DISPLAY PRODUK FASHION (XII BDP)

A. PENATAAN PRODUK FASHION
SOP dalam penataan produk fashion untuk visual merchandising langkah – langkahnya adalah pengetahuan prinsip penataan, pelabelan, dan pendisplayan.
1. Prinsip penataan barang fashion
Prinsip barang fashion meliputi penataan barang baru, penataan barang yang tidak lengkap, wagon display, penggunaan fixture kombinasi antara rak – rak T – stand, penggunaan bracket dan hook khusus di pilar apabila stok barang sedang dalam keadaan menurun atau sedikit, pemajangan sepatu dan sandal pria wanita, pemajangan sepatu anak, pemajangan sepatu bayi, pemajangan tas, pemajangan ikat pinggang dan pemajangan aksesori.
2. Labelling
Langkah pertama dalam melakukanvisual merchandising dengan pendisplayan barang fashion adalah pelabelan. Setiap barang yang datang ke gudang, baik dari DC maupun dari suplier (pemasok) harus melalui proses pelabelan (menempelkan label pada harga tag).
3. Display
Langkah kedua dalam visual merchandising penataan barang fashion adalah pendisplaan. Langkah – langkah pen display an produk fashion diantaranya adalah penentuan kriteria, teknik pemajangan, dan penggunaan lemari kaca atau showcase.
4. Alat bantu display fashion
Alat bantu display produk fashion adalah sebagai berikut :
Fixture, t-stand, gawang, hanger, dress making, swastika showcase, hambalan, wagon, table presentation, manequine, torso, platform, water fall, back wall, fitting room, bracket, single hook
  1. GAWANG
Gawang adalah media untuk menggantung  hanger  yang bentuknya mirip dengan gawang yang biasanya terdapat dala sebuah toko atau tempat penjualan
1-gawang
  1. HANGER JEPIT
Hanger Jepit adalah hanger yang biasanya digunakan untuk memajang celana,rok,boxer. Dengan menjepitkan sisi bagian kanan dan kiri pakaian pada penjepit yang ada.
2-hanger
  1. T-STAND
T-Stand adalah media untuk  menggantung  hanger  yang berbentuk T.
3-t-stand
  1. STANDING TAS
Standing Tas adalah media untuk mendisplay atau menggantung tas tangan yang terbuat dari besi.
4-standing-tas
  1. WAGON
Wagon adalah box besar  yang digunanakan untuk mendisplay barang yang harganya murah (obral).
5-wagon
  1. TORSO
Torso adalah patung setengah badan yang digunakan untuk mendisplay produk fashion.
torso
  1. MANEQUINE
Manequine adalah patung seluruh badan (full body).
7-manequinne
  1. MANEQUINE DRESS
Manequine Dress adalah patung yang digunakan untuk mendisplay dress.
8-manequine-dress
  1. SHOWCASE
Showcase adalah pendingin yang menempel ditembok di pergunakan untuk pendingin priduk sosis dan dairy (produk yang expiredate-nya pendek).
9-showcase
  1. HAMBALAN
Hambalan adalah kayu yang letaknya di bawah sebagai dasar peralatan display
10-hambalan
  1. BACK WALL
Back Wall adalah dinding yang dapat digunakan untuk memajang barang.
11-backwall
  1. BRACKET
Bracket  adalah sebuah alat penyangga televisi plat, yang bisanya dipasang didinding, pilar (tiang), dan Dak (langit-langit). Dengan hanya menggunakan beberapa skrup baut yang di pasang diantara alat tersebut.Alat ini mampu menahan beban yang lebih berat darinya, dengan menggunakan plat baja yang telah di modifikasi sedemikian rupa agar terlihat menarik saat di pasangkan dengan televisi plat.
12-bracket
  1. FITTING ROOM
Fitting Room adalah sebuah tempat atau ruangan yang disediakan oleh sebuah toko atau tempat penjualan dan diperuntukan kepada para pengunjung untuk mencoba pakaian yang ingin atau akan dibelinya.
13-fitting-room
  1. WATERFALL
Waterfall adalah alat untuk menggantungkan pakaian yang berbentuk seperti braket yang mempunyai sekat-sekat untuk menggantungkannya.