Pertemuan ke 2. KD 3.1 Gejala alam Biotik dan Abiotik. (IPA BISMEN).

KD. 3.1 Gejala Alam Biotik dan abiotik.

IPA Bismen.

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanahairenergi suryamineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.

Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri).

Ilmu yang mempelajari lingkungan adalah ilmu lingkungan atau ekologi. Ilmu lingkungan adalah cabang dari ilmu biologi.

Gejala Alam Biotik dan Abiotik, Apa Bedanya?

 

Pernahkah kalian memperhatikan berbagai kejadian yang terjadi di lingkungan sekitar? Katakanlah ikan yang bernapas di dalam kolam, anak kucing yang baru saja dilahirkan, atau hujan serta banjir yang terjadi di sejumlah daerah. Jika ya, kesemua ini adalah bagian dari gejala alam biotik dan abiotik. Bedanya apa?

Gejala alam biotik, sebagaimana komponen yang dikaitkan dengannya, yakni yang terdiri atas makhluk hidup, maka pada prosesnya melibatkan bukan saja manusia, tetapi juga hewan dan tumbuhan. Gejala alam biotik sendiri bisa diartikan sebagai peristiwa yang timbul akibat interaksi antar komponen biotik (makhluk hidup) dalam ekosistem di sekitarnya.

Gejala ini meliputi banyak hal, termasuk banyaknya ikan yang mati di lautan, wabah penyakit, meningkatnya jumlah tikus di sawah, kuning yang beranak, ayam yang bertelur, hingga penyebaran virus flu burung.

Singkat kata, gejala alam biotik merupakan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh makhluk hidup. Seperti bergerak, berkembang biak, tumbuh, melakukan fotosintesis, dan menanggapi rangsangan.

Sementara itu, gejala alam abiotik adalah gejala alam berupa peristiwa yang timbul akibat interaksi antar komponen abiotik dalam ekosistem. Lingkungan biotik sendiri hampir tak memiliki peran dalam timbulnya gejala alam abiotik.

Gejala alam abiotik dibedakan menjadi gejala alam kebendaan obyek abiotik dan gejala alam kejadian obyek abiotik.

Gejala alam kebendaan obyek abiotik berkaitan dengan ciri-ciri dan keadaan komponen abiotik, seperti memiliki bentuk, warna dan berbagai ukuran. Batu punya bentuk, warna dan ukuran yang bermacam-macam. Pun demikian dengan benda yang berbentuk padat seperti meja mempunyai sifat bentuk dan volume yang tidak berubah alias tetap. Sementara benda yang berwujud gas seperti udara memiliki sifat menempati ruang, volume dan bentuknya mudah berubah.

Gejala alam kejadian obyek abiotik merupakan peristiwa yang terjadi pada benda tidak hidup. Sebagai contoh, air yang mengalir dari hulu hingga hilir atau dari pegunungan sampai buara. Selain itu, air hujan yang jatuh ke bawah lalu masuk ke tanah juga merupakan gejala alam kejadian obyek abiotik.

Beberapa contoh lainnya dari kejadian yang merupakan gejala alam abiotik adalah pelangi, gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor dan tsunami.

82 Replies to “Pertemuan ke 2. KD 3.1 Gejala alam Biotik dan Abiotik. (IPA BISMEN).”

  1. Nama ; fajriana hayatun nufus
    Kelas ; X-AKL
    Keterangan ; hadir

  2. Assalamualaikum wr wb
    dari materi di atas materi ke 2

    TUGAS PENGAMATAN LINGKUNGAN

    catat 5 masing masing Komponen Biotik dan Abiotik
    1. Lingkungan Rumah
    2. Lingkungan Sekolah SMP kalian dahulu.

    catat dalam buku IPA dan share melalui comment web untuk tugas di jadwal pelajaran pertemuan berikutnya.

  3. Nama : Kanaya Lintang
    No Absen : 17
    Kelas : X
    Jurusan : Akuntansi dan Keuangan Lembaga.
    HADIR.

  4. Nadifa Riski Eka Safitri
    Kelas X-Akuntansi dan Keuangan Lembaga
    Hadir pak

  5. Nama : Primandha Rachma Auzia
    Kelas : X – ( AKL )
    Hadir

  6. Assalamualaikum wr wb
    Salam sehat tetap semangat. Dalam PJJ. Utk siswa siswi bapak. AKL-BDP – OTKP.
    Di pertemuan ke dua ini masih membahas Bintik dan abiotik.
    Secara lebih rinci.

Comments are closed.