hanya dilakukan oleh satu orang. Sehingga manajemen menjadi lebih sulit dilakukan.

    5. yang memiliki kinerja lebih baik adalah perusahaan A karena memperoleh laba 20%,sedangkan perusahaan B memperoleh laba 10%.

  18. Nama : salsabila eka putri
    Kelas : x-akl
    No.absen : 30

    1. Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang mana terdiri dari dua orang atau lebih dan bersatu dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya. Jika terdapat hutang dari Firma, maka setiap pemiliknya wajib melunasi dengan harta masing-masing. 

    Persekutuan Komanditer (CV) adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih yang memiliki tujuan yang sama dan untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya. Di dalam CV, setiap anggota sulit untuk menarik modal yang telah disetor.

    2. Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun.Jika terjadi kemunduran yang serius maka akan menimbulkan masalah pengangguran, sedangkan jika terjadi perkembangan ekonomi yang terlalu besar akan menimbulkan kenaikan harga-harga atau lebih dikenal dengan istilah inflasi.

    3.Perusahaan dagang memperoleh produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk di jual kembali. Perusahaan ini hanya melakukan penjualan kembali dan mengambil selisih penjualan sebagai keuntungan bisnis. Sedangkan perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan.

    4. Keuntungan Perusahaan Perorangan

    Keuntungan
    Mendapatkan keuntungan mutlak bagi pendirinya. Keuntungan yang dapat mencapi 100% diberikan kepada orang tersebut.
    Kepemimpinan
    Memiliki sikap kepemimpinan, pendiri perusahaan perseorangan memiliki hak penuh dalam memipin perusahaan tanpa perlu mengikuti aturan yang berlaku pada perusahaan lain.
    Fleksibel dan Kebebasan
    Jauh lebih fleksibel, perusahaan mutlak sepenuhnya miliki pendiri sehingga dapat menentukan kebijakan sendiri.
    Keamanan
    Meningkatkan keamanan keuangan atau informasi perusahaan. Perusahaan perseorangan memungkinkan pendirinya tidak memerlukan laporan keuangan. Sehingga, hal ini menjadi penghambat pencurian informasi bagi pesaing perusahaan lain.

    Kerugian Perusahaan Perseorangan

    Tanggung Jawab
    Dengan memiliki perusahaan perseorangan, tanggung jawab jauh lebih besar. Dengan perusahaan perseorangan, maka utang perusahaan juga dijamin oleh kekayaan pribadi orang tersebut.
    Modal Terbatas
    Dengan hanya dipimpin oleh seorang, maka perusahaan kesullitan mendapat bantuan modal dari orang lain sebab hanya tergantung satu orang.
    Manajemen Yang Lebih Sulit
    Kegiatan semacam pembelian, pemasaran, pengaturan karyawan, dan produksi hanya dilakukan oleh satu orang. Sehingga manajemen menjadi lebih sulit dilakukan.
    Keadaan Perusahaan Kurang Terjamin
    Kehilangan seorang pemimpin atau pendiri perusahaan tanpa seorang penerus, bangkrut, tingginya utang, merupakan salah satu sebab-akibat usaha berhenti.

    5. 10.000/ 50.000 : 1/5
    20.000 / 200.000 : 2/10 = 1 /10
    1/5 > 1/10
    Perusahaan A, karena persentase keuntungan nya lebih besar dibanding persentase perusahaan B

  19. 1. Perbedaan cirinya:
    —FIRMA: Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya
    a. Apabila terdapat hutang tak terbayar, maka setiap pemilik wajib melunasi dengan harta pribadi.
    b. Setiap anggota firma memiliki hak untuk menjadi pemimpin
    c. Seorang anggota tidak berhak memasukkan anggota baru tanpa seizin anggota yang lainnya.
    d. Keanggotaan firma melekat dan berlaku seumur hidup
    e. Seorang anggota mempunyai hak untuk membubarkan firma
    f. Pendiriannya tidak memerlukan akte pendirian
    g. Mudah memperoleh kredit usaha
    —CV: suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.
    •Sulit untuk menarik modal yang telah disetor
    •Modal besar karena didirikan banyak pihak

    •Mudah mendapatkan kridit pinjaman
    •Ada anggota aktif yang memiliki tanggung jawab tidak terbatas dan ada yang pasif tinggal menunggu keuntungan
    •Relatif mudah untuk didirikan
    •Kelangsungan hidup perusahaan cv tidak menentu

    2. Pemilik dan kreditur bekerjasama lalu perusahaan memperoleh uang tunai.
    Kemudian:
    -perusahaan membagi uang tunai (laba) pada kreditur dan pemilik
    -perusahaan mengubah uang tunai menjadi aktiva produksi (pabrik, peralatan, perlengkapan,dll)

    Untuk menghasilkan jasa/barang perusahaan menggunakan
    A. Bahan baku
    B. Aktiva produksi
    C. Tenaga kerja, dll
    Kemudian dari ketiga unsur tadi terbentuk lah barang dan jasa. Lalu barang dan jasa di jual sehingga menghasilkan uang tunai. Kemudian mengulang siklus kembali.

    3. Perusahaan dagang kegiatan usahanya yaitu membeli barang dari produsen kemudian dijual kembali ke masyarakat dan memperoleh keuntungan dari selisih antara harga beli dan harga jualnya.
    Perusahaan jasa adalah perusahaan yang memberikan layanan jasa. Misalnya salon, reparasi, kurir dan juga pengacara atau guru.

    4. 1. Kelebihan perusahaan perseorangan adalah :
    →Seluruh laba menjadi miliknya. Bentuk perusahaan perseorangan memungkinkan pemilik menerima 100% laba yang dihasilkan perusahaan.
    →Kepuasan Pribadi. Prinsip satu pimpinan merupakan alasan yang baik untuk mengambil keputusan.
    →Kebebasan dan Fleksibilitas. Pemilik perusahaan perseorangan tidak perlu berkonsultasi dengan orang lain dalam mengambil keputusan.
    →Sifat Kerahasiaan. Tidak perlu dibuat laporan keuangan atau informasi yang berhubungan dengan masalah keuangan perusahaan. Dengan demikian masalah tersebut tidak dapat dimanfaatkan oleh pesaing.

    2. kelemahan perusahaan perseorangan adalah :
    ~Tanggung jawab pemilik tidak terbatas. Artinya seluruh kekayaan pribadinya termasuk sebagai jaminan terhadap seluruh utang perusahaan.
    ~Sumber keuangan terbatas. Karena pemiliknya hanya satu orang, maka usaha-usaha yang dilakukan untuk memperoleh sumber dana hanya bergantung pada kemampuannya.
    ~Kesulitan dalam manajemen. Semua kegiatan seperti pembelian, penjualan, pembelanjaan, pengaturan karyawan dan sebagainya dipegang oleh seorang pimpinan. Ini lebih sulit apabila manajemen dipegang oleh beberapa orang.
    ~Kelangsungan usaha kurang terjamin. Kematian pimpinan atau pemilik, bangkrut, atau sebab-sebab lain dapat menyebabkan usaha ini berhenti kegiatannya.

    5. Perusahaan A karena modalnya lebih sedikit dan laba bersih nya lebih banyak di bandingkan perusahaan B.

  20. Nama Azmi Siti Fauziah
    No Absen 4

    1. CV memiliki bidang usaha yang lebih luas dibandingkan firma dan biasanya menjalankan usaha kecil dan menengah (UKM). Sedangkan firma merupakan badan usaha yang menawarkan jasa konsultasi kepada para kliennya

    2. pemilik dan kreditur mempunyai perusahaan memperoleh uang tunai dmna perusahaan memgubah uanh tunai menjadi aktiva produksi seperti pabrik, peralatan, perlengkapan dll. lalu perusahaan menghasilkan barang dan jasa menggunakan aktiva produksi dan tenaga kerja kemudian menghasilkan barang dan jasa, lalu perusahaan menjual barang dan jasa tersebut sehingga memperoleh uang tunai kemudian perusahaan membagi laba kpda pemilik dan kreditur

    3. Perusahaan dagang memperoleh produk yang dibuat dari bahan mentah menjadi bahan baku atau bahan jadi, untuk kemudian diolah sedemikian rupa menjadi produk. Sedangkan perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan. Tetapi produk mereka bersifat tidak berwujud. Produk mereka terlihat berupa hasil jasa mereka.

    4. kelebihan;
    – Seluruh laba menjadi miliknya.
    – Kepuasan Pribadi karna prinsip satu pimpinan merupakan alasan yang baik untuk mengambil keputusan.
    – Fleksibilitas karna Pemilik perusahaan perseorangan tidak perlu berkonsultasi dengan orang lain.
    – Sifat Kerahasiaan karna tidak perlu dibuat laporan keuangan atau informasi yang berhubungan dengan masalah keuangan perusahaan.
    kekurangan;
    – Seluruh kekayaan pribadinya termasuk sebagai jaminan terhadap seluruh utang perusahaan.
    – Sumber keuangan terbatas karena pemiliknya hanya satu orang, maka usaha-usaha yang dilakukan bergantung pada kemampuannya.
    – Kesulitan dalam manajemen.
    – Kelangsungan usaha kurang terjamin karna kematian pimpinan atau pemilik, bangkrut, atau sebab-sebab lain

    5. Perusahaan yang memiliki kinerja lebih baik adalah perusahaan A karena memperoleh laba 20%,sedangkan perusahaan B memperoleh laba 10%.

  21. Nama : Huldani Ansah
    Kelas : X-AKL
    No.Absen : 13

    1. Umumnya CV memiliki bidang usaha yang lebih luas dibandingkan firmadan biasanya menjalankan usaha kecil dan menengah (UKM). Sedangkan firma merupakan badan usaha yang menawarkan jasa konsultasi kepada para kliennya.

    2.Siklus kegiatan perusahaan adalah pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan di dalam jangka panjang. Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun

    ‌3.Perusahaan dagang memperoleh produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk di jual kembali. Perusahaan ini hanya melakukan penjualan kembali dan mengambil selisih penjualan sebagai keuntungan bisnis.
    Sedangkanperusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan

    4. Keuntungan Perusahaan Perseorangan

    Keuntungan

    Mendapatkan keuntungan mutlak bagi pendirinya. Keuntungan yang dapat mencapi 100% diberikan kepada orang tersebut.

    Kepemimpinan

    Memiliki sikap kepemimpinan, pendiri perusahaan perseorangan memiliki hak penuh dalam memipin perusahaan tanpa perlu mengikuti aturan yang berlaku pada perusahaan lain.

    Fleksibel dan Kebebasan

    Jauh lebih fleksibel, perusahaan mutlak sepenuhnya miliki pendiri sehingga dapat menentukan kebijakan sendiri.

    Keamanan

    Meningkatkan keamanan keuangan atau informasi perusahaan. Perusahaan perseorangan memungkinkan pendirinya tidak memerlukan laporan keuangan. Sehingga, hal ini menjadi penghambat pencurian informasi bagi pesaing perusahaan lain.

    Kerugian Perusahaan Perseorangan

    Tanggung Jawab

    Dengan memiliki perusahaan perseorangan, tanggung jawab jauh lebih besar. Dengan perusahaan perseorangan, maka utang perusahaan juga dijamin oleh kekayaan pribadi orang tersebut.

    Modal Terbatas

    Dengan hanya dipimpin oleh seorang, maka perusahaan kesullitan mendapat bantuan modal dari orang lain sebab hanya tergantung satu orang.

    Manajemen Yang Lebih Sulit

    Kegiatan semacam pembelian, pemasaran, pengaturan karyawan, dan produksi hanya dilakukan oleh satu orang. Sehingga manajemen menjadi lebih sulit dilakukan.

  22. Nama: Tsalsa SuciHarini
    Kelas : X-AKL
    Absen: 33

    1. -perbedaan bidang dan jenis usaha
    -perbedaan pengelolaan badan usaha
    -perbedaan risiko usaha yang dijalankan.

    2. Di dalam sebuah perusahaan, ada yang namanya pemilik dan kreditur.
    Pemilik dan kredatur perusahaan menghasilkan uang tunai, lalu perusahaan mengubah uang tunai menjadi aktiva produksi seperti pabrik, perlengkapan, peralatan dll. Perusahaan menghasilkan barang dan jasa menggunakan bahan baku, aktiva produksi, tenaga kerja, dll. Kemudian perusahaan menjual hasil barang dan jasa tersebut untuk memperoleh uang tunai, nah keuntungan itulah yang akan dibagi perusahaan kepada pemilik dan kreditur

    3. Perusahaan dagang memperoleh produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk di jual kembali.
    Sedangkan perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan.

    4. Keuntungan:
    -seluruh laba menjadi miliknya 100%
    -kepuasan pribadi
    -kebebasan dan fleksibilitas
    -sifat kerahasiaan

    Kekurangan
    -tanggung jawab pemilik tidak terbatas
    -sumber keuangan terbatas
    -kesulitan dalam manajemen
    -kelangsungan usaha kurang terjamin

    5. yang memiliki kinerja yang lebih baik adalah perusahaan A. karena perusahaan A memperoleh 20% laba dari modal yang dikeluarkan, sedangkan perusahaan B hanya memperoleh laba 10% dari modal.
    Caranya:
    Perusahaan A=10.000/50.000×100%=20%

    Perusahaan B= 20.000/200.000×100%=10%

  23. Nama : pranidya kania amanda (25)
    Kelas : X – AKL

    1). – Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang mana terdiri dari dua orang atau lebih dan bersatu dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.
    firma:
    a. paling sedikit 2 orang atau lebih
    b. semua anggota berfungsi sebagai perusahaan
    c. pemilik dan pemimpin yang mengurus perusahaan

    – Perusahaan Persekutuan Komanditer (CV) adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih yang memiliki tujuan yang sama dan untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.
    CV:
    a. Terdiri atas dua orang atau lebih
    b. terdapat 2 macam anggota yaitu anggota aktif dan pasif
    c. dikelola secara kelompok

    2). Siklus kegiatan perusahaan adalah pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan di dalam jangka panjang. Dalam jangka panjang ketidaksatabilan ekonomi menimbulkan ketidakpastian dan ini akan menimbulkan pengaruh buruk terhadap perkembangan ekonomi. Untuk menghindari terwujudnya masalah-masalah tersebut, berbagai usaha perlu dilakukan agar siklus kegiatan perusahaan bergerak dengan stabil.

    3). Perusahaan jasa kegiatan usahanya adalah memberikan pelayanan jasa kepada konsumen sedangkan perusahaan dagang kegiatan usahanya membeli barang kemudian menjualnya kembali ke masyarakat.

    4). Kelebihan :
    – Perusahaan perseorangan cenderung bergerak dengan dinamis dan bebas. Pemilik perusahaan dapat mengambil keputusan secara bebas dalam menjalankan bisnisnya.
    – Pemerintah menerapkan pajak yang rendah untuk jenis perusahaan ini. Umumnya, pemilik hanya dikenakan pajak penghasilan.
    Kekurangan:
    -Keberlangsungan perusahaan cenderung tidak terjamin karena sangat tergantung kepada pemilik perusahaan.
    – Minimnya kesempatan karyawan perusahaan untuk berkembang karena mereka akan berada pada jabatan yang sama dalam jangka waktu tidak menentu.

    5). Perusahaan A, karena modal yg diperlukan hanya 10% dr perusahaan b tetapi laba bersih mencapai 50% dari perusahaan B. Jadi yang memiliki kinerja lebih baik adalah Perusahaan A, karena perusahaan itu dapat menggunakan modal dengan baik dan menghasilkan laba yang lumayan dari modal tersebut

  24. 1.-Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang mana terdiri dari dua orang atau lebih dan bersatu dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.

    –   Sedangkan Perusahaan Persekutuan Komanditer (CV) adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih yang memiliki tujuan yang sama dan untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya. 
    2.Gambar dan jelaskan Siklus Kegiatan Perusahaan
    Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun.
    Jika terjadi kemunduran yang serius maka akan menimbulkan masalah pengangguran, sedangkan jika terjadi perkembangan ekonomi yang terlalu besar akan menimbulkan kenaikan harga-harga atau lebih dikenal dengan istilah inflasi.
    3. -Perusahaan jasa dan perusahaan dagang merupakan jenis-jenis perusahaan yang paling sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita.
    Perusahaan dagang kegiatan usahanya yaitu membeli barang dari produsen kemudian dijual kembali ke masyarakat dan memperoleh keuntungan dari selisih antara harga beli dan harga jualnya.
    Perusahaan jasa adalah perusahaan yang memberikan layanan jasa, perusahaan jasa ini sangat mudah kita jumpai di lingkungan sekitar kita misalnya salon, reparasi, kurir dan juga pengacara atau guru.
    4.
    Keuntungan Perusahaan Perseorangan
    Keuntungan
    Mendapatkan keuntungan mutlak bagi pendirinya. Keuntungan yang dapat mencapi 100% diberikan kepada orang tersebut.
    Kepemimpinan
    Memiliki sikap kepemimpinan, pendiri perusahaan perseorangan memiliki hak penuh dalam memipin perusahaan tanpa perlu mengikuti aturan yang berlaku pada perusahaan lain.
    Fleksibel dan Kebebasan
    Jauh lebih fleksibel, perusahaan mutlak sepenuhnya miliki pendiri sehingga dapat menentukan kebijakan sendiri.
    Keamanan
    Meningkatkan keamanan keuangan atau informasi perusahaan. Perusahaan perseorangan memungkinkan pendirinya tidak memerlukan laporan keuangan. Sehingga, hal ini menjadi penghambat pencurian informasi bagi pesaing perusahaan lain.
    Kerugian Perusahaan Perseorangan.
    Tanggung Jawab
    Dengan memiliki perusahaan perseorangan, tanggung jawab jauh lebih besar. Dengan perusahaan perseorangan, maka utang perusahaan juga dijamin oleh kekayaan pribadi orang tersebut.
    Modal Terbatas
    Dengan hanya dipimpin oleh seorang, maka perusahaan kesullitan mendapat bantuan modal dari orang lain sebab hanya tergantung satu orang.
    Manajemen Yang Lebih Sulit
    Kegiatan semacam pembelian, pemasaran, pengaturan karyawan, dan produksi hanya dilakukan oleh satu orang. Sehingga manajemen menjadi lebih sulit dilakukan.
    Keadaan Perusahaan Kurang Terjamin
    Kehilangan seorang pemimpin atau pendiri perusahaan tanpa seorang penerus, bangkrut, tingginya utang, merupakan salah satu sebab-akibat usaha berhenti.
    5.1.-Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang mana terdiri dari dua orang atau lebih dan bersatu dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.

    –   Sedangkan Perusahaan Persekutuan Komanditer (CV) adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih yang memiliki tujuan yang sama dan untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya. 
    2.Gambar dan jelaskan Siklus Kegiatan Perusahaan
    Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun.
    Jika terjadi kemunduran yang serius maka akan menimbulkan masalah pengangguran, sedangkan jika terjadi perkembangan ekonomi yang terlalu besar akan menimbulkan kenaikan harga-harga atau lebih dikenal dengan istilah inflasi.
    3. -Perusahaan jasa dan perusahaan dagang merupakan jenis-jenis perusahaan yang paling sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita.
    Perusahaan dagang kegiatan usahanya yaitu membeli barang dari produsen kemudian dijual kembali ke masyarakat dan memperoleh keuntungan dari selisih antara harga beli dan harga jualnya.
    Perusahaan jasa adalah perusahaan yang memberikan layanan jasa, perusahaan jasa ini sangat mudah kita jumpai di lingkungan sekitar kita misalnya salon, reparasi, kurir dan juga pengacara atau guru.
    4.
    Keuntungan Perusahaan Perseorangan
    Keuntungan
    Mendapatkan keuntungan mutlak bagi pendirinya. Keuntungan yang dapat mencapi 100% diberikan kepada orang tersebut.
    Kepemimpinan
    Memiliki sikap kepemimpinan, pendiri perusahaan perseorangan memiliki hak penuh dalam memipin perusahaan tanpa perlu mengikuti aturan yang berlaku pada perusahaan lain.
    Fleksibel dan Kebebasan
    Jauh lebih fleksibel, perusahaan mutlak sepenuhnya miliki pendiri sehingga dapat menentukan kebijakan sendiri.
    Keamanan
    Meningkatkan keamanan keuangan atau informasi perusahaan. Perusahaan perseorangan memungkinkan pendirinya tidak memerlukan laporan keuangan. Sehingga, hal ini menjadi penghambat pencurian informasi bagi pesaing perusahaan lain.
    Kerugian Perusahaan Perseorangan.
    Tanggung Jawab
    Dengan memiliki perusahaan perseorangan, tanggung jawab jauh lebih besar. Dengan perusahaan perseorangan, maka utang perusahaan juga dijamin oleh kekayaan pribadi orang tersebut.
    Modal Terbatas
    Dengan hanya dipimpin oleh seorang, maka perusahaan kesullitan mendapat bantuan modal dari orang lain sebab hanya tergantung satu orang.
    Manajemen Yang Lebih Sulit
    Kegiatan semacam pembelian, pemasaran, pengaturan karyawan, dan produksi hanya dilakukan oleh satu orang. Sehingga manajemen menjadi lebih sulit dilakukan.
    Keadaan Perusahaan Kurang Terjamin
    Kehilangan seorang pemimpin atau pendiri perusahaan tanpa seorang penerus, bangkrut, tingginya utang, merupakan salah satu sebab-akibat usaha berhenti.
    5.Kesimpulan:
    Perusahaan yang memiliki kinerja lebih baik adalah Perusahaan A, karena hanya bermodal 50.000 ada laba bersih 10.000:
    : 5 banding 1. sedangkan Perusahaan B 10 banding 1.

  25. 1. perbedaan antara firma dan CV
    CV memiliki bidang usaha yang lebih luas dibandingkan firma dan biasanya menjalankan usaha kecil dan menengah (UKM). Sedangkan firma merupakan badan usaha yang menawarkan jasa konsultasi kepada para kliennya.

    2. Siklus kegiatan perusahaan adalah pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan di dalam jangka panjang.

    Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun.
    Jika terjadi kemunduran yang serius maka akan menimbulkan masalah pengangguran, sedangkan jika terjadi perkembangan ekonomi yang terlalu besar akan menimbulkan kenaikan harga-harga atau lebih dikenal dengan istilah inflasi.

    Dalam jangka panjang ketidaksatabilan ekonomi menimbulkan ketidakpastian dan ini akan menimbulkan pengaruh buruk terhadap perkembangan ekonomi. Untuk menghindari terwujudnya masalah-masalah tersebut, berbagai usaha perlu dilakukan agar siklus kegiatan perusahaan bergerak dengan stabil.

    3. perusahaan jasa kegiatan usahanya adalah memberikan pelayanan jasa kepada konsumen sedangkan perusahaan dagang kegiatan usahanya membeli barang kemudian menjualnya kembali ke masyarakat.

    4. Keuntungan Perusahaan Perseorangan

    -Keuntungan

    Mendapatkan keuntungan mutlak bagi pendirinya. Keuntungan yang dapat mencapi 100% diberikan kepada orang tersebut.

    -Kepemimpinan

    Memiliki sikap kepemimpinan, pendiri perusahaan perseorangan memiliki hak penuh dalam memipin perusahaan tanpa perlu mengikuti aturan yang berlaku pada perusahaan lain.

    -Fleksibel dan Kebebasan

    Jauh lebih fleksibel, perusahaan mutlak sepenuhnya miliki pendiri sehingga dapat menentukan kebijakan sendiri.

    -Keamanan

    Meningkatkan keamanan keuangan atau informasi perusahaan. Perusahaan perseorangan memungkinkan pendirinya tidak memerlukan laporan keuangan. Sehingga, hal ini menjadi penghambat pencurian informasi bagi pesaing perusahaan lain.

    Kerugian Perusahaan Perseorangan

    -Tanggung Jawab

    Dengan memiliki perusahaan perseorangan, tanggung jawab jauh lebih besar. Dengan perusahaan perseorangan, maka utang perusahaan juga dijamin oleh kekayaan pribadi orang tersebut.

    -Modal Terbatas

    Dengan hanya dipimpin oleh seorang, maka perusahaan kesullitan mendapat bantuan modal dari orang lain sebab hanya tergantung satu orang.

    -Manajemen Yang Lebih Sulit

    Kegiatan semacam pembelian, pemasaran, pengaturan karyawan, dan produksi hanya dilakukan oleh satu orang. Sehingga manajemen menjadi lebih sulit dilakukan.

    -Keadaan Perusahaan Kurang Terjamin

    Kehilangan seorang pemimpin atau pendiri perusahaan tanpa seorang penerus, bangkrut, tingginya utang, merupakan salah satu sebab-akibat usaha berhenti.

    5. 10 000/50.000 = 1/5
    20.000/200.000 = 2/20
    1/5 > 2/20
    jadi perusahaan A memiliki kinerja lebih baik karena persentase untungnya lebih besar

  26. Nama : Sabrina Alifia Maulidia
    Kelas :X-AKL
    No absen : 29
    1)Umumnya CV memiliki bidang usaha yang lebih luas dibandingkan firma dan biasanya menjalankan usaha kecil dan menengah (UKM). Sedangkan firma merupakan badan usaha yang menawarkan jasa konsultasi kepada para kliennya.
    2)Siklus kegiatan perusahaan adalah pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan di dalam jangka panjang. Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun. Jika terjadi kemunduran yang serius maka akan menimbulkan masalah pengangguran, sedangkan jika terjadi perkembangan ekonomi yang terlalu besar akan menimbulkan kenaikan harga-harga atau lebih dikenal dengan istilah inflasi.
    Dalam jangka panjang ketidaksatabilan ekonomi menimbulkan ketidakpastian dan ini akan menimbulkan pengaruh buruk terhadap perkembangan ekonomi. Untuk menghindari terwujudnya masalah-masalah tersebut, berbagai usaha perlu dilakukan agar siklus kegiatan perusahaan bergerak dengan stabil.
    3)Perbedaan perusahaan jasa dan perusahaan dagang adalah perusahaan jasa kegiatan usahanya adalah memberikan pelayanan jasa kepada konsumen sedangkan perusahaan dagang kegiatan usahanya membeli barang kemudian menjualnya kembali ke masyarakat.
    4)kelebihan usaha perorangan ;
    1. semua laba/ keuntungan 100 persen menjadi miliknya.
    2. pengambilan keputusan sendiri
    3. fleksibel, tidak perlu konsultasi dengan siapapun.
    4. sifat kerahasiaan karena diurus sendiri, tifak ada pihak lain yang tau tentang informasi rahasia keuangan perusahaan.
    5. tidak perlu buat laporan keuangan.
    kerugian usaha perorangan :
    1. tanggung jawab tidak terbatas maksudnya kekayaan pribadi termasuk sebagai jaminan utang perusahaan.
    2. kesulitan manajemen seperti membeli, menjual, semua urusan dipegang oleh pemilik.
    3. kelangsungan usaha kurang terjamin sebab bila pemilik meninggal atau bangkrut, usahanya ikut berhenti.
    5.)rentabilitas = kemampuan perusahaan menghasilkan laba
    rumus rentabilitas = Laba/ modal. X 100
    perusahan A = 10.000/50.000. X 100
    rentabilitas A = 20%
    perusahaan B = 20.000/200.000. X 100
    rentabilitas B = 10%
    Berarti perusahaan A yang memiliki kinerja lebih baik

  27. Nama :Rangga Aditya Saputra
    Kelas: X-AKL
    ABSEN:28

    1.Sebutkan antara Firma dan CV? Firma adalah bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari 2 orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.
    CV adalah bentuk badan usaha bisnis yang didirkan oleh 2 orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda beda di antara anggotannya,pada Umumnya CV memiliki bidang usaha yang lebih luas dibandingkan firma dan biasanya menjalankan usaha kecil dan menengah (UKM). Sedangkan firma merupakan badan usaha yang menawarkan jasa konsultasi kepada para kliennya.

    2.Gambar dan jelaskan siklus Kegiatan perusahaan? pemilik perusahaan memperoleh uang tunai,perusahaan mengubah uang tunai menjadi aktiva produksi(pabrik,peralatan,perlengkapan),perusahaan menghasilkan barang dan jasa menggunakan(bahan baku,aktiva produksi,tenaga kerja),kemudia perusahaan menjual barang dan jasa menjadi uang tunai,kemudian laba dibagikan oleh perusahaan kepada pemilik dan kreditur.

    3.Apakah perbedaan antara perusahaan dagang dengan perusahaan jasa? Perusahaan dagang mendapatkan produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk di jual kembali. Perusahaan ini hanya melakukan penjualan kembali dan mengambil selisih penjualan sebagai keuntungan bisnis,Sedangkan perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan

    4. Jelaskan kelebihan dan kekurangan mendirikan perusahaan perseorangan?Kelebihan:
    Mendapatkan keuntungan mutlak bagi pendirinya. Keuntungan yang dapat mencapi 100% diberikan kepada orang tersebut. Memiliki sikap kepemimpinan, pendiri perusahaan perseorangan memiliki hak penuh dalam memipin perusahaan tanpa perlu mengikuti aturan yang berlaku pada perusahaan lain.Jauh lebih fleksibel, perusahaan mutlak sepenuhnya miliki pendiri sehingga dapat menentukan kebijakan sendiri.

    kekurangan:
    Dengan memiliki perusahaan perseorangan, tanggung jawab jauh lebih besar. Dengan perusahaan perseorangan, maka utang perusahaan juga dijamin oleh kekayaan pribadi orang tersebut,Dengan hanya dipimpin oleh seorang, maka perusahaan kesullitan mendapat bantuan modal dari orang lain sebab hanya tergantung satu orang,Kegiatan semacam pembelian, pemasaran, pengaturan karyawan, dan produksi hanya dilakukan oleh satu orang. Sehingga manajemen menjadi lebih sulit dilakukan.

    5. Perusahaan A mempunyai modal untuk beroperasi adalah Rp. 50.000,- dan Laba Bersih Rp. 10.000,-
    Sedangkan perusahaan B mempunyai Modal untuk beroperasi adalah Rp. 200.000,- dengan Laba Bersih Rp. 20.000,-
    Perusahaan manakah yang memiliki kinerja lebih baik ? Berikan Alasan !

    ? yang memiliki kinerja lebih baik adalah perusahaan A karena memperoleh laba 20%,sedangkan perusahaan B memperoleh laba 10%.maka perusahaan A kinerjanya lebih unggul 10% dari perusahaan B.

  28. KANAYA LINTANG (17)
    X — Akuntansi dan Keuangan Lembaga
    — Tugas Rabu, 2 September 2020.

    1. Sebutkan perbedaan antara Firma dan CV!
    Jawab :
    — Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.
    Ciri dan Sifat Firma :
    •Apabila terdapat hutang tak terbayar, maka setiap pemilik wajib melunasi dengan harta pribadi.
    •Setiap anggota firma memiliki hak untuk menjadi pemimpin
    •Seorang anggota tidak berhak memasukkan anggota baru tanpa seizin anggota yang lainnya.
    •Keanggotaan firma melekat dan berlaku seumur hidup
    •Seorang anggota mempunyai hak untuk membubarkan firma
    •Pendiriannya tidak memerlukan akte pendirian
    •Mudah memperoleh kredit usaha
    Sedangkan,
    — CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.
    Satu pihak dalam CV mengelola usaha secara aktif yang melibatkan harta pribadi dan pihak lainnya hanya menyertakan modal saja tanpa harus melibatkan harta pribadi ketika krisis finansial. Yang aktif mengurus perusahaan cv disebut sekutu aktif, dan yang hanya menyetor modal disebut sekutu pasif.
    Cara dan Sifat CV :
    •Sulit untuk menarik modal yang telah disetor
    •Modal besar karena didirikan banyak pihak
    •Mudah mendapatkan kridit pinjaman
    •Ada anggota aktif yang memiliki tanggung jawab tidak terbatas dan ada yang pasif tinggal menunggu keuntungan
    •Relatif mudah untuk didirikan
    •Kelangsungan hidup perusahaan cv tidak menentu

    2. Gambar dan jelaskan Siklus Kegiatan Perusahaan!
    Jawab :
    Siklus kegiatan perusahaan adalah pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan di dalam jangka panjang.
    Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun.
    Jika terjadi kemunduran yang serius maka akan menimbulkan masalah pengangguran, sedangkan jika terjadi perkembangan ekonomi yang terlalu besar akan menimbulkan kenaikan harga-harga atau lebih dikenal dengan istilah inflasi.
    Dalam jangka panjang ketidaksatabilan ekonomi menimbulkan ketidakpastian dan ini akan menimbulkan pengaruh buruk terhadap perkembangan ekonomi. Untuk menghindari terwujudnya masalah-masalah tersebut, berbagai usaha perlu dilakukan agar siklus kegiatan perusahaan bergerak dengan stabil.

    3. Apakah perbedaan antara perusahaan jasa dan perusahaan dagang?
    Jawab :
    Perbedaan perusahaan jasa dan perusahaan dagang adalah perusahaan jasa kegiatan usahanya adalah memberikan pelayanan jasa kepada konsumen sedangkan perusahaan dagang kegiatan usahanya membeli barang kemudian menjualnya kembali ke masyarakat.
    — Perusahaan dagang kegiatan usahanya yaitu membeli barang dari produsen kemudian dijual kembali ke masyarakat dan memperoleh keuntungan dari selisih antara harga beli dan harga jualnya.
    — Perusahaan jasa adalah perusahaan yang memberikan layanan jasa, perusahaan jasa ini sangat mudah kita jumpai di lingkungan sekitar kita misalnya salon, reparasi, kurir dan juga pengacara atau guru.
    Mengukur kepuasan konsumen atas layan jasa yang diberikan oleh perusahaan jasa ini cukup sulit, hal ini dikarenakan masing-masing konsumen harus merasakan jasa tersebut terlebih dahulu baru memberikan penilaian, dan penilaian ini bersifat objektif dan tergantung pengalaman masing-masing konsumen atas layanan yang telah diberikan.

    4. Jelaskan kelebihan dan kekurangan mendirikan perusahaan perseorangan ?
    Jawab :
    — Kelebihan
    1. Seluruh keuntungan yang didapat akan menjadi milik orang tersebut.
    2. Perusahaan perseorangan cenderung bergerak dengan dinamis dan bebas. Pemilik perusahaan dapat mengambil keputusan secara bebas dalam menjalankan bisnisnya.
    3. Pemerintah menerapkan pajak yang rendah untuk jenis perusahaan ini. Umumnya, pemilik hanya dikenakan pajak penghasilan.
    4. Pengorganisasian perusahaan cenderung lebih ringkas dan hemat biaya. Tidak seperti jenis perusahaan lain, amat jarang ditemui perusahaan perseorangan yang memiliki banyak bagian – bagian sehingga pengelolaannya lebih murah dan mudah.
    5. Segala rahasia perusahaan akan terjamin karena hanya dimiliki oleh perseorangan.
    6. Semangat untuk mencapai keuntungan sangat menggelora dalam perusahaan perseorangan. Dengan demikian, sangat besar kemungkinan pemilik usaha akan melakukan inovasi inovasi untuk menarik minat konsumen. Terobosan inilah yang sangat dinantikan oleh masyarakat.
    — Kekurangan
    1. Sulit untuk mengembangkan besaran perusahaan karena modal yang terbatas. Tentu pemilik dapat melakukan kredit, namun kuantitasnya tentu tidaklah banyak.
    2. Keberlangsungan perusahaan cenderung tidak terjamin karena sangat tergantung kepada pemilik perusahaan. Apabila terjadi hal yang tidak terduga terhadap pemilik perusahaan seperti sakit keras, meninggal dunia, atau sebab lain, maka jalannya perusahaan dapat terancam bahkan berhenti total.
    3. Minimnya kesempatan karyawan perusahaan untuk berkembang karena mereka akan berada pada jabatan yang sama dalam jangka waktu tidak menentu.
    4. Tanggung jawab pemilik yang tidak terbatas. Hal ini berarti pemilik perusahaan menanggung seluruh resiko yang dimiliki perusahaan, Apabila dalam perjalanan perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan, maka harta benda pemilik akan menjadi jaminan untuk melunasi seluruh hutang perusahaan.
    5. Sulitnya melakukan manajemen perusahaan. Umumnya, perusahaan dalam bentuk lain terdiri atas bagian bagian atau divisi atau departemen yang mengurus aktivitas tertentu, seperti pembukuan, pembelian, penjualan, pengaturan karyawan dan lain sebagainya. Ketiadaan bagian ini dalam perusahaan perseorangan memang menjadikan pengelolaan menjadi ringkas.

    5. Perusahaan A mempunyai modal untuk beroperasi adalah Rp. 50.000,- dan Laba Bersih Rp. 10.000,-
    Sedangkan perusahaan B mempunyai Modal untuk beroperasi adalah Rp. 200.000,- dengan Laba Bersih Rp. 20.000,-
    Perusahaan manakah yang memiliki kinerja lebih baik ? Berikan Alasan !
    Jawab :
    Dik:
    Perusahaan A
    – modal: 50.000
    – laba bersih: 10.000
    Perusahaan B
    -modal 200.000
    – laba bersih 20.00
    Dit:
    Perusahaan yang memiliki kinerja lebih baik?
    Jawab:
    Mencari rentabilitas = kemampuan perusahaan menghasilkan laba.
    Rumus rentabilitas = Laba/ modal. X 100
    — perusahan A = 10.000/50.000. X 100
    rentabilitas A = 20%
    — perusahaan B = 20.000/200.000. X 100
    rentabilitas B = 10%
    Kesimpulannya berarti Perusahaan A yg memiliki kinerja lebih baik, karena kemampuan menghasilkan laba lebih banyak.

    dilarang keras mengcopy jawaban naya!

  29. 1. Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya. Sedangkan CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda diantara anggotanya.
    2. Perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun. Adakalanya kegiatan perekonomian berkembang dengan sangat pesat sehingga menimbulkan kenaikan harga-harga. Pada periode lainnya perekonomian mengalami perlambatan dalam perkembangannya dan adakalanya ia merosot dan berada di tingkat yang lebih rendah dari periode sebelumnya. Pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan di dalam jangka panjang dinamakan konjugtur atau siklus kegiatan perusahaan (business cycle).
    Perkembangan yang sangat pesat dapat diikuti oleh kemunduran kegiatan perekonomian yang serius. Siklus kegiatan ekonomi seperti itu dpat menimbulkan akibat buruk kepada perekonomian dan masyarakat. Pengangguran dan inflasi menimbulkan beberapa akibat buruk ke atas kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Dalam jangka panjang ketidakstabilan ekonomi menimbulkan ketidapastian dan ini akan menimbulkan pengaruh buruk terhadap perkembangan ekonomi. Untuk menghindari terwujudnya masalah-masalah tersebut usaha-usaha perlulah dilakukan agar siklus kegiatan perusahaan bergerak dengan stabil.
    3. Perusahaan dagang memperoleh produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk di jual kembali. Perusahaan ini hanya melakukan penjualan kembali dan mengambil selisih penjualan sebagai keuntungan bisnis. Sedangkan perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan. Tetapi produk mereka bersifat tidak berwujud seperti perusahaan dagang .Produk mereka terlihat berupa hasil jasa mereka.
    4. Kelebihan mendirikan perusahaan perseorangan :
    – Relatif mudah didirikan
    – Seluruh keuntungan dinikmati sendiri
    – Tidak ada pajak, hanya ada pungutan dan retribusi
    – Bebas membuat bisnis personal tanpa adanya batasan untuk mendirikannya

    Kekurangan mendirikan perusahaan perseorangan :
    – Relatif mudah dibubarkan
    – Sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri
    – Keuntungan yang kecil yang terkadang harus mengorbankan penghasilan yang lebih besar
    – Terbatasnya jenis serta jumlah produksi
    5. Perusahaan A
    modal+laba bersih
    :50.000+10.000
    : 60.000
    Perusahaan B
    modal+laba bersih
    :200.000+20.000
    :220.000
    Kesimpulan:
    Perusahaan yang memiliki kinerja lebih baik adalah Perusahaan A, karena hanya bermodal 50.000 ada laba bersih 10.000:
    : 5 banding 1. sedangkan Perusahaan B 10 banding 1.

  30. Nur Azizah (24)
    X-AKL

    1. Sebutkan perbedaan antara Firma dan CV
    Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya
    CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.
    2. Gambar dan jelaskan Siklus Kegiatan Perusahaan
    Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun.
    Jika terjadi kemunduran yang serius maka akan menimbulkan masalah pengangguran, sedangkan jika terjadi perkembangan ekonomi yang terlalu besar akan menimbulkan kenaikan harga-harga atau lebih dikenal dengan istilah inflasi.
    Dalam jangka panjang ketidaksatabilan ekonomi menimbulkan ketidakpastian dan ini akan menimbulkan pengaruh buruk terhadap perkembangan ekonomi. Untuk menghindari masalah tersebut, berbagai usaha perlu dilakukan agar siklus kegiatan perusahaan bergerak dengan stabil.
    3. Apakah perbedaan antara perusahaan jasa dan perusahaan dagang?
    Jelaskan
    Perusahaan dagang memperoleh produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk di jual kembali.
    perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan
    4. kelebihan dan kekurangan mendirikan perusahaan perseorangan ?
    Relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan
    Tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi
    Tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan retribusi
    Seluruh keuntungan dinikmati sendiri
    Sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri
    Keuntungan yang kecil yang terkadang harus mengorbankan penghasilan yang lebih besar
    Jangka waktu badan usaha tidak terbatas atau seumur hidup
    Sewaktu-waktu dapat dipindah tangankan
    5. Perusahaan A mempunyai modal untuk beroperasi adalah Rp. 50.000,- dan Laba Bersih Rp. 10.000,-
    Sedangkan perusahaan B mempunyai Modal untuk beroperasi adalah Rp. 200.000,- dengan Laba Bersih Rp. 20.000,-
    Perusahaan manakah yang memiliki kinerja lebih baik ? Berikan Alasan !
    Perusahaan A
    modal+laba bersih
    :50.000+10.000
    : 60.000
    Perusahaan B
    modal+laba bersih
    :200.000+20.000
    :220.000
    Kesimpulan:
    Perusahaan yang memiliki kinerja lebih baik adalah Perusahaan A, karena hanya bermodal 50.000 ada laba bersih 10.000:
    : 5 banding 1. sedangkan Perusahaan B 10 banding 1

    1. Cindy (07)
      X-akl
      1.Sebutkan perbedaan antara firma dan cv!
      Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya
      CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.
      2.gambar dan jelaskan siklus kegiatan perusahaan!
      pemilik perusahaan memperoleh uang tunai,perusahaan mengubah uang tunai menjadi aktiva produksi(pabrik,peralatan,perlengkapan),perusahaan menghasilkan barang dan jasa menggunakan(bahan baku,aktiva produksi,tenaga kerja),kemudia perusahaan menjual barang dan jasa menjadi uang tunai,kemudian laba dibagikan oleh perusahaan kepada pemilik dan kreditur.
      3.apakah perbedaan antara perusahaan jasa dan perusahaan dagang?
      Perusahaan dagang memperoleh produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk di jual kembali.
      perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan.
      4.jelaskan kelebihan dan kekurangan mendirikan perusahaan perseorangan!
      – Relatif mudah didirikan
      – Seluruh keuntungan dinikmati sendiri
      – Tidak ada pajak, hanya ada pungutan dan retribusi
      – Bebas membuat bisnis personal tanpa adanya batasan untuk mendirikannya

      Kekurangan mendirikan perusahaan perseorangan :
      – Relatif mudah dibubarkan
      – Sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri
      – Keuntungan yang kecil yang terkadang harus mengorbankan penghasilan yang lebih besar
      – Terbatasnya jenis serta jumlah produksi
      5.perusahaan A mempunyai modal untuk beroperasi adalah Rp.50.000,- dan laba bersih Rp. 10.000,- sedangkan perusahaan B mempunyai modal untuk untuk beroperasi adalah Rp. 200.000,- dengan laba bersih Rp. 20.000,-
      Perusahaan manakah yang memiliki kinerja lebih baik ?berikan alasan!
      modal+laba bersih
      :50.000+10.000
      : 60.000
      Perusahaan B
      modal+laba bersih
      :200.000+20.000
      :220.000
      Kesimpulan:
      Perusahaan yang memiliki kinerja lebih baik adalah Perusahaan A, karena hanya bermodal 50.000 ada laba bersih 10.000:
      : 5 banding 1. sedangkan Perusahaan B 10 banding 1

  31. Nama: Annisah Putri Nurmala
    kelas: X-AKL
    No absen:02

    1.firma adalah bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari 2 orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.
    CV adalah bentuk badan usaha bisnis yang didirkan oleh 2 orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda beda di antara anggotannya.
    Pada Umumnya CV memiliki bidang usaha yang lebih luas dibandingkan firma dan biasanya menjalankan usaha kecil dan menengah (UKM). Sedangkan firma merupakan badan usaha yang menawarkan jasa konsultasi kepada para kliennya.

    2. pemilik perusahaan memperoleh uang tunai,perusahaan mengubah uang tunai menjadi aktiva produksi(pabrik,peralatan,perlengkapan),perusahaan menghasilkan barang dan jasa menggunakan(bahan baku,aktiva produksi,tenaga kerja),kemudia perusahaan menjual barang dan jasa menjadi uang tunai,kemudian laba dibagikan oleh perusahaan kepada pemilik dan kreditur.

    3.Perusahaan dagang mendapatkan produk persediaan dari supplier dalam bentuk bahan jadi untuk di jual kembali. Perusahaan ini hanya melakukan penjualan kembali dan mengambil selisih penjualan sebagai keuntungan bisnis,Sedangkan perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang untuk di pasarkan.

    4. Kelebihan:
    1. Mendapatkan keuntungan mutlak bagi pendirinya. Keuntungan yang dapat mencapi 100% diberikan kepada orang tersebut.

    2. Memiliki sikap kepemimpinan, pendiri perusahaan perseorangan memiliki hak penuh dalam memipin perusahaan tanpa perlu mengikuti aturan yang berlaku pada perusahaan lain.

    3.Jauh lebih fleksibel, perusahaan mutlak sepenuhnya miliki pendiri sehingga dapat menentukan kebijakan sendiri.

    kekurangan:
    1. Dengan memiliki perusahaan perseorangan, tanggung jawab jauh lebih besar. Dengan perusahaan perseorangan, maka utang perusahaan juga dijamin oleh kekayaan pribadi orang tersebut.

    2. Dengan hanya dipimpin oleh seorang, maka perusahaan kesullitan mendapat bantuan modal dari orang lain sebab hanya tergantung satu orang.
    3. Kegiatan semacam pembelian, pemasaran, pengaturan karyawan, dan produksi hanya dilakukan oleh satu orang. Sehingga manajemen menjadi lebih sulit dilakukan.

    5. yang memiliki kinerja lebih baik adalah perusahaan A karena memperoleh laba 20%,sedangkan perusahaan B memperoleh laba 10%.

    1. Nama: Amos Stevano
      Kelas : X-AKL
      Absen :1
      1.Sebutkan Perbedaan firma dan cv!
      Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.Sedangkan CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.
      2.Gambar dan jelaskan siklus kegiatan perusahaan!
      Suatu perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke periode lainnya. Ia selalu mengalami masa naik dan turun.
      Jika terjadi kemunduran yang serius maka akan menimbulkan masalah pengangguran, sedangkan jika terjadi perkembangan ekonomi yang terlalu besar akan menimbulkan kenaikan harga-harga atau lebih dikenal dengan istilah inflasi.
      3.Apakah perbedaan perusahaan jasa dan perusahaan dagang?
      Perusahaan dagang kegiatan usahanya yaitu membeli barang dari produsen kemudian dijual kembali ke masyarakat dan memperoleh keuntungan dari selisih antara harga beli dan harga jualnya.
      Perusahaan jasa adalah perusahaan yang memberikan layanan jasa, perusahaan jasa ini sangat mudah kita jumpai di lingkungan sekitar kita misalnya salon, reparasi, kurir dan juga pengacara atau guru.
      4,jelaskan kelebihan dan kekurangan mendirikan perusahaan perseorangan!
      Keuntungan:
      -Seluruh laba menjadi miliknya.
      -Kepuasan Pribadi. Prinsip satu pimpinan merupakan alasan yang baik untuk mengambil keputusan.
      – Pemilik perusahaan perseorangan tidak perlu berkonsultasi dengan orang lain dalam mengambil keputusan.
      -Sifat Kerahasiaan. Tidak perlu dibuat laporan keuangan atau informasi yang berhubungan dengan masalah keuangan perusahaan. Dengan demikian masalah tersebut tidak dapat dimanfaatkan oleh pesaing.
      Kekurangan:
      -Sulit mengatur perusahaan karena hanya diatur sendiri
      -Memiliki beban tanggung jawab yang besar
      -Keuntungan yang kecil yang terkadang harus mengorbankan pengeluaran yang lebih besar
      5.Perusahaan A=10.000/50.000×100%=20%

      Perusahaan B= 20.000/200.000×100%=10%
      Artinya Perusahaan A yg memiliki kinerja lebih baik, karena kemampuan menghasilkan laba lebih banyak.

Comments are closed.