Materi Lanjutan Jenis Jenis Bisnis Online (XI BDP)

Materi Jenis Jenis Bisnis Online

A. Pengantar Pembelajaran

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Sebelum memulai pelajaran silahkan berdoa dulu, dan selanjutnya isi absensi dikolom komentar website ini.

Pada pertemuan ke 3 hari ini untuk siswa XI BDP masih melanjutkan materi pertemuan ke 2, karena materi ini untuk 2 X pertemuan, supaya materinya dipahami lebih mendalam yang akan diisi dengan pembelajaran praktik siswa dirumah.

B. Tujuan Pembelajaran

  1. Agar siswa  dapat menganalisis dan merealisasikan jenis jenis bisnis online sesuai dengan kemampuannya dilingkungan masyarakat.
  2. Agar siswa dapat memperaktekan kegiatan bisnis online secara mandiri yang berkarakter berahlak mulia.
  3. Agar siswa dapat mengatasi masalah  bisnis online yang dilakukannya dengan mengedepankan konsep bisnis yang berkarakter dan beretika bisnis yang jujur.

Tidak harus semua jenis bisnis online harus kita lakukan, cari saja yang sesuai misalnya menjual produk online dengan memasarkannya melalui media sosial seperti facebook, instagram, WA atau  membuat content video kreator atau mungkin kalian ada yang sudah punya account toko online dengan beraffiliasi dengan market place seperti lazada atau shopee.

C. Materi Pelajaran

Untuk mengingatkan kita kembali  pada pelajaran pertemuan ke 2, bapak share lagi materinya  dibawah ini, karena pertemuan yang lalu hanya dalam bentuk video, coba dibaca lagi  dan disalin ke buku catatan.

D. Tugas Pembelajaran (STUDI KASUS BISNIS ONLINE)

Setelah membaca materi diatas, kerjakan tugas Diskusi kelompok group WA XI BDP ketua kelompok Arrandi moderator Aliza dan peserta diskusi siswa yang lain, dengan kasus soal berikut ini.

Soal ke- 1

Jenis bisnis online apakah yang  bisa anda lakukan untuk memulai  praktik bisnis online pada pembelajaran jarak jauh dari rumah,  diperkirakan  semua siswa XI BDP bisa melakukannya. pilih jenis bisnis online dibawah ini.

a, Content Writter :  Membuat tulisan berupa  artikel, laporan kegiatan atau menulis berita,

b. Content Video Creator : membuat video misalnya : Vlog kegiatan belajar, unboxing produk, explorasi tempat atau kegiatan.

c. Retailing/affiliasi : membuat toko online di medsos dengan account masing-masing, atau menjual produk sendiri di marketplace seperti shope atau bukalapak.

Silahkan diskusikan digroup WA kelas XI BDP, setelah ada hasilnya atau berbeda pendapat kirim jawaban dengan konsep jawaban sbb:

Nama                                              :………………………

Saya meilih jenis bisnis online : 1. ………………….

Alasan saya                                   : …………………….

Saya tidak memilih bisnis online ini 1. …………………  2……………….

Alasan saya                                   : …………………….

tuliskan jawaban masing-masing, dan untuk kesimpulan suara terbanyak akan dilaporkan oleh ketua kelompok dan akan dijadikan acuan untuk tugas praktik bisnis online pada pertemuan berikutnya.

Soal Ke 2

Jika anda akan memulai bisnis online apakah anda akan langsung jualan online atau jualan ditempat toko biasa langsung kepada konsumen berikan alasannya. (Jawaban diskusi atau pribadi)

Soal Ke 3

Jika anda sudah memilih salah satu bisnis online langkah utama  yang akan anda lakukan, tuliskan tahap-tahapnya minimal 3 tahap.  (jawaban pribadi)

Soal Ke 4

Jika anda baru memulai bisnis online sudah satu bulan lamanya  tidak ada satupun yang yang membeli barang anda. Apa solusi yang akan anda lakukan, atau rencana berikutnya mau berhenti jualan, mau lanjut atau mungkin mau jualan yang lain, silahkan berikan komentarnya (Jawaban diskusi atau pribadi)

Soal Ke 5

Menurut anda  kesulitan apa yang akan anda hadapi dalam memulai bisnis online, tuliskan satu masalah saja dan bagaimana cara anda mengatasinya.

Jawaban dikirim ke email : pashajid42@gmail.com

Jangan salah alamat ya…..

terima kasih wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.